Tidak Hanya Harum, Tapi Ini 10 Manfaat Daun Pandan untuk Kesehatan

Indonesia dikenal akan kue dan camilan tradisionalnya yang beragam. Tak hanya proses pembuatan, bahan-bahan yang digunakannya pun masih menggunakan bahan alami dan tradisional. Termasuk bahan untuk mengharumkan makanan tersebut. Meski tidak semua, namun kebanyakan kue dan camilan tradisional menggunakan daun pandan sebagai bahan pengharumnya. Daun berwarna hijau dan bentuk memanjang ini memang dikenal akan aromanya yang khas. Meski daun ini sudah dikenal luas, namun belum banyak yang tahu jika daun ini juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Sebagai informasi, daun pandan mengandung vitamin A, zat besi, rendah kalori, kaya serat, serta dipercaya sebagai antibakteri dan antimikroba alami. Untuk mengenal lebih jauh tentang daun ini, berikut ini adalah 10 manfaat daun pandan untuk kesehatan.

Manfaat Daun Pandan untuk Kesehatan

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2021/02/pexels-james-sebastian-5857656-595x446.jpg

Tidak Hanya Harum, Tapi Ini 10 Manfaat Daun Pandan untuk Kesehatan. (Foto: Pexels)

1. Membantu menurunkan tekanan darah tinggi

Penderita hipertensi tentu diharuskan rutin mengontrol tekanan darah miliknya. Tidak jarang, banyak penderita yang malas mengeceknya, bahkan tidak tahu akan kondisinya tersebut. Salah satu pertanda naiknya tekanan darah pada pasien tersebut yaitu munculnya rasa sakit pada kepala dan diikuti rasa kelelahan yang teramat.

Jika tidak ditangani dengan serius, gangguan hipertensi bisa menjadi pemicu penyakit berbahaya lainnya, seperti penyakit jantung dan stroke.

Untuk membantu mengontrol gangguan tersebut, kamu bisa meminum air rebusan daun pandan secara teratur. Caranya, ambil sekitar 10 gram daun pandan dan rebus bersama dengan dua gelas air. Rebus hingga tersisa satu gelas saja. Minum secara teratur sebanyak dua kali sehari.

2. Mengatasi gangguan rematik

Umumnya, penderita rematik dialami oleh orang berusia lanjut. Penderita gangguan ini biasanya merasakan sakit dan nyeri di area sekitar sendi. Gangguan tersebut kerap membuat para penderitanya tidak nyaman saat beraktivitas.

Salah satu tanaman yang dipercaya bisa mengatasi gangguan tersebut yaitu daun pandan. Kamu bisa mengolah daun ini bersama minyak kelapa sebagai obat oles tradisional.

Cara membuatnya yaitu dengan mengambil tiga lembar daun pandan, kemudian memasukkannya ke dalam rebusan minyak kelapa. Setelah dingin, oleskan ramuan tersebut di area sendi yang sakit yang diakibatkan gangguan rematik.

3. Mengatasi rasa nyeri

Tak hanya rasa nyeri yang diakibatkan oleh rematik saja. Rasa nyeri yang diakibatkan oleh faktor lainnya pun bisa diatasi dengan daun yang satu ini.

Caranya tidak jauh berbeda dengan poin sebelumnya. Kamu bisa mengoleskan area yang nyeri dengan rebusan minyak kelapa dan daun pandan. Gangguan seperti sakit kepala, sakit telinga, ataupun radang persendian, bisa kamu atasi dengan ramuan ini.

4. Membantu meningkatkan nafsu makan

Gangguan nafsu makan biasanya dialami oleh anak-anak. Nafsu makan yang menurun, bisa memengaruhi berat badan dan asupan gizi mereka. Nah, untuk membantu meningkatkan kembali nafsu makan mereka, kamu bisa memberinya rebusan daun pandan.

Caranya, rebus 10 gram daun pandan dengan tiga gelas air. Masak hingga air hanya tersisa satu cangkir saja. Lalu, konsumsi secara rutin pada pagi dan sore hari.

5. Mengurangi gangguan kram perut

Kram perut biasanya terjadi saat pagi hari. Bahkan, gangguan ini bisa muncul tanpa kamu tahu penyebab dan asal-usulnya. Nah, salah satu cara mengatasi gangguan ini yaitu dengan mengonsumsi campuran teh dan daun pandan.

Tak hanya meredakan dapat kram, kombinasi kedua bahan tersebut juga baik untuk meredakan gangguan perut dan pencernaan.

Ingin merasakan manfaat manfaat daun pandan untuk kesehatan? Kamu bisa membeli daun padan segar dan berkualitas di Sayurbox, lho. Yuk, cek produknya dengan klik tombol “Belanja” di bawah ini!

6. Mengembalikan energi pasca melahirkan

Pasca melahirkan, biasanya wanita akan mengalami kondisi tubuh yang terasa lemas yang teramat. Nah, salah satu minuman herbal yang dikonsumsi untuk mengatasi itu yaitu rebusan teh dan daun pandan.

Minuman ini dipercaya mampu mengembalikan energi tubuh pasca persalinan. Selain itu, ramuan tradisional yang satu ini juga sudah dikenal secara turun temurun sejak dahulu.

7. Meredakan gejala demam

Masih dengan rebusan air daun pandan. Siapa sangka, rebusan daun beraroma harum ini juga mampu membantu menurunkan panas suhu tubuh yang diakibatkan demam. Bahkan, ramuan ini juga termasuk salah satu metode pengobatan tradisional yang digunakan orang-orang terdahulu.

Caranya, cukup rebus daun pandan dengan dua gelas air. Masak hingga air menyisakan satu gelas saja. Lalu, konsumsi air rebusan tersebut secara rutin hingga panas suhu tubuh kembali normal.

8. Membantu proses detoksifikasi tubuh

Aktivitas yang padat namun tidak diimbangi dengan kebiasaan dan gaya hidup sehat, tentu berimbas pada kesehatan orang tersebut.

Beberapa pola hidup tidak sehat yang biasa dilakukan yaitu seperti mengonsumsi makanan yang sembarangan tanpa memerhatikan kandungan dan gizinya, malas berolahraga, dan terkena paparan polusi kendaraan secara terus menerus. Jika dibiarkan, kondisi ini sangat berbahaya karena bisa memicu munculnya penyakit kanker.

Nah, salah satu manfaat mengonsumsi rebusan daun pandan selanjutnya yaitu dapat membantu proses detoksifikasi tubuh dan hati. Proses detoksifikasi sendiri berperan untuk menjaga tubuh agar terhindar dari efek buruk karena penumpukan racun dan radikal bebas dalam tubuh.

9. Menghambat pertumbuhan sel-sel kanker

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, manfaat daun pandan juga baik untuk menekan atau menghambat sel-sel kanker dalam tubuh. Kanker sendiri bisa muncul akibat menumpuknya radikal bebas dalam tubuh yang terakumulasi secara terus-menerus.

Untuk membantu tubuh menghambat pertumbuhan sel-sel tersebut, kamu bisa mengonsumsi rebusan air pandan dua kali sehari.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan, daun pandan mengandung efek antimiotic, antiproliferative, dan apoptotic, dimana kandungan-kandungan tersebut memiliki potensi alami sebagai penekan pertumbuhan sel-sel kanker.

10. Mengatasi gangguan sulit tidur (insomnia)

Gangguan tidur atau insomnia umumnya dialami oleh masyarakat perkotaan. Penyebabnya pun beragam, entah karena perubahan pola dan jam tidur, stres pekerjaan, banyak pikiran, hingga penyebab-penyebab lainnya.

Gangguan insomnia tentu berakibat buruk para produktivitas dan fokus kamu di keesokan paginya. Akibatnya, kerja pun tidak optimal dan diikuti rasa kantuk.

Salah satu cara menangani masalah tersebut yaitu dengan mengonsumsi rebusan daun pandan saat malam atau sebelum tidur.

Tambahkan juga sedikit madu untuk memperkaya rasanya. Daun pandang sendiri diyakini mengandung alkaloid, yaitu kandungan yang mampu membuat sensasi rileks pada tubuh.

Itulah 10 manfaat daun pandan untuk kesehatan. Meski kerap digunakan sebagai pengharum makanan atau minuman tradisional, ternyata daun pandan juga menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan. Bagi kamu yang ingin mencobanya, kamu bisa membeli daun pandan ini di Sayurbox. Cek produknya sekarang, ya!

(Siti Kamilla)

Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2022, Sayurbox