Jarang yang Tahu, Ini 10 Manfaat Daun Dill untuk Kesehatan

Mungkin sebagian dari kamu masih asing dengan daun dill. Wajar saja, daun ini memang lazim digunakan pada hidangan Eropa, khususnya hidangan dengan bahan utama ikan. Bagi masyarakat di kawasan tersebut, daun dengan nama ilmiah Anethum graveolens ini dikonsumsi tidak hanya untuk kebutuhan kuliner saja. Tapi juga untuk tujuan pengobatan dan kesehatan. Bahkan, daun dill sudah dipercaya khasiatnya sejak generasi terdahulu. Daun dill memiliki rasa khas yang kuat. Di balik rasa tersebut, daun ini menyimpan banyak senyawa penting, seperti flavonoid, mineral, dan beberapa jenis asam amino. Kandungan lainnya seperti vitamin A dan C, serta kandungan mineral seperti limonene, zat besi, mangan, folat, carvone, vicenin, anethofuran, dan kaempferol, membuat daun ini baik untuk dikonsumsi. Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ini adalah 10 manfaat daun dill untuk kesehatan.

Manfaat Daun Dill untuk Kesehatan

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2021/02/dill-8104_1920-595x446.jpg

Manfaat Daun Dill untuk Kesehatan. (Foto: Pixabay)

1. Memperlancar sistem pencernaan

Daun dill umum digunakan pada hidangan pembuka. Hal ini tidak lain karena beberapa kandungan di dalamnya dipercaya bisa merangsang dan mengaktifkan sekresi cairan empedu dan pencernaan.

Hal tersebut juga baik untuk membantu merangsang gerakan peristaltik usus, sehingga bisa mencegah risiko sembelit, memperlancarkan sistem pencernaan, dan mengurangi rasa sakit saat buang air besar.

2. Mengontrol kadar gula dalam darah

Diabetes merupakan gangguan yang terjadi akibat naiknya kadar gula dalam darah. Nah, daun dill sendiri telah dipercaya sejak dahulu untuk membantu mengatasi hal itu.

Salah satu penyebab naiknya kadar gula darah tentu tidak lain karena naiknya kadar insulin dalam tubuh. Dari penelitian yang dilakukan, menunjukkan bahwa daun ini bisa mengurangi fluktuasi lipid serum dan menurunkan kadar insulin yang diinduksi oleh kortikosteroid.

3. Mengatasi gangguan sulit tidur (insomnia)

Kandungan minyak esensial yang kuat membuat daun dill bermanfaat untuk merangsang, dan menenangkan saraf dan pikiran. Hal ini tidak lain karena pada daun ini terdapat kandungan seperti flavonoid dan vitamin B kompleks.

Kedua kandungan tersebut berfungsi untuk mengaktifkan sekresi enzim dan hormon tertentu yang bisa membuat orang lebih rileks. Dengan begitu, kualitas tidur pun meningkat.

4. Mencegah penumpukan gas di perut

Rasa tidak nyaman di perut bisa terjadi karena masuk angin. Salah satu manfaat daun dil yaitu membantu membuang gas berlebih dalam perut.

Gas yang menumpuk tentu membuat perut terasa tidak nyaman. Apabila tidak dikeluarkan dengan segara, tentu akan semakin berbahaya. Hal ini bisa menyebabkan terjadinya tekanan pada organ di rongga dada.

5. Menjaga kesehatan dan kekuatan tulang

Kesehatan dan kekuatan tulang tentu identik dengan makanan dan minuman yang kaya akan kalsium, misalnya seperti susu. Tidak hanya susu, kamu pun bisa mendapatkan sumber kalsium dari jenis pangan lainnya, misalnya daun dill.

Daun dill dipercaya memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi. Kandungan ini sangat penting untuk membantu melindungi tulang dari pengeroposan dan mengembalikan kepadatan mineral tulang yang hilang karena faktor usia.

Untuk anak di masa pertumbuhan, kalsium juga penting untuk membantu perkembangan tulang mereka dan mempercepat proses penyembuhan akibat patah atau kerusakan tulang.

Ingin merasakan manfaat daun dill ini? Kamu bisa membeli daun dill di Sayurbox, yuk, cek produknya sekarang dengan klik tombol “Belanja” di bawah ini!

6. Meningkatkan sistem imun tubuh

Sistem imun berperan sebagai penangkal serangan virus dan bakteri penyebab penyakit. Di saat musim penghujan seperti ini, kondisi imun tubuh kerap menurun dan mudah terserang penyakit seperti flu.

Nah, untuk mencegah terjadinya hal tersebut, kamu bisa mengonsumsi daun dill. Daun ini juga dipercaya bisa mencegah serangan infeksi yang diakibatkan mikroba sekaligus penyebaran infeksinya.

7. Menyembuhkan diare

Diare merupakan gangguan pencernaan yang membuat penderita mengalami intensitas buang air besar yang cukup sering. Penyebabnya sendiri bisa disebabkan karena dua hal, yaitu terjadinya gangguan pencernaan atau serangan mikroba.

Ternyata, daun ini bisa lho dikonsumsi sebagai pereda diare yang diakibatkan gangguan pencernaan. Perannya tersebut tidak lain dikarenakan daun dill mengandung monoterpen dan flavonoid.

Kedua kandungan tersebut bersifat bakterisida, sehingga bisa menyembuhkan diare dan di saat yang sama juga membantu menghambat infeksi yang diakibatkan mikroba.

8. Mengatasi disentri (infeksi jamur)

Disentri bisa muncul karena tubuh terinfeksi jamur. Ternyata, manfaat daun dill tidak hanya ampuh untuk menekan infeksi yang diakibatkan mikroba saja, tapi juga infeksi karena jamur. Bahkan, perannya sebagai penghambat dan penekan infeksi jamur terbilang ampuh.

9. Mencegah kanker

Kanker merupakan penyakit yang sangat ditakuti. Meski begitu, bukan berarti penyakit ini tidak bisa kita hindari akan kemunculan dan risikonya.

Nah, salah satu kandungan dalam daun dill, yaitu monoterpen, dipercaya sebagai chemopreventive alami yang mampu mengaktifkan sekresi enzim yang disebut glutathione.

Senyawa tersebut merupakan antioksidan efektif yang berperan sebagai penetral karsinogen. Tentu saja hal itu penting sebagai penetralisir radikal bebas penyebab munculnya sel kanker.

10. Mengatasi gangguan pernafasan

Kaempferol, flavonoid, dan monoterpen dalam daun dill dipercaya mengandung sifat antikongestif dan antihistamin. Kedua kandungan tersebut berfungsi sebagai pembersih sistem pernapasan dari penyumbatan yang diakibatkan alergi atau gejala batuk.

Nah, itulah 10 manfaat daun untuk kesehatan. Bagi masyarakat Indonesia, daun ini memang terbilang asing. Namun, di tempat asalnya, yaitu Eropa, daun ini memiliki manfaat yang beragam. Apalagi, kandungan antioksidan, vitamin, dan mineral di dalamnya memiliki segudang manfaat yang bisa menjaga kesehatan tubuh dan untuk menyembuhkan beberapa penyakit. Bagi kamu yang penasaran, kamu bisa membeli daun dill yang satu ini di Sayurbox, lho. Yuk, cek produknya sekarang, ya!

(Siti Kamilla)

Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2022, Sayurbox