8 Manfaat Susu Kedelai, Susu Nabati yang Paling Disukai!

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/08/BLOG-SBOX-Template-11-595x335.jpg

Sayurfriends, siapa yang alergi susu sapi atau lagi diet plant-based? Kalau cari pengganti susu sapi, pasti langsung kepikiran susu kedelai atau soy milk deh. Bener nggak? Susu kedelai emang jadi salah satu susu nabati yang paling terkenal buat ngegantiin susu sapi. Banyak juga yang percaya kalau susu kedelai lebih sehat dari susu sapi. Jadi kira-kira apa aja ya manfaat susu kedelai dan nutrisi yang dikandungnya? Yuk kita bahas!

Kandungan Nutrisi Susu Kedelai

Jenis susu kedelai yang beredar di pasaran ada banyak sekali, Sayurfriends. Ada yang murni dari sari kedelai dan air saja, tapi ada juga yang diberi tambahan pemanis atau aneka vitamin dan mineral seperti ribloflavin, kalsium, vitamin A, vitamin B 12, vitamin D, vitamin K atau iron. Jadi nutrisi yang dikandung juga berbeda-beda. Di bawah ini adalah rata-rata nutrisi yang terkandung dalam 240 ml susu kedelai yang belum diberi tambahan:

·
Kalori: 80
·
Lemak: 4 grams
·
Karbohidrat: 4 grams
·
Protein: 7 grams
·
Vitamin B6
·
Magnesium
·
Folate
·
Zinc

Banyak banget kan kandungan nutrisinya, Sayurfriends? Karena kandungan nutrisi ini, susu kedelai jadi banyak banget manfaatnya buat kesehatan. Yuk kita bahas satu-satu!

1. Bantu Nurunin dan Jaga Berat Badan

Untuk nurunin berat badan, salah satu caranya adalah mengurangi jumlah kalori yang masuk dalam tubuh. Walaupun belum ada penelitian yang secara spesifik menjelaskan bahwa susu kedelai dapat menurunkan berat badan, susu kedelai sering dijadikan alternatif pilihan sumber protein yang rendah kalori.

Dibandingkan sumber protein plant-based lainnya, kedelai mengandung asam amino, zat pembentuk protein yang paling tinggi. Protein punya tiga manfaat nih buat bantu nurunin berat badan. Pertama, protein membuat kita merasa kenyang. Lalu tubuh kita membakar lebih banyak kalori untuk mencerna protein, dibandingkan mencerna lemak atau karbohidrat. Protein juga membantu jaga massa otot kita sehingga berat badan ikut terjaga.

2. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Sayurfriends, ada penelitian yang membandingkan susu sapi dengan susu kedelai dan pengaruhnya terhadap tekanan darah. Hasilnya, susu kedelai mampu menurunkan tekanan darah lebih baik dibandingkan dengan susu sapi. Oleh karena itu, penderita hipertensi sangat dianjurkan untuk mengatur pola makan dengan mengonsumsi makanan yang baik untuk menjaga tekanan darah, salah satunya susu kedelai.

3. Mencegah Osteoporosis

Susu kedelai merupakah salah satu asupan nabati yang mengandung kalsium tinggi. Kalsium baik untuk tulang & gigi serta bagus untuk mencegah osteoporosis. Osteoporosis beresiko dialami oleh wanita pada usia menopause atau orang-orang usia lanjut. Mengonsumsi susu kedelai setiap hari dapat membantu memenuhi kebutuhan kalsiu dan mencegah osteoporosis.

4. Melancarkan Pencernaan

Manfaat susu kedelai berikutnya adalah dapat membantu melancarkan pencernaan, Sayurfriends. Ini karena kedelai mengandung serat pangan yang tinggi. Mengonsumsi susu kedelai dapat memenuhi kebutuhan serat harian dan mengurangi resiko penernaan seperti susah buang air besar, wasir dan sembelit.

5. Mempercepat Penyembuhan Luka

Seperti yang kita bahas di awal, susu kedelai mengandung vitamin K, Sayurfriends. Salah satu fungsi vitamin K adalah menghasilkan zat protrombin, protein khusus yang berfungsi membantu metabolisme tulang dan proses pembekuan darah. Jadi, ketika Sayurfriends terluka atau cedera, Sayurfriends bisa mencoba mengonsumsi susu kedelai ya! Vitamin K akan membantu membekukan darah dan membuat proses pemulihan lebih cepat.

6. Mengurangi Gejala Post-Menopause

Susu kedelai mengandung isoflavon yang dapat menjaga kadar esterogen pada wanita yang baru saja mengalami menopause. Sistem imun dapat tertekan setelah menopause karena efek penuaan dan berkurangnya estrogen. Isoflavone adalah komponen yang mengandung bahan estrogenik dan antioksidan yang dapat mengurangi stress, menguatkan daya tahan tubuh dan menjaga kadar esterogen wanita menopause.

7. Memberi nutrisi bagi ibu hamil

Kedelai yang terdapat pada susu kedelai mengandung folat dan juga vitamin B9. Kedua zat ini berperan penting sebagai nutrisi untuk ibu hamil. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Nutrition Journal, ibu yang mengonsumsi kedelai selama proses kehamilan memiliki plasenta yang lebih sehat dan berat janin yang baik.

8. Membantu Anak Tumbuh

Manfaat kesehatan terakhir dari susu kedelai adalah mendukung proses tumbuh kembang pada anak-anak. Hal ini lagi-lagi karena kandungan susu kedelai yang kaya akan protein. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kedelai menjadi salah satu sumber protein nabati terbaik.

Bahan Alternatif yang Mengandung Kedelai

Sayurfriends nggak suka susu kedelai? Rasa susu kedelai memang tidak segurih susu hewani lain seperti susu sapi ya, Sayurfriends. Tapi jangan khawatir, kamu tetap bisa mendapatkan manfaat-manfaat kedelai dari bahan makanan lainnya. Berikut beberapa contoh makanan yang mengandung kedelai:

1.
Tahu
2.
Tempe
3.
Tauco
4.
Kecap
5.
Natto
6.
Oncom
7.
Gochujang

Nah, Sayurfriends bisa pilih sendiri nih mau dapetin manfaat kedelai dari makanan yang mana. Susu kedelai dan bahan-bahan ini semua bisa kamu temui di Sayurbox lho! Klik di sini yuk untuk belanja!

Sumber:

https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/175223/nutrients

https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/manfaat-susu-kedelai-bagi-kesehatan/

Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2022, Sayurbox