10 Manfaat Melinjo untuk Kesehatan yang Perlu Kamu Tahu

Melinjo memang identik dengan sayur asem dan sayur lodeh. Tak hanya sayur, melinjo juga kerap diolah menjadi emping ataupun keripik. Mesti melinjo cukup dikenal, namun belum banyak lho yang tahu manfaatnya. Sedikit informasi, dalam sebuah jurnal kesehatan yang diterbitkan oleh Cancer Medicine, biji melinjo dikenal akan nilai gizinya yang tinggi. Beberapa kandungan penting di dalamnya antara lain, stilbenoid dimer, seperti gnetin C (GC) dan glukosida (gnemonosides A, C, dan D), dengan trans-piceid glukosida. Tak hanya itu, kandungan lainnya yaitu antioksidan yang tinggi juga penting untuk membantu mengobati kanker, penyakit jantung, dan mencegah penuaan. Nah, untuk mengenal lebih jauh, berikut ini adalah 10 manfaat melinjo untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Melinjo untuk Kesehatan Tubuh

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2021/02/melinjo-1558633_1920-595x379.jpg

Manfaat Melinjo untuk Kesehatan Tubuh. (Foto: Pixabay)

1. Menjaga kesehatan otak

Otak merupakan salah satu organ vital yang berfungsi untuk mengontrol penuh organ tubuh lainnya. Untuk itu, penting menjaga kinerja dan kesehatan otak. Salah satu sumber pangan penting yang berperan akan hal itu yaitu melinjo.

Melinjo diyakini baik untuk membantu menjaga dan meningkatkan kemampuan daya ingat, sehingga bisa mencegah diri dari serangan demensia. Faktanya, gangguan ini tak hanya dialami oleh orang-orang berusia lanjut saja, tapi juga pada usia produktif, mulai dari remaja hingga dewasa.

Tak hanya isinya, kulit melinjo pun memiliki manfaat yang sama, yaitu untuk mencegah dan mengatasi serangan radikal bebas. Salah satu gangguan yang terjadi akibat radikal bebas yaitu bisa memengaruhi fungsi saraf dan otak seseorang. Kandungan zat mangan miliknya juga berperan penting sebagai zat penghantar sinyal sistem saraf serta memaksimalkan sinyal antar sel saraf agar lebih optimal.

2. Sebagai antimikroba

Mungkin kamu sering mendengar istilah antioksidan dan antiinflamasi. Namun, bagaimana dengan antimikroba? Faktanya, banyak yang belum tahu senyawa ini.

Singkatnya, antimikroba merupakan senyawa yang mampu mencegah serangan mikroba yang bisa mengganggu kesehatan seseorang. Nah, salah satu kandungan melinjo yaitu sebagai antimikroba alami bagi tubuh. Fungsi senyawa ini yaitu untuk melindungi dan memperkuat tubuh dari serangan mikroba yang bisa menyebabkan penyakit dan gangguan kesehatan.

3. Mengatasi tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi bisa menjadi pemicu gangguan penyakit kronis, seperti jantung dan stroke. Ternyata, salah satu manfaat melinjo yaitu untuk menjaga kestabilan tekanan darah, sehingga bisa menekan gangguan hipertensi. Dengan mengonsumsi melinjo secara teratur, maka tekanan darah bisa lebih terjaga dan normal.

4. Mengatasi anemia

Salah satu kandungan penting yang berhubungan dengan masalah anemia yaitu zat besi. Peran zat besi sendiri yaitu membantu tubuh untuk memproduksi sel darah merah. Seperti yang kamu ketahui, anemia merupakan gangguan yang diakibatkan kurangnya sel darah merah dalam tubuh. Penyebabnya, tidak lain karena tubuh tidak mendapat asupan zat besi yang cukup.

Nah, untuk kamu yang mengalami gangguan ini, kamu bisa mengonsumsi melinjo untuk membantu memenuhi kebutuhan zat besi harian kamu. Dengan begitu, gangguan anemia pun bisa diminimalisir.

5. Membantu melancarkan sistem pencernaan

Gangguan pencernaan bisa diakibatkan banyak faktor. Penyebab yang paling umum yaitu kurang asupan serat. Asupan serat sendiri bisa kamu dapatkan dari berbagai sumber pangan, salah satunya melinjo.

Seperti kandungan serat pada buah ataupun sayuran lainnya, serat melinjo juga berfungsi untuk membantu sistem pencernaan tubuh dalam menghancurkan sisa makanan, sehingga lebih memudahkan proses pembuangan nanti.

Kamu ingin merasakan manfaat melinjo untuk kesehatan? Yuk, beli melinjo dengan harga terjangkau dan berkualitas di Sayurbox. Cek produknya dengan klik tombol “Belanja” di bawah ini!

6. Menjaga kesehatan mata

Tak hanya wortel ataupun tomat, melinjo juga memiliki manfaat yang sama terkait kesehatan mata. Kandungan vitamin A yang kaya dalam biji melinjo diyakini mampu menjaga sistem kerja dan penglihatan mata. Dengan begitu, kemampuan mata dalam melihat akan lebih jernih, tajam, dan sehat.

Tak hanya baik untuk kesehatan mata, kandungan vitamin A dalam melinjo juga baik dikonsumsi untuk menjaga kemampuan penglihatan pada penderita rabun jauh dan menekan risiko tersebut.

7. Mengandung banyak nutrisi yang baik

Tak hanya biji, kulit melinjo juga memiliki banyak manfaat yang luar biasa. Beberapa manfaat tersebut tentu berkaitan dengan nutrisi yang ada di dalamnya, seperti beta karoten, fenolik, flavonoid, vitamin C, dan antioksidan.

Tak hanya nutrisi, kulit melinjo juga diperkaya berbagai mineral penting, seperti mangan, tembaga, zat besi, zinc, dan potasium. Bahkan, kandungan zat besi pada kulit melinjo terbilang cukup tinggi.

8. Membantu pertumbuhan anak

Selain zat besi, tembaga juga memiliki peran yang tidak kalah pentingnya, khususnya untuk pertumbuhan anak. Tembaga sendiri merupakan zat mineral mikro yang berfungsi untuk membantu pertumbuhan anak.

Selain baik untuk pertumbuhan, kandungan tersebut juga berperan penting untuk mengatasi gangguan sistem otot dan tulang, serta menjaga kesehatan dan kerja jantung lebih optimal. Kekurangan tembaga bisa menyebabkan rusak dan matinya jaringan sel tubuh.

9. Menyesuaikan suhu tubuh

Kondisi peralihan musim, biasanya membuat cuaca tidak menentu. Sulitnya tubuh beradaptasi, bisa membuat orang tersebut mudah sakit. Nah, salah satu manfaat melinjo yaitu bisa membantu tubuh dalam mengatur suhu badan. Dengan begitu, tubuh akan lebih mudah beradaptasi dengan cuaca dan lingkungan sekitar.

Apabila tubuh telat ataupun sulit menyesuaikan, entah itu menaikan atau menurunkan suhu, maka fungsi tubuh secara keseluruhan juga akan terganggu. Lebih lanjut, peran melinjo yaitu untuk menjaga fungsi metabolisme dan enzim agar tetap stabil, meskipun suhu lingkungan tersebut kurang mendukung.

10. Menjaga kesehatan kulit

Kandungan zinc dalam melinjo diyakini baik untuk meningkatkan kebutuhan sel darah putih seseorang. Dengan begitu, tubuh akan lebih mudah mencegah terjadinya peradangan dan mempercepat proses penyembuhan luka.

Gangguan kulit lainnya, seperti jerawat, biasanya akan meninggalkan bekas luka di permukaan wajah. Peran melinjo di sini, salah satunya untuk mempercepat penyembuhan luka bekas jerawat di wajah.

Itulah 10 manfaat melinjo untuk kesehatan. Meski biji maupun kulit melinjo memiliki banyak peran penting untuk kesehatan, namun kamu tetap diwajibkan untuk mengatur jumlah konsumsinya. Konsumsi melinjo yang berlebih bisa mengakibatkan gangguan penyakit lainnya, misalnya asam urat. Namun, bagi kamu yang ingin merasakan manfaatnya, kamu bisa membeli melinjo ini di Sayurbox. Cek produknya sekarang, ya!

(Siti Kamilla)

Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2022, Sayurbox