Cegah Konstipasi Saat Hamil, Ini 6 Manfaat Pisang untuk Ibu Hamil

Ibu hamil membutuhkan asupan nutrisi yang optimal, guna menjaga kesehatannya saat tengah berbadan dua, serta mendukung tumbuh kembang janinnya. Makanya, sangat direkomendasikan bagi ibu hamil untuk mengonsumsi makanan yang bergizi tinggi, salah satunya seperti pisang. Penasaran apa saja manfaat pisang untuk ibu hamil? Yuk simak ulasannya di bawah ini.
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/06/manfaat-pisang-untuk-ibu-hamil-595x335.jpg

1. Meredakan Gejala Morning Sickness

Morning sickness merupakan suatu kondisi yang kerap dialami oleh ibu hamil di masa trimester pertama kehamilannya. Morning sickness ini diantaranya ditandai dengan gejala seperti mual dan muntah, yang tentu saja bisa membuat ibu yang tengah mengandung merasa tak nyaman, kelelahan, dan kekurangan energi.
Pengonsumsian pisang sendiri diketahui bisa meredakan gejala yang ditimbulkan oleh morning sickness ini. Pisang merupakan buah yang kaya akan vitamin B6, di mana vitamin ini bisa membantu meredakan gejala morning sickness tersebut. Dengan begini, pengonsumsian buah pisang bakal membuat ibu hamil jadi bisa melewati trimester pertama kehamilannya dengan nyaman.

2. Mencukupi Kebutuhan Zat Besi

Ibu hamil sangat rentan mengalami anemia yang disebabkan karena kekurangan zat besi. Anemia yang disebabkan karena kekurangan zat besi ini terjadi karena tubuh membutuhkan zat besi untuk memproduksi sel darah merah. Jika dibiarkan, ibu hamil yang mengalami anemia bisa mengakibatkan gangguan pada pertumbuhan janin.
Anemia yang disebabkan karena kekurangan zat besi pada ibu hamil ini bisa dicegah dengan mengonsumsi pisang. Pisang diketahui kaya akan zat besi, sehingga dengan mengonsumsinya bakal mencukupi asupan zat besi yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Selain dengan suplemen zat besi, pisang bisa menjadi opsi untuk mencukupi kebutuhan zat besi tersebut.

3. Mencukupi Kebutuhan Asam Folat Janin

Manfaat pisang untuk ibu hamil selanjutnya adalah untuk mencukupi kebutuhan asam folat. Pisang merupakan buah yang kaya akan asam folat, di mana kandungannya ini sangat krusial sifatnya untuk perkembangan otak dan tulang belakang bayi. Tercukupinya kebutuhan asam folat akan bisa menghindari risiko terjadinya gangguan pada pertumbuhan bayi, serta risiko bayi lahir prematur.

4. Mencegah Konstipasi

Salah satu hal yang kerap kali dialami oleh ibu hamil adalah konstipasi. Saat sedang tak hamil saja kondisi ini sudah terasa tak nyaman, apalagi jika mengalami saat tengah berbadan dua. Konstipasi bisa dicegah dengan cara mengonsumsi makanan yang kaya serat seperti pisang. Selain serat, pisang pun kaya akan potasium yang dikenal bisa melancarkan proses pencernaaan.

5. Meningkatkan Energi

Kelelahan dan kekurangan energi merupakan kondisi yang kerap dialami oleh ibu hamil. Nah, untuk bisa meningkatkan kembali energi, pengonsumsian pisang merupakan salah satu hal yang direkomendasikan. Alasannya adalah karena pisang kaya akan karbohidrat, yang bisa dimetabolisme dengan cepat oleh tubuh, untuk menghasilkan energi tambahan.

6. Mendukung Perkembangan Sistem Saraf Janin

Seperti yang disebutkan sebelumnya, pisang kaya akan vitamin B6 yang salah satu manfaatnya adalah untuk mendukung perkembangan sistem saraf pusat pada janin. Pengonsumsian pisang terutama sekali direkomendasikan pada masa trimester pertama kehamilan, agar dukungan untuk perkembangan sistem saraf pusatnya bisa diberikan secepat mungkin.
Nah, itulah tadi ulasan mengenai manfaat pisang untuk ibu hamil. Buah yang bisa dengan mudah dibeli dan harganya pun cukup terjangkau ini bisa Sayurfriends stok saat hamil, untuk dikonsumsi secara rutin. Agar pengonsumsiannya tak berlebihan, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu mengenai berapa banyaknya pisang yang bisa dikonsumsi setiap hari.