Sebelum Memberikan Oatmeal untuk Bayi, Cari Tahu Dulu 7 Faktanya di Sini

Kategori
Oatmeal adalah bahan makanan yang terbuat dari gandum yang memiliki kandungan serat tinggi dan sangat bermanfaat untuk tubuh. Kandungan gizi yang ada di dalam oatmeal sangat cocok untuk dikonsumsi sebagai pengganti sumber karbohidrat. Tak jarang, oatmeal juga digunakan oleh sebagian orang untuk dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan MPASI untuk bayi. Sebelum memutuskan memberikan oatmeal untuk bayi ada baiknya untuk melihat beberapa fakta berikut ini, ya!

Ini fakta yang wajib ibu tahu sebelum memberikan oatmeal untuk bayi

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/02/blueberries-531209_1920-595x397.jpg
Fakta yang wajib ibu tahu sebelum memberikan oatmeal untuk bayi. (Foto: Pixabay)

1. Oatmeal terdiri dari 4 jenis

Hal pertama yang perlu diketahui ibu adalah jenis oatmeal yang bisa dikonsumsi bayi. Jenis oatmeal yang umum ada di pasaran ada 4 jenis yaitu Oatmeal Instan, Quick Cooking Oats, Rolled Oat, dan Steel Cut Oat.
Perbedaan dari keempatnya adalah proses pengolahan, bentuk, dan cara mengonsumsinya saja. Untuk memudahkan ibu dalam membuat MPASI, sebaiknya pilih oatmeal Instan atau Quick Cooking Oats. Proses memasak kedua jenis oatmeal tersebut tidak memakan waktu yang banyak, sehingga ibu bisa memakai waktu yang tersisa untuk mengkombinasikan oatmeal dengan bahan makanan lainnya.

2. Oatmeal kaya akan nutrisi

Oatmeal mengandung nutrisi penting seperti serat, protein, dan vitamin yang bermanfaat memenuhi kebutuhan nutrisi penting bayi. Namun, yang perlu diperhatikan pemberian oatmeal untuk bayi hanya bisa dilakukan bila usia bayi telah menginjak 1 tahun. Di usia itu barulah oatmeal bisa menjadi salah satu makanan pendamping asi bagi bayi.
Meski oatmeal dapat diberikan di saat bayi menginjak usia 6 bulan, namun beberapa ahli berpendapat bahwa waktu terbaik untuk memberikan MPASI dari bahan oatmeal adalah umur 1 tahun. Pasalnya, sistem pencernaannya sudah mulai kuat dan kandungan di dalam oatmeal dapat melengkapi gizi bayi.
Selain itu, cara memasak oatmeal untuk bayi cukup mudah yaitu hanya dengan memasak oatmeal selama 10-15 menit dan tambahkan air yang sedikit lebih banyak agar teksturnya sedikit lebih lembek. Supaya rasanya lebih enak, bisa dengan menambahkan susu, buah, sayur, maupun irisan daging tipis kemudian diblender agar bertekstur lembut seperti bubur bayi pada umumnya.

3. Oatmeal dapat meredakan sembelit

Bila bayi mengalami sembelit atau susah buah air besar, bisa dengan memberikan oatmeal untuk bayi. Mengapa harus oatmeal? Karena oatmeal mengandung serat yang tinggi sehingga bisa membantu meredakan sakit sembelit.

4. Oatmeal cocok meningkatkan kekebalan tubuh bayi

Kekebalan tubuh pada dasarnya dapat diproduksi dari sejenis gula yang disebut dengan Beta-glukan. Bila oatmeal dikonsumsi secara rutin maka akan meningkatkan sel sistem kekebalan tubuh. Dengan begitu dapat menjaga sistem kekebalan tubuh bayi menjadi stabil.
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/01/Banner-Blog-595x335.jpg

5. Oatmeal dapat meredakan peradangan

Beberapa bayi yang mengalami penyakit autoimun atau bayi yang mengalami infeksi, direkomendasikan untuk mengonsumsi oatmeal. Hal ini dikarenakan oatmeal memiliki kandungan senyawa Avenanthramides yang berguna untuk meredakan peradangan akibat infeksi dan luka.

6. Oatmeal cocok untuk mengurangi resistensi insulin

Meski jarang terjadi, tetapi ada beberapa bayi di dunia yang lahir dengan penyakit diabetes tipe 1. Ini merupakan penyakit diabetes bawaan, sehingga perlu diwaspadai kandungan gula yang masuk ke tubuh. Beberapa pakar menyatakan bahwa mengonsumsi oatmeal dapat mengurangi resistensi insulin yang digunakan sebagai pengatur gula darah.

7. Oatmeal cocok untuk bayi dengan GERD

GERD merupakan singkatan dari Gastroesophageal reflux. Ini merupakan sejenis penyakit yang berhubungan dengan asam lambung yaitu ditandai dengan munculnya rasa terbakar di dada karena naiknya asam lambung ke arah kerongkongan.
Bayi yang mengalami penyakit ini wajib mengonsumsi makanan yang berbentuk lembek dan sedikit padat yang untuk memudahkan kinerja lambung. Tekstur lembek dan sedikit padat ini cocok dengan kriteria oatmeal. Untuk itu pemberian oatmeal untuk bayi penderita GERD dianggap tepat.
Itulah beberapa fakta mengenai oatmeal yang perlu ibu ketahui sebelum memutuskan memberikan oatmeal untuk anak. Meski sudah dipaparkan semuanya mengenai fakta seputar oatmeal, ibu perlu berkonsultasi mengenai pemberian oatmeal kepada si buah hati. Sekalipun jarang sekali terjadi, tetapi tidak menutup kemungkinan oatmeal dapat menyebabkan alergi pada bayi. Maka perlu untuk memastikan kembali, apakah ada potensi tubuh bayi terkena alergi akibat mengonsumsi oatmeal? Setelah dokter menyatakan aman, maka ibu boleh langsung mengambil langkah pertama untuk menyiapkan oatmeal sebagai MPASI si buah hati.
Selain itu, ibu bisa menggunakan oatmeal instan agar mempermudah dalam pengolahan dan tidak memakan waktu yang lama. ibu bisa menggunakan jenis oatmeal instan merk apapun yang umumnya tersedia di pasaran. Tak lupa juga, sediakan bahan makanan sehat lain yang bisa dijadikan kombinasi oatmeal, ya.
Jadi, apakah kamu tertarik memberikan oatmeal untuk bayi? Yuk, beli oatmeal dan kebutuhan MPASI lainnya di Sayurbox!
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/01/Banner-Blog-595x335.jpg