Resep Kue Bingka, Lembut Manis Cocok Jadi Camilan Sore Hari

Kategori
Butuh camilan manis untuk disantap di sore hari? Kue bingka bisa jadi pilihan tepat. Makanan satu ini berasal dari Banjar, Kalimantan Selatan. Teksturnya lembut dan rasanya manis sehingga disukai banyak orang. Bingka juga kerap dijadikan oleh-oleh para wisatawan yang berkunjung ke Banjar. Sekarang coba
yuk
bikin bingka sendiri di rumah yang enak dan super legit!
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/08/kue-bingka-595x298.jpg

Resep Membuat Bingka

Ada banyak jenis kue enak yang bisa Sayurfriends buat untuk keluarga di rumah. Salah satunya adalah bingka dengan bahan-bahan yang mudah didapat dan cara pembuatannya pun sederhana. Kue ini juga cocok dijadikan camilan untuk anak-anak di rumah. Langsung saja simak bahan-bahan apa saja yang dibutuhkan dan langkah-langkah membuat bingka yang enak.

Bahan-Bahan:

·
3 butir telur ayam
·
150 g gula pasir
·
Garam secukupnya
·
1 sdt vanila
·
200 g kentang kukus
·
20 g tepung terigu
·
10 g tepung beras
·
200 ml santan
·
2 sdm mentega atau margarin cair

Cara Membuat:

·
Siapkan wadah untuk mengaduk adonan.
·
Masukkan telur, gula, garam, vanila, dan kentang kukus lalu aduk sampai merata.
·
Masukkan tepung terigu, tepung beras, santan, dan margarin cair kemudian kocok terus sampai adonan menyatu dengan sempurna.
·
Siapkan loyang dengan bentuk bebas namun pastikan ukurannya sesuai dengan jumlah adonan.
·
Tuangkan adonan ke dalam loyang yang sudah dilapisi baking paper.
·
Panggang adonan di suhu 175 derajat celcius kurang lebih selama 40-50 menit.
·
Keluarkan kue yang sudah matang lalu keluarkan dari loyang.
·
Sajikan dan potong-potong kue sesuai selera.

Tentang Bingka

Kue bingka yang enak dan lembut siap untuk disantap bersama keluarga. Meskipun bahan-bahannya sederhana dan mudah sekali untuk dibuat, tapi rasa bingka ini sangatlah nikmati. Biasanya bingka disajikan sebagai salah satu kue untuk sajian di acara-acara besar. Sering juga disajikan sebagai takjil di bulan Ramadan. Rasanya yang manis memang dianggap pas untuk disantap saat berbuka.
Biasanya bingka akan dipanggang dengan menggunakan cetakan adonan berbentuk bunga. Jika ingin mendapatkan kesan original dari kue ini maka pakailah cetakan tersebut. Namun tidak masalah jika menggunakan bentuk cetakan yang lain sesuai ketersediaan di rumah.
Menariknya lagi, bingka ini tidak hanya populer di daerah Kalimantan Selatan tetapi juga sangat digemari sampai Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah. Bingka sendiri memiliki cita rasa yang hampir mirip dengan kue bingke dari Pontianak, Kalimantan Barat. Sampai sekarang, cita rasa bingka sudah begitu populer dikenal banyak orang dari berbagai provinsi.
Kue bingka ini akan menjadi sajian yang tepat menemani waktu santai di rumah. Jangan lupa, lengkapi juga dengan teh atau kopi hangat. Menu ini juga sangat cocok dijadikan sebagai camilan atau makanan selingan untuk anak-anak di sela waktu makan utama mereka. Tekstur lembut dan rasa yang manis dijamin akan membuat mereka jatuh cinta.
Yuk beli
hanya dengan klik-klik saja di rumah melalui Sayurbox!
Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2022, Sayurbox