Tidak Hanya Sebagai Hiasan, Ternyata Ini 10 Manfaat Parsley

Ketika menikmati hidangan western, pasti kamu akan menjumpai parsley di hidangan tersebut. Tanaman ini biasa digunakan sebagai hiasan untuk mempercantik tampilan makanan. Presley memiliki warna hijau segar dengan bentuk mungil. Sekilas, tampilannya tampak seperti pohon kecil. Bagi yang tidak tahu dengan tanaman ini, tentunya kerap menyingkirkan dan tidak memakannya. Padahal, parsley bukan hanya sebagai penghias makanan saja, namun juga memiliki manfaat yang baik. Apa sajakah itu? Berikut ini adalah 10 manfaat parsley untuk kesehatan.

Manfaat Parsley untuk Kesehatan

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2021/02/herbs-5158631_1920.jpg

10 Manfaat Parsley untuk Kesehatan. (Foto: Pixabay)

1. Meredakan perut kembung

Mungkin tidak banyak yang menyangka jika parsley juga bermanfaat untuk mengatasi perut kembung. Biasanya, setelah mengonsumsi hidangan tertentu, banyak orang yang mengalami gangguan pada pencernaan seperti perut kembung. Nah, senyawa yang ada di tanaman ini bisa membuat gas-gas dalam perut berkurang, sehingga rasa tidak nyaman akibat gangguan tersebut bisa reda dan hilang. Agar ini lebih maksimal, kamu bisa mengonsumsi beberapa lembar tanaman ini.

2. Meredakan infeksi kandung kemih

Praktisi homeopati mengatakan, beberapa lembar parsley bisa menjadi ramuan herbal alami untuk meredakan infeksi kandung kemih. Hal ini tidak lain karena tanaman ini bermanfaat untuk menurunkan kadar ureum, kreatinin, asam urat, dan elektrolit. Meski begitu, khasiat daun ini bukanlah sebagai pengobatan utama. Namun, ditujukan sebagai pereda atau alternatif saja. Untuk penanganan lebih lanjut, tindakan medis tetap harus dilakukan.

3. Mencegah batu ginjal

Efek nefroprotektif dalam presley juga berperan penting dalam melindungi fungsi ginjal. Salah satunya yaitu untuk menurunkan kadar protein dan kalsium di dalam urine, dimana hal itu bisa menjadi risiko munculnya batu ginjal.

4. Menurunkan risiko penyakit jantung

Asam folat merupakan salah satu asupan mikronutrien yang penting, terutama untuk menjaga fungsi dan kesehatan jantung. Nah, senyawa ini bisa kamu temukan pada tanaman parsley. Khasiat tersebut juga datang dari efek diuretik miliknya. Diuretik merupakan efek yang berfungsi membantu mengeluarkan air dalam tubuh melalui pembuangan air seni. Di sisi lain, tanaman ini juga memiliki efek anti pembekuan darah dan antihiperlipidemia, yaitu kondisi abnormal karena adanya lemak pada darah.

5. Membantu mencegah diabetes

Diabetes merupakan penyakit yang diakibatkan karena meningkatnya kadar gula dalam darah. Gangguan ini bisa terjadi karena faktor keturunan ataupun karena pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat. Meski begitu, bukan berarti penyakit ini tidak dapat dihindari.

Untuk menekan risiko diabetes, kamu bisa memanfaatkan daun parsley. Salah satu kandungan di alamnya, yaitu myricetin, berperan penting untuk membantu menurunkan kadar gula dalam darah. Tak hanya itu saja, kandungan tersebut juga mampu mengatasi resistensi insulin yang menjadi penyebab utama diabetes melitus tipe 2.

Ingin merasakan manfaat parsley untuk kesehatan? Kamu bisa membeli parsley segar di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang dengan klik tombol “Belanja” di bawah ini!

6. Menjaga kesehatan mata

Mata merupakan salah satu indera yang kemampuannya bisa menurun karena faktor usia. Untuk itu, penting bagi kamu menjaga kesehatan mata, agar saat usia lanjut nanti kemampuan indera penglihatan masih terjaga dengan baik.

Nah, salah satu cara menjaga kesehatan mata yaitu dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin A. Kandungan ini bisa kamu dapatkan dari berbagai sumber pangan, termasuk juga parsley. Tak hanya baik untuk memelihara kesehatan mata, tanaman ini juga acap kali dikonsumsi untuk mencegah kelelahan mata, risiko rabun, serta katarak.

7. Menyegarkan bau mulut

Bau mulut bisa diakibatkan karena panas dalam atau habis mengonsumsi makanan tertentu. Nah, salah satu manfaat sederhana dari tanaman kecil ini yaitu untuk menghilangkan bau mulut.

Hal tersebut dikarenakan tanaman ini bisa menghilangkan senyawa sulfur penyebab bau mulut. Tak hanya menghilangkan bau, daun ini juga menyegarkan nafas secara alami. Khususnya setelah kamu mengonsumsi makanan yang menggunakan bawang putih ataupun bawang merah.

8. Menangkal radikal bebas

Radikal bebas yang terakumulasi bisa memicu munculnya sel-sel kanker. Salah satu kandungan daun parsley, yaitu fitokimia, dipercaya sebagai antioksidan yang baik untuk menangkal hal itu.

Senyawa antioksidan lainnya, yaitu flavonoid, karotenoid, asam askorbat, dan tokoferol, juga memiliki manfaat yang kurang lebih sama. Maka tak heran, tanaman ini kerap dikonsumsi sebagai penangkal radikal bebas alami untuk menurunkan stres oksidatif, yaitu kondisi peradangan yang terjadi dalam pembuluh darah.

9. Menurunkan risiko ambeien

Presley memiliki efek laksatif, yaitu efek yang berfungsi seperti obat pencahar alami, sehingga proses pembuangan feses pada saluran pencernaan lebih lancar. Tak hanya itu saja, parsley juga membantu proses penyerapan air serta elektrolit dalam usus besar, sehingga bisa mempermudah proses pembuangan feses dan meminimalisir terjadinya ambeien.

10. Memperkuat tulang

Banyak yang beranggapan jika sumber pangan yang baik untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi yaitu hanya dari susu saja. Padahal, sumber pangan nabati, seperti daun parsley juga memiliki manfaat yang sama.

Kandungan seperti vitamin K, kalium, magnesium, dan kalsium dalam tanaman ini terbilang cukup tinggi, sehingga baik dalam mendukung pembentukan tulang yang kuat.

Itulah beberapa penjelasan mengenai 10 manfaat parsley. Siapa sangka, tanaman berukuran mungil yang dimanfaatkan sebagai penghias makanan saja ternyata menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan. Kalau kamu penasaran, kamu bisa membeli parsley di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang, ya!

(Siti Kamilla)

Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2022, Sayurbox