Wajib Catat, Ini 5 Manfaat Sayur Pakcoy untuk Kesehatan

Makan sayur secara rutin memang bisa memberi manfaat bagi kesehatan. Salah satu jenis sayur yang bisa memberikan banyak manfaat adalah pakcoy. Nah, sayur ini pasti sudah tidak asing lagi karena memang umum dijumpai di Indonesia. Yuk simak apa saja sih manfaat sayur pakcoy bagi kesehatan agar Sayurfriends semakin bersemangat mengonsumsinya!
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/06/manfaat-sayur-pakcoy-595x335.jpg

1. Memelihara Kesehatan Tulang

Konsumsi pakcoy diketahui bagus untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang. Pakcoy ternyata mengandung banyak nutrisi dan mineral yang dibutuhkan oleh tulang. Di dalamnya terdapat fosfor, kalsium, zat besi, zinc, vitamin K, juga magnesium. Semua zat gizi ini dibutuhkan oleh tulang dan sangat bagus jika dikonsumsi secara rutin dari makanan alami seperti pakcoy.
Kandungan mineral yang dimiliki oleh pakcoy bisa membantu menjaga struktur tulang. Tulang jadi lebih kuat dan terhindar dari risiko osteoporosis. Apalagi sayur pakcoy ini juga punya vitamin K yang akan menjaga stabilitas kadar kalsium di dalam tulang sehingga kondisinya semakin kuat dan sehat.

2. Menjaga Jantung

Selain memelihara kesehatan tulang, ternyata sayur pakcoy juga bagus untuk jantung. Jenis sayur yang satu ini punya kandungan kalori dan kolesterol yang sangat rendah. Di dalamnya juga terdapat folat, vitamin C, vitamin B6, serta kalium yang sangat bagus untuk kesehatan jantung. Tak heran jika konsumsi sayuran ini sangat direkomendasikan bagi orang yang punya riwayat sakit jantung.
Ada sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa vitamin B6 dan folat yang ada pada pakcoy bisa mencegah homosistein. Homosistein merupakan jenis asam amino alami yang bisa memicu penyumbatan pembuluh darah. Jika homosistein berhasil dicegah atau ditekan maka risiko penyumbatan lebih kecil dan kerja jantung bisa lebih optimal.

3. Menjaga Imunitas

Manfaat sayur pakcoy berikutnya adalah bisa menjaga imunitas tubuh. Konsumsi sayur ini bisa membuat imunitas jadi jauh lebih kuat dari biasanya. Kandungan nutrisi dan vitamin lengkap pada sayur pakcoy bisa membantu daya tahan tubuh jadi lebih kuat dan efektif melawan bakteri maupun virus. Rutin mengonsumsi sayuran ini bisa membantu tubuh tetap terjaga sehat dan tidak mudah terserang infeksi.

4. Membuat Tekanan Darah Stabil

Pakcoy mengandung mineral yang sangat membantu menjaga tekanan darah dalam tubuh tetap stabil. Di dalamnya ada kalium, kalsium, dan magnesium yang bisa menurunkan tekanan darah secara alami. Itulah mengapa pakcoy sangat direkomendasikan untuk penderita hipertensi.
Fakta ini ternyata sudah didukung oleh sebuah penelitian yang ditulis lewat artikel American Journal of Clinical Nutrition, lho! Di sana disebutkan bahwa konsumsi 4.700 mg kalium per hari bisa menurunkan tekanan darah akibat adanya asupan natrium yang berlebihan dalam tubuh.

5. Memelihara Kesehatan Mata

Sayur pakcoy juga bisa membantu memelihara kesehatan mata. Biasanya orang menganggap jenis sayuran yang bagus untuk kesehatan mata hanyalah wortel. Padahal pakcoy juga bagus untuk mata dan bisa menjaga mata tetap sehat dengan kualitas penglihatan yang bagus seiring bertambahnya usia.
Pakcoy mengandung vitamin A dan beta karoten yang sangat dibutuhkan oleh mata. Perlu diketahui bahwa satu porsi pakcoy ternyata memiliki kandungan vitamin A yang sesuai dengan dosis harian kebutuhan tubuh. Demi mata yang sehat dan penglihatan normal, jangan lupa konsumsi pakcoy secara rutin, ya!
Banyak sekali manfaat sayur pakcoy bagi kesehatan. Jadi jangan ragu untuk memasukkan pakcoy ke dalam daftar menu harian. Jenis sayur ini juga mudah untuk diolah menjadi berbagai jenis varian menu. Selain itu cocok juga untuk dikonsumsi anak-anak maupun orang tua karena kaya manfaat dan rasanya pun enak.
Beli sayuran segar hanya di Sayurbox. Segala macam sayuran ada di sana. Diskonnya juga selalu banyak dan bikin pengeluaran bulanan Sayurfriends lebih hemat.