Anti Pecah-Pecah, Intip 5 Cara Merawat Bibir Kering Paling Ampuh

Kategori
Bibir kering bukanlah kondisi yang asing lagi bagi sebagian orang. Kondisi ini bisa dipicu oleh berbagai hal, di antaranya seperti dehidrasi atau kekurangan cairan, cuaca yang dingin, hingga kebiasaan menjilat bibir. Bagi Sayurfriends yang saat ini masih sering mengalami kondisi bibir yang kering, bisa intip 5 cara merawat bibir kering berikut ini agar bisa kembali lembap dan sehat.
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/06/Merawat-Bibir-Kering-595x335.jpg

1. Gunakan Lip Balm

Lip balm
merupakan produk yang bisa Sayurfriends gunakan untuk merawat bibir yang kering, karena bermanfaat untuk melembapkan bibir. Pakailah
lip balm
dengan kandungan seperti
petroleum jelly,
lanolin,
beeswax,
dan
ceramide
, karena semua bahan tersebut memang dikenal dengan fungsinya untuk melembapkan dan menenangkan.
Perlu diketahui bahwa ada juga
lip balm
dengan kandungan yang bisa membuat bibir jadi kering. Produk
lip balm
yang memiliki aroma dan rasa khusus, serta bahan seperti mentol, kamfor, dan fenol merupakan produk
lip balm
yang malah membuat bibir jadi kering. Maka dari itu, pilih dan gunakanlah
lip balm
yang tepat untuk bibir yang kering.

2. Gunakan Pelembap Bibir Alami

Jika Sayurfriends merasa ragu untuk menggunakan
lip balm
, Sayurfriends bisa coba gunakan bahan alami untuk merawat bibir yang kering, sehingga bisa kembali lembap dan sehat. Bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk merawat bibir kering itu seperti lidah buaya, minyak kelapa, madu, timun, dan teh hijau.
Cara menggunakan bahan alami ini untuk melembapkan bibir yang kering pun terbilang mudah, yakni cukup dengan mengoleskannya ke permukaan bibir. Seperti madu misalnya, Sayurfriends cukup mengaplikasikannya dengan rutin ke permukaan bibir, agar kandungannya bisa melembapkan, serta mencegah terjadinya infeksi karena kondisi bibir yang begitu kering.

3. Cukupi Kebutuhan Cairan

Seperti yang disebutkan sebelumnya, salah satu penyebab bibir menjadi kering adalah tubuh yang mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Maka dari itu, jika Sayurfriends merasa kondisi tersebut merupakan penyebab bibir kering yang Sayurfriends alami, cobalah mulai dari sekarang untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan memperbanyak minum air putih.
Usahakanlah untuk mengonsumsi sebanyak 2 liter air putih per harinya. Jika misalnya Sayurfriends melakukan aktivitas yang terbilang menguras tenaga, jangan ragu untuk menambah asupan air putih karena tentu saja cairan tubuh akan lebih banyak lagi yang tersita. Tak hanya mengatasi bibir kering, kebiasaan ini pun akan menghindarkan Sayurfriends dari dehidrasi.

4. Jauhi Kebiasaan Menjilat Bibir

Banyak orang yang beranggapan kalau dengan menjilat bibir akan bisa melembapkannya, padahal kenyataannya malah berseberangan. Kebiasaan menjilat bibir malah akan membuat bibir menjadi kering. Seiring dengan menguapnya saliva atau air liur yang menempel di permukaan bibir, bibir pun akan semakin kering.
Baca juga:

5. Gunakan Humidifier

Jika rutinitas sehari-hari membuat Sayurfriends harus menghabiskan waktu di ruangan yang ber-AC, risiko bibir kering pun meningkat karena dinginnya angin akan mengurangi kelembapan bibir. Sebagai solusi untuk kondisi ini, Sayurfriends bisa pasang
humidifier
di ruangan kantor atau di rumah, sehingga udara bisa kembali lembap dan bibir pun terhindar dari kondisi kering.
Siapa saja tentu ingin punya bibir yang sehat dan lembap, namun karena beberapa kondisi malah membuat bibir jadi kering hingga pecah-pecah. Sayurfriends yang sedang mengalami kondisi ini juga tak perlu begitu khawatir. Agar bisa mengatasinya, Sayurfriends bisa cobakan 5 cara merawat bibir kering yang disebutkan di atas. Selamat mencoba!
Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2022, Sayurbox