5 Manfaat Kubis untuk Kesehatan

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/10/Kubis-Manfaat-untuk-Kesehatan-595x335.jpg

Kubis Bermanfaat untuk Kesehatan. Doc: Freepik

Kubis adalah satu satu jenis sayuran yang punya banyak manfaat untuk kesehatan, lho. Biasanya, Kubis sering kali dijadikan lalapan atau bisa juga sebagai menu utama. Seperti sayuran pada umumnya, Kubis juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan manusia. Simak manfaat kubis berikut :

Menurut sebuah penelitian yang dirangkum dari berbagai sumber, satu buah kubis ternyata mengandung vitamin C, B6,K, folat kalsium, potassium, mangan, magnesium. 

Nggak hanya itu, dalam 90 gram kubis terdapat 3 gram serat. Tingginya kandungan serat dalam sayuran ini akan membuat perut merasa kenyang lebih lama. 

Nah, Sayurfriends sendiri termasuk yang suka mengonsumsi Kubis atau nggak, nih? Cobain kenalan dulu ama Kubis, yuk. Kalo udah kenal dan tahu manfaatnya, langsung pilih dan beli Kubis segara di Sayurbox, ya! 

Klik disini buat belanja Kubis dan lanjut baca ke bawah untuk cari tahu 5 manfaat Kubis untuk kesehatan!

1. Mengurangi risiko penyakit jantung

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/09/serangan-jantung1-cardiac-595x334.jpg

Jantung sehat Doc: Cardiac Screen Ltd

Jantung merupakan organ vital yang berperan untuk memompa darah dan mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh. Salah satu manfaat baik dari Kubis yaitu bisa menekan terjadinya risiko penyakit jantung. Hal ini tidak lain karena sayuran ini mengandung senyawa karotenoid dan flavonoid, yaitu senyawa yang berperan terhadap kelancaran peredaran darah ke jantung.

2. Menjaga kekuatan saraf dan otak

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/09/cara-menjaga-kesehatan-otak-2-1024x726-595x422.jpg

cara-menjaga-kesehatan-otak doc: carevo

Dalam setiap buah Kubis, terdapat 45 miligram kolin. Lalu, apa manfaat kandungan tersebut? Kolin merupakan salah satu unsur penting bagi tubuh, terutama untuk membantu menjaga keutuhan membran sel, membantu pembentukan DNA, memperlancar metabolisme tubuh, dan menjaga kesehatan saraf dan otak.

3. Meredakan peradangan

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/05/k6ss4gmb4ihf106pyx61_19614.jpg

Mengatasi peradangan. (Foto: okezone)

Senyawa glukosinolat yang terkandung dalam Kubis ternyata bisa berperan sebagai pereda terjadinya peradangan. Tidak hanya meredakan, kandungan tersebut juga berperan untuk menetralkan efek dari radikal bebas dalam tubuh, sehingga sel tubuh yang terkontaminasi bisa dinormalkan kembali dan keberadaan virus dalam tubuh bisa ditekan perkembangannya.

4. Menguatkan Sistem Imun

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/05/cara-meningkatkan-kekebalan-tubuh-595x397.jpg

Sistem imun atau kekebalan tubuh berperan sebagai protektor dari virus dan bakteri penyebab penyakit. Menurunnya sistem tersebut bisa membuat tubuh mudah terserang flu, terutama saat musim pergantian cuaca seperti sekarang ini.

Nah, salah satu manfaat kembang kol yaitu bisa membantu meningkatkan sistem imun dan kekebalan tubuh. Hal ini dikarenakan sayuran ini memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Bahkan, bisa memenuhi kebutuhan vitamin C harian orang dewasa hingga 77%. Vitamin C sendiri berperan penting sebagai pendukung sistem imun pada tubuh.

5. Penuh anti-oksidan

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/04/kaya-akan-antioksidan-1-595x298.jpg

Kaya akan antioksidan (Foto: iStockphoto)

Kubis merupakan salah satu sayuran yang tinggi akan antioksidan. Manfaat kandungan tersebut salah satunya sebagai penekan risiko penyakit kanker. Kandungan antioksidan di dalamnya berfungsi sebagai pelindung sel-sel tubuh dari serangan peradangan dan radikal bebas. Kandungan glukosinolat dan isothiocyanate pada sayuran ini juga dipercaya memiliki manfaat yang sama, yaitu menekan munculnya sel-sel penyebab kanker kolon, paru-paru, payudara, dan prostat.

Itu dia 5 manfaat Kubis untuk kesehatan yang wajib Sayurfriends tahu. Gimana tertarik untuk belanja dan masak berbagai kreasi msakan dengan Kubis?

Langsung klik link berikut yuk buat beli Kubis yang segar dan terjamin kualitasnya di Sayurbox, ya!

Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2023, Sayurbox