Ladies, Ini Dia 5 Manfaat Tomat bagi Kecantikan Kulit Wajah

Tomat adalah jenis sayuran yang sangat sering kita jumpai di pasaran .Bisa diolah jadi makanan dengan bahan-bahan lain maupun dikonsumsi secara langsung.  Selain rasanya enak, ternyata tomat ini juga punya banyak manfaat. Tak hanya untuk kesehatan tapi juga untuk kesehatan kulit wajah. Yuk, simak apa saja manfaat tomat bagi kesehatan kulit wajah!
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/06/manfaat-tomat-595x335.jpg

1. Menjaga Kelembapan

Tomat memiliki kandungan vitamin E yang cukup tinggi. Zat ini sangat efektif membantu menjaga kelembapan kulit wajah. Seperti diketahui, kelembapan adalah kunci penting kulit yang sehat dan cantik. Penting sekali untuk mencoba berbagai upaya agar kelembapan kulit selalu terjaga dengan baik. Selain dengan menggunakan pelembap, bisa juga dengan mengonsumsi makanan sehat seperti tomat.
Selain vitamin E, tomat juga mengandung kalium. Nah, kalium ini adalah jenis mineral yang bisa menghidrasi kulit secara optimal. Selain dikonsumsi, tomat juga bisa membantu melembapkan wajah jika diaplikasikan secara langsung. Contoh paling mudah adalah digunakan sebagai masker.

2. Membersihkan Sel Kulit Mati

Tomat juga bisa diandalkan untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Biasanya kulit wajah mengalami kekusaman karena ada tumpukan sel kulit mati. Untuk mengatasinya maka perlu dilakukan eksfoliasi secara rutin. Eksfoliasi ini ternyata bisa dilakukan dengan memakai tomat karena jenis sayur ini mengandung flavonoid dan pektin yang efektif bekerja sebagai eksfoliator.
Itulah mengapa banyak orang memilih untuk mengaplikasikan tomat saat eksfoliasi sel kulit mati. Eksfoliasi kulit wajah dengan tomat sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan. Langsung saja haluskan daging tomat dan tambahkan gula secukupnya. Aduk sampai merata kemudian oleskan ke kulit wajah. Usapkan dengan gerakan memutar untuk membantu mengangkat sel-sel kulit mati agar wajah jadi lebih cerah dan bersih.

3. Merangsang Kolagen

Manfaat tomat bagi kecantikan wajah berikutnya adalah membantu merangsang produksi kolagen. Kolagen ini adalah jenis protein yang sangat dibutuhkan oleh kulit. Fungsinya adalah menjaga elastisitas sehingga kulit akan terlihat kencang dan jadi lebih awet muda. Mengapa tomat bisa membantu merangsang kolagen? Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan vitamin C yang cukup tinggi pada tomat.

4. Mencegah Kemunculan Tanda Penuaan Dini

Bagi wanita, kemunculan tanda-tanda penuaan dini adalah sebuah mimpi buruk. Oleh sebab itu dibutuhkan langkah yang tepat agar hal ini bisa dicegah. Tanda-tanda penuaan dini yang biasa muncul adalah kerutan, warna hitam di area bawah mata, dan flek hitam. Hal-hal semacam ini bisa merusak kecantikan kulit dan tentu saja menurunkan rasa percaya diri.
Tomat ternyata bisa membantu mencegah munculnya berbagai tanda penuaan dini. Di dalam tomat terdapat vitamin B yang bisa mencegah garis halus, kerutan, maupun flek hitam. Cobalah untuk mengonsumsi tomat secara rutin agar tanda penuaan dini bisa dicegah. Selain itu bisa juga tomat diaplikasikan secara langsung ke kulit wajah demi mendapatkan manfaat yang optimal.

5. Menurunkan Risiko Kanker Kulit

Tomat adalah jenis sayuran yang kaya akan antioksidan. Salah satu antioksidan yang banyak dijumpai pada tomat adalah likopen. Senyawa antioksidan ini kemudian akan bekerja secara optimal mencegah terjadinya proses perubahan sel normal jadi sel kanker yang berbahaya. Selain itu senyawa ini juga akan membantu menurunkan jumlah sel kanker yang mungkin sudah mulai berkembang.
Begitu banyak manfaat tomat yang bisa dirasakan oleh kulit. Sayuran ini mudah untuk dijumpai, harganya terjangkau, dan manfaatnya begitu banyak. Langsung saja rasakan sendiri dengan mengonsumsi tomat secara rutin. Jangan lupa, aplikasikan juga tomat langsung ke kulit sebagai masker atau eksfoliator untuk mendapatkan hasil yang optimal.