5 Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan Tubuh, Wajib Konsumsi

Cuka apel atau apple cider vinegar merupakan hasil fermentasi buah apel yang sudah dihancurkan. Tampak sepele, nyatanya cuka apel punya begitu banyak manfaat bagi tubuh. Di dalamnya ada banyak kandungan zat penting seperti asam asetat, katekin, asam folat, kalium, fosfor, biotin, dan beragam vitamin. Berikut adalah 5 manfaat cuka apel bagi kesehatan tubuh jika dikonsumsi secara rutin.
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/06/Manfaat-cuka-apel-595x335.jpg

1. Menurunkan Gula Darah

Bagi penderita diabetes, konsumsi cuka apel sangat direkomendasikan. Cuka apel bisa membantu menurunkan kadar gula darah secara efektif. Bahan ini terbukti efektif memperlambat pelepasan glukosa dari makanan menuju aliran darah. Jika proses tersebut melambat maka bisa disimpulkan bahwa kadar gula darah juga akan lebih terkontrol dan hal ini sangat baik bagi penderita diabetes.
Berdasarkan data dari Journal of Advanced Nursing, cuka apel ini juga efektif menurunkan gula darah saat puasa. Selain itu cuka apel juga akan menurunkan HbA1c. Jika HbA1c, menurun artinya kadar gula darah stabil. Jika kondisi stabil ini bisa terus bertahan untuk jangka waktu lama maka akan sangat baik bagi kesehatan.

2. Memelihara Kesehatan Jantung

Cuka apel juga diketahui baik untuk kesehatan jantung, lho! Saat dikonsumsi secara rutin, bahan ini terbukti bisa membuat kadar lemak dalam tubuh jadi lebih terkontrol. Jika kadar lemak terkontrol maka kerja jantung dan aliran darah bisa berjalan dengan lancar. Fungsi jantung untuk memompa darah dapat berjalan optimal tanpa kendala penyumbatan lemak.
Selain itu, cuka apel juga efektif menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Manfaat ini diberikan berkat adanya kandungan asam asetat pada cuka apel. Rendahnya kadar kolesterol akan meminimalkan risiko kerusakan organ khususnya jantung. Dengan begitu fungsi jantung selalu optimal dan tubuh juga terhindar dari penumpukan lemak.

3. Mengobati Masalah Pencernaan

Tidak hanya memelihara kesehatan jantung, cuka apel juga bisa menjaga organ pencernaan tetap sehat. Salah satu manfaat cuka apel adalah mengobati berbagai masalah saluran cerna seperti diare dan sembelit. Cuka apel akan membuat penyerapan karbohidrat jadi lebih terbatas. Dengan begitu sebagian karbohidrat akan masuk ke usus dan menjadi makanan untuk bakteri baik di sana.
Cuka apel yang belum disaring juga mengandung probiotik yang cukup tinggi. Probiotik ini sangat penting dan bermanfaat untuk sistem pencernaan. Itulah mengapa cuka apel bisa membantu memperlancar BAB. Tak hanya itu, cuka apel juga mengandung zat yang bisa melawan bakteri penyebab diare sehingga BAB kembali normal seperti semula.

4. Menurunkan Berat Badan

Nah, bagi mereka yang ingin diet dan mendapatkan berat badan ideal, cuka apel juga sangat direkomendasikan. Sebelumnya telah disinggung bahwa cuka apel sangat efektif mencegah munculnya timbunan lemak. Namun tak hanya itu karena cuka apel ternyata juga efektif mempercepat pembakaran pada tubuh. Di dalamnya terdapat enzim AMPK yang akan membakar lemak serta mempercepat proses metabolisme.

5. Mengobati Psoriasis

Cuka apel juga diketahui efektif mengobati masalah psoriasis. Ini merupakan jenis penyakit kulit yang bisa memicu kulit bersisik, terkelupas, dan gatal. Cuka apel mengandung zat-zat yang bersifat antiseptik sehingga dapat menurunkan risiko iritasi dan rasa gatal pada penderita psoriasis. Banyak orang telah membuktikan sendiri cuka apel sangat bermanfaat untuk mempercepat proses penyembuhan psoriasis.
Ternyata ada begitu banyak manfaat cuka apel bagi kesehatan, ya! Pastikan untuk memilih cuka apel yang berkualitas agar bisa memberi manfaat yang optimal. Perlu diingat bahwa cuka apel memiliki sifat asam yang mungkin berbahaya bagi gigi dan kerongkongan. Jadi sangat dianjurkan untuk mengonsumsi cuka apel dengan melarutkannya terlebih dahulu ke dalam air memakai perbandingan 1:10.