5 Manfaat Teh Madu, Cocok untuk Diminum Setiap Hari

Teh adalah jenis minuman yang cukup sering dikonsumsi oleh masyarakat di tanah air. Ternyata teh ini punya begitu banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, lho! Apalagi jika dicampur dengan madu dan menjadi teh madu yang nikmat. Berikut adalah 5 manfaat teh madu yang rasanya lezat dan sangat cocok untuk diminum setiap hari.
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/06/manfaat-teh-madu-595x335.jpg

1. Meningkatkan Kekebalan

Teh madu bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara efektif. Teh itu sendiri mengandung antioksidan yang bagus bagi tubuh. Begitu juga dengan madu yang sama-sama memiliki kandungan antioksidan. Keduanya akan bekerja secara efektif memperkuat sistem kekebalan dalam tubuh. Itulah mengapa tubuh jadi jarang sakit jika rutin mengonsumsi teh madu.
Minuman ini akan membantu melawan virus dan bakteri secara optimal. Bahkan ada sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa teh madu potensial untuk melawan virus SARS-CoV-2. Jadi tak aneh jika saat pandemi COVID-19 merebak dua tahun yang lalu, ramuan ini banyak direkomendasikan untuk dikonsumsi secara rutin.

2. Mencegah Peradangan

Teh madu secara efektif diketahui bisa mencegah peradangan atau inflamasi. Ada salah satu zat pada teh madu yang bersifat antiinflamasi. Sifat inilah yang akan membantu mencegah munculnya peradangan. Jika memang sudah terlanjur terjadi peradangan maka bisa dikendalikan dan lebih cepat sembuh berkat konsumsi teh madu.
Pada dasarnya sifat antiinflamasi ini berasal dari madu. Madu adalah bahan alami yang sangat efektif mengatasi peradangan. Itulah mengapa madu seringkali digunakan sebagai masker pada kulit wajah yang berjerawat. Selain itu madu juga bisa membantu mengobati luka bakar serta mempercepat pembentukan jaringan kulit yang baru.

3. Mencegah Infeksi Bakteri

Madu memiliki sifat antibakteri. Saat dicampurkan ke dalam teh dan dikonsumsi maka sifat ini akan memberikan manfaat tersendiri bagi tubuh. Salah satu manfaat teh madu adalah mencegah terjadinya infeksi bakteri pada tubuh. Selain itu teh madu juga akan bekerja efektif mengobati infeksi yang dipicu oleh adanya bakteri.
Salah satu jenis madu yang memiliki sifat antibakteri paling kuat adalah madu manuka. Madu ini mengandung MGO atau methylglyoxal yang sifat antibakterinya sangat kuat. Bahkan zat ini bisa membantu mengatasi bakteri yang sudah resisten terhadap obat. Tak heran jika ramuan teh madu ini bisa membantu meningkatkan imunitas dan mencegah munculnya beragam jenis penyakit.

4. Meredakan Stres

Ternyata, minum secangkir teh madu hangat bisa membantu meredakan stres. Coba saja hirup aroma teh madu hangat yang baru saja selesai diseduh. Pasti aroma tersebut terasa sangat menenangkan, bukan? Itulah mengapa jenis minuman ini sangat direkomendasikan saat sedang stres atau tertekan.
Teh madu juga sangat cocok dikonsumsi saat seseorang mengalami insomnia atau gangguan tidur. Minuman yang satu ini bisa bekerja efektif memberi ketenangan dan membantu tubuh tidur dengan nyenyak. Jadi jika sedang mencari minuman yang bisa membantu relaksasi, teh madu ini jawabannya.

5. Meredakan Sakit Tenggorokan

Saat sakit tenggorokan menyerang, cobalah untuk minum teh madu hangat. Minuman yang satu ini sangat efektif meredakan sakit di tenggorokan. Sifatnya sebagai antiinflamasi akan membantu proses penyembuhan berjalan lebih cepat. Radang bisa segera sembuh dan tenggorokan akan terasa semakin nyaman.
Ada begitu banyak manfaat teh madu yang ternyata bisa dirasakan oleh tubuh. Jadi jangan ragu untuk mencoba rutin mengonsumsi minuman yang satu ini. Pilihlah jenis madu yang berkualitas dan asli. Selain itu gunakan juga jenis teh yang tepat dan berkualitas. Jangan lupa, imbangi juga konsumsi teh madu ini dengan gaya hidup dan pola makan yang sehat ya!