Kenali 3 Perbedaan Paprika merah, Kuning dan Hijau

Siapa yang suka makan paprika? Yang sering diolah sebagai sayur ini banyak pecintanya tapi juga banyak menolak mengonsumsinya. Cita rasa berbeda dan kurang familiar dengan lidah orang Indonesia, tapi mungkin kamu termasuk yang menolak mengonsumsinya karena belum familiar dengan jenis paprikanya. Karena beda warna juga beda rasa loh, nah berikut 3 perbedaan paprika merah, kuning dan hijau.

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2019/09/sayurbox-perbedaan-paprika-merah-kuning-hijau-unsplash-1-595x476.jpg

Source : Unsplash

Kandungan Gizi Paprika

Dalam 100 gr penyajian paprika baik kuning, merah maupun hijau terdapat:

·
31 Kalori
·
92% Air
·
1 gram protein
·
6 gram karbohidrat
·
4,2 gram gula
·
2,1 gram serat
·
0,3 gram lemak

Ini dia perbedaan utama antara paprika merah, hijau dan kuning

1. Tingkat kematangan

Memang yang terlihat adalah perbedaan warna dari paprika, tapi warna ini dipengaruhi oleh tingkat kematangan paprika tersebut. Paprika hijau dipanen saat paprikanya berwarna hijau dan belum terlalu matang oleh sebab itu warnanya hijau gelap dan masih cukup keras dan renyah, sedangkan Paprika kuning adalah jenis paprika yang dipanen setelah berubah warnanya dari hijau, dengan tingkat kematangan yang lebih baik dari paprika hijau dan rasa yang lebih manis dari paprika hijau. Paprika merah sendiri merupakan paprika yang sudah sangat matang saat dipanen, oleh karena itu teksturnya jauh lebih lembut dan memiliki rasa yang sedikit lebih manis dari paprika kuning. Karena sebenarnya, paprika 1 pohon tapi warnanya dibedakan saat petani memanen paprika itu sendiri. Kamu lebih suka paprika warna apa?

2. Rasa manis & pahit

Tingkat kematangan juga memengaruhi rasa manis dan pahit pada paprika. Suka takut mengonsumsi paprika karena pahit ya? Mungkin yang pernah kamu cobain adalah paprika hijau. Karena paprika hijau belum terlalu matang, rasa pahitnya juga lebih tinggi, ini kenapa paprika sering dicampur berbarengan dalam aneka jenis makanan untuk menyeimbangkan rasa manis dan pahit. Semakin matang paprika, maka semakin manis rasanya. Jika ingin mencoba paprika yang tidak pahit, cobain deh paprika merah. Teksturnya yang tidak begitu renyah, tapi rasa yang manis namun dengan kandungan gizi yang tinggi.

Kalau sudah penasaran dengan paprika, cobain deh beli paprika warna apa aja di Sayurbox. Paprikanya langsung dianter ke rumah.

3. Tingginya kandungan vitamin

Ternyata kandungan vitamin juga dipengaruhi oleh tingkat kematangan paprika terutama vitamin C. Semakin matang paprika saat dipanen, maka kandungan vitamin C jadi lebih tinggi. Oleh karena itu kandungan vitamin C pada paprika merah 2 kali lipat lebih tinggi dibanding paprika hijau. Namun, bukan berarti paprika tidak memiliki nutrisi dan vitamin untuk dikonsumsi loh ya.

Mengonsumsi paprika merah, kuning atau hijau tergantung pada selera kamu. Bahkan beberapa menu makanan mengkombinasikan ketiga jenis paprika untuk mendapatkan keseimbangan rasa manis dan pahit yang pas dan juga nutrisi yang seimbang.

Nah, kalau sudah tau perbedaan paprika merah, kuning dan hijau gini kamu jadi lebih gampang menentukan paprika mana yang kamu sukai dari segi rasa maupun kandungan nutrisinya. Semua jenis paprika ini tersedia di Sayurbox loh.

Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2022, Sayurbox