Lembapkan Kulit, Ini 5 Manfaat Masker Timun untuk Wajah

Kategori
Siapa nih di antara Sayurfriends yang suka banget
nyemilin
timun? Sayuran satu ini memang menyegarkan, serta dikenal punya segudang manfaat bagi kesehatan. Agar bisa mendapatkan manfaatnya tersebut, timun tak melulu harus dikonsumsi melainkan juga bisa dijadikan masker untuk menyehatkan kulit wajah. Yuk simak apa saja manfaat masker timun untuk wajah berikut ini.
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/06/manfaat-masker-timun-595x335.jpg

1. Mengurangi dan Mencegah Munculnya Jerawat

Bagi Sayurfriends yang punya wajah dengan tipe
acne-prone
, masker timun bisa dimanfaatkan untuk mengatasi jerawat,
loh
! Pasalnya, timun memiliki sifat astringen yang bisa membersihkan kulit dengan cara mengatasi pori-pori yang tersumbat karena sel kulit mati dan minyak, serta mengecilkan pori-pori kembali. Alhasil, jerawat pun jadi enggan untuk muncul di kulit yang sudah bersih.

2. Mengurangi Wajah Kusam karena Kurang Tidur

Saat Sayurfriends kurang tidur, wajah bisa jadi terlihat bengkak, kusam, serta kantong mata pun muncul. Dengan kondisi begini, wajah jadi terlihat tak segar dan kelelahan. Kondisi wajah yang seperti ini bisa coba diatasi dengan masker timun. Timun bisa diandalkan untuk mengurangi bengkak pada wajah karena kelelahan atau kurang tidur, sehingga wajah jadi terlihat segar kembali.

3. Mencegah Penuaan Dini pada Kulit

Siapa sih yang ingin terlihat tua dari umur sebenarnya? Sayangnya, perlindungan pada kulit yang tak optimal, membuat kulit wajah berpotensi mengalami penuaan dini. Penuaan dini pada kulit wajah yang di antaranya disebabkan oleh paparan sinar matahari, polusi, serta gaya hidup yang tak sehat tersebut umumnya ditandai dengan munculnya garis halus, kerutan, dan bintik hitam di wajah.
Salah satu cara yang bisa Sayurfriends lakukan untuk mencegah penuaan dini pada kulit wajah itu adalah dengan menggunakan masker timun. Timun diketahui mengandung antioksidan, yang mana kandungan satu ini bisa mencegah munculnya kerutan. Tak hanya itu saja, timun juga mengandung vitamin C dan asam folat, yang bisa menstimulasi pertumbuhan sel kulit wajah yang baru.

4. Meredakan Iritasi

Manfaat masker timun untuk kulit wajah selanjutnya adalah meredakan iritasi. Paparan sinar matahari hingga gigitan serangga bisa memicu munculnya iritasi di kulit wajah, yang tentu saja terasa perih dan tak nyaman. Efek sejuk dan anti peradangan yang dimiliki oleh timun akan membantu meredakan iritasi tersebut, sehingga ketidaknyamanan tak perlu dialami dalam waktu lama.

5. Menghidrasi Kulit Wajah

Timun merupakan salah satu sayuran yang dikenal kaya akan air. Kandungan airnya yang melimpah ini membuatnya sangat cocok dipakai untuk menghidrasi kulit, sehingga kulit tak jadi kering dan terjaga kelembapannya. Agar proses menghidrasi dan melembapkan kulit wajah jadi makin optimal, tambahkan madu atau lidah buaya saat mengolah masker timun untuk wajah.
Baca juga:

Cara Praktis Membuat Masker Timun

Masker timun terbilang sangat praktis untuk dibuat. Sayurfriends. Sediakan beberapa buah timun, kemudian blender hingga halus. Setelah halus, pisahkan air dari ampasnya dengan menggunakan saringan. Kemudian, oleskan air timun tersebut ke permukaan wajah secara merata. Tunggu hingga sekitar 15 menit, kemudian bilas masker timun dengan air bersih.
Jika ada stok timun di rumah, Sayurfriends bisa memanfaatkannya untuk dijadikan sebagai masker wajah. Manfaat masker timun untuk kulit wajah begitu banyak, di antaranya adalah 5 manfaat yang disebutkan di atas. Agar manfaatnya bisa makin maksimal, Sayurfriends bisa campurkan timun dengan bahan lain seperti madu atau lidah buaya, untuk kemudian dijadikan masker.
Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2022, Sayurbox