Jaga Skin Barrier, Ini 4 Manfaat Niacinamide untuk Wajah

Kategori
Bagi Sayurfriends yang merupakan pengguna setia produk
skincare
atau perawatan kulit, pasti sudah tak asing lagi dengan yang namanya
niacinamide
. Produk
skincare
berbahan
niacinamide
ini memang sempat viral beberapa waktu yang lalu, karena bagusnya efek yang diberikannya pada kulit wajah. Yuk simak apa saja manfaat
niacinamide
untuk wajah di bawah ini.
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/05/manfaat-niacinamide-untuk-wajah-595x335.jpg

1. Memperkuat Skin Barrier

Skin barrier
merupakan lapisan terluar kulit yang berfungsi untuk melindungi atau memberikan proteksi bagi kulit secara menyeluruh hingga ke lapisan terdalam. Kesehatan
skin barrier
sangat perlu dijaga, karena jika tidak, maka kulit akan mengalami kerusakan yang ditandai dengan ciri seperti iritasi, kemerahan, jerawat, hingga gatal.
Pengaplikasian
niacinamide
akan bisa membantu untuk memperkuat
skin barrier
tersebut.
Niacinamide
akan bekerja dengan cara membangun keratin, protein yang menjadi bagian dari lapisan terluar kulit tersebut. Keratin ini nantinya bersama dengan kolagen dan elastin akan menjaga lapisan kulit tetap kuat dan bisa menghindari ancaman dari luar, seperti polusi dan sinar matahari.

2. Mencegah Kerusakan Kulit Akibat Sinar Matahari

Manfaat
niacinamide
untuk wajah selanjutnya adalah memberikan proteksi atas kerusakan yang disebabkan oleh sinar matahari. Seperti yang Sayurfriends ketahui, paparan sinar matahari merupakan salah satu penyebab terjadi kerusakan pada kulit wajah. Efek buruk yang ditimbulkan oleh paparan sinar matahari inilah yang coba ditangkis oleh
niacinamide
.
Niacinamide
merupakan bahan yang juga dikenal sebagai antioksidan. Sifat antioksidannya ini membuat
niacinamide
akan bisa berfungsi untuk melindungi kerusakan pada sel kulit wajah akibat paparan sinar ultraviolet. Tak hanya itu saja, pertumbuhan sel kulit wajah yang sehat juga akan bisa berlangsung dengan lancar.

3. Mengatasi Hiperpigmentasi pada Kulit Wajah

Hiperpigmentasi merupakan kondisi pada kulit wajah yang ditandai dengan adanya area kulit wajah yang lebih gelap jika dibandingkan dengan area kulit lain di sekitarnya. Akibat terjadinya hiperpigmentasi inilah, Sayurfriends bisa melihat munculnya bintik atau flek hitam di permukaan kulit wajah.
Pada kondisi hiperpigmentasi ini,
niacinamide
akan membantu mengurangi hiperpigmentasi tersebut dengan cara mengurangi transfer melanin dari pigmen yang memproduksi sel atau melanosit ke bagian keratinosit. Alhasil, dengan cara kerja
niacinamide
inilah bintik hitam tadi akan bisa menjadi lebih cerah atau memudar seiring dengan berjalannya waktu.
Baca juga:
 

4. Menyeimbangkan Keberadaan Minyak di Kulit Wajah

Sedikitnya produksi minyak di wajah akan membuat wajah menjadi kering, sedangkan jika berlebih malah akan membuat wajah jadi berminyak. Solusi terbaik atas kondisi ini tentulah menjaga agar produksi minyak di kulit wajah bisa seimbang, sehingga tak akan terjadi yang namanya kulit kering atau berminyak.
Pada kondisi ini,
niacinamide
bekerja dengan cara mengontrol atau meregulasi banyaknya minyak yang diproduksi oleh kelenjar sebasea. Kelenjar satu ini berada di bawah permukaan kulit, di mana fungsinya adalah untuk mengeluarkan zat minyak yang disebut dengan sebum. Produksi minyak yang terkontrol akan membuat kulit wajah jadi lembap sempurna.
Ada beragam manfaat yang dihadirkan oleh
niacinamide
untuk wajah, di antaranya adalah empat manfaat yang disebutkan di atas. Deretan manfaat
niacinamide
untuk wajah tersebut bakal bisa Sayurfriends peroleh dengan penggunaan produk perawatan wajah berbahan
niacinamide
secara rutin, serta didukung dengan pola hidup sehat.
Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2022, Sayurbox