Mengenal lebih dekat makanan “Superfood”

Anda pasti mendengar istilah “Superfoods” yang sekarang lagi menjadi trend dalam mengkonsumsi makanan sehat. Anda juga pasti bertanya-tanya makanan apa saja yang masuk dalam kategori “Superfood”.
Pertama mari kita pahami dulu apa yang dimaksud dengan “Superfood”

Apa itu Superfood

Superfood bukanlah sebuah istilah kesehatan ataupun sebuah group spesifik untuk makanan tertentu. Superfood hanyalah sebuah istilah marketing yang diberikan kepada jenis makanan yang kaya akan vitamin dan mineral yang tentunya akan sangat bagus untuk kesehatan bila dikonsumsi dengan porsi yang tepat.
Makanan Superfood yang mayoritas adalah hasil dari tanaman atau produk nabati pada umumnya kaya akan antioksidan yang sangat berguna bagi kesehatan dalam memberikan daya tahan tubuh yang kuat dalam mencegah segala jenis penyakit.
Pada umumnya Superfood mengandung banyak vitamin A,C,D,E, K, B1, B2, B3, B5, B6, B7, B12, rendah kalori serta mineral seperti, kalsium, potassium, magnesium, sodium dan mineral baik lainnya.
Istilah Superfood ini biasanya dipergunakan untuk keperlukan marketing sehingga bisa meningkatkan daya jual dan juga harga dari makanan tersebut.
Yang perlu diingat adalah sebenarnya semua sayuran yang berbentuk daun dan berwarna gelap, kacang-kacangan dan buah pada umumnya mengandung unsur-unsur vitamin dan mineral tersebut, jadi makanan Superfood tidak selalu berarti sayuran, buah dan kacang-kacangan eksotik yang mahal harganya.
Sayuran seperti bayam, daun singkong, tomat, kacang kedelai yang umum ditemukan di pasar tradisional dan harganya murah juga termasuk dalam apa yang disebut Superfood karena kandungan nutrisinya.
yang perlu diperhatikan dalam mengkonsumsi makanan sehat tersebut adalah lebih ke arah menjaga konsumsi yang berimbang.

Diet Berimbang

Yang dimaksud dengan diet berimbang adalah kombinasi makanan paling kurang 5 jenis sayuran dan buah-buahan, konsumsi ikan 2 kali seminggu, minum susu dan air putih yang cukup dan yang paling penting adalah pola hidup sehat dengan selalu aktif berolah raga.
Keperluan nutrisi masing-masing orang berbeda, sehingga berpengaruh juga pada pola makan setiap individu. Bila ingin mengetahui secara jelas pola diet apa yang cocok bagi anda, anda bisa berkonsultasi dengan para ahli gizi atau nutrisionis yang dapat membantu menganalisa jenis makanan apa yang cocok dan memberikan efek kesehatan yang sempurna bagi anda.
Semoga dengan penjelasan singkat ini, Sayurbox lover lebih mengerti apa yang dimaksud dengan Superfood.