Ini 10 Manfaat Bunga Telang yang Baik untuk Kesehatan dan Kecantikan

Bunga yang satu ini memang identik dengan warna birunya yang cerah. Di balik tampilannya yang cantik, siapa sangka bunga telang memiliki beragam manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Umumnya, bunga telang digunakan untuk memperindah tampilan hidangan, namun banyak pula yang mengolahnya sebagai bahan campuran untuk teh. Dari segi kandungan, bunga telang memiliki kandungan antioksidan, peptida, dan flavonoid yang cukup kaya. Maka tak heran, bunga ini kerap digunakan untuk membuat produk-produk kecantikan, seperti untuk perawatan kulit dan rambut. Untuk mengenal lebih jauh bunga yang satu ini, berikut ini adalah 10 manfaat bunga telang yang baik untuk kesehatan dan kecantikan.

Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan dan Kecantikan

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2017/03/butterfly-pea-545016_1920-595x367.jpg
Manfaat Bunga Telang yang Baik untuk Kesehatan dan Kecantikan

1. Sebagai sumber antioksidan

Antioksidan berperan penting untuk membantu mengelola stres oksidatif dalam sistem biologis seseorang. Peran antioksidan lainnya yaitu sebagai penangkal radikal bebas, penghambat enzim oksidatif, dan sebagai kofaktor enzim antioksidan.
Nah, salah satu kandungan penting yang ada dalam bunga ini yaitu antioksidan. Tingginya kandungan tersebut dalam bunga ini bahkan melebihi buah ardisia colorata dan buah jamblang. Di antara beberapa bunga dengan kandungan sejenis, bunga telang mendapat predikat sebagai bunga yang memiliki aktivitas antioksidan paling tinggi.
Dalam sebuah penelitian yang dilakukan, ekstrak yang terdapat pada bunga telang mampu menekan kerusakan oksidatif. Maka tak heran, ekstrak bunga ini kerap digunakan pada produk-produk kecantikan, khususnya untuk melindungi sel-sel kulit dari tekanan oksidatif.

2. Menekan risiko diabetes

Diabetes mellitus merupakan penyakit yang diakibatkan karena terjadinya gangguan metabolik, yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah (hiperglikemia) dan terjadinya gangguan metabolisme lipoprotein (dislipidemia).
Terkait dengan itu, ekstrak bunga telang bisa menjadi solusi dalam menurunkan gangguan tersebut. Hal ini telah dibuktikan melalui penelitian yang dilakukan pada seekor tikus, dimana efek hipoglikemia dalam bunga ini mampu menurunkan glukosa serum dan glikosilasi hemoglobin di dalam tubuhnya.

3. Mencegah terjadinya obesitas

Berat badan yang terus meningkat, memang harus diwaspadai. Naiknya berat badan atau yang dikenal dengan sebutan obesitas, berpotensi menjadi awal munculnya berbagai penyakit berbahaya.
Obesitas sendiri terjadi akibat indeks massa tubuh yang berlebih. Untuk membantu menekan dan mengontrol kondisi itu, ekstrak bunga telang bisa dimanfaatkan untuk tujuan tersebut.
Obesitas berkaitan dengan pembentukan jaringan lemak dalam tubuh. Peran bunga telang sendiri yaitu untuk menghambat adipogenesis, yaitu proses pembentukan jaringan lemak penyebab obesitas.

4. Berperan sebagai antikanker

Tidak hanya sebagai antioksidan, bunga telang juga memiliki kandungan lain yang tidak kalah pentingnya, yaitu zat antikanker. Aktivitas antiproliferasi dalam ekstrak bunga ini telah dikemukakan oleh Neda et al pada International Food Research Journal. Lebih lanjut, ekstrak air bunga telang dianggap memiliki potensi yang baik dalam menghambat lini sel kanker payudara MCF-7.
Tidak hanya sel kanker payudara, kandungan tersebut juga berpotensi sebagai antikanker untuk lini sel kanker ovarium, serviks, hati, dan kelamin pria. Ekstrak metanol pada bunga ini juga memiliki manfaat sejenis, yaitu menekan angiogenesis, yang menjadi penyebab terbentuknya pembuluh darah baru oleh sel kanker.

5. Berperan sebagai antiinflamasi

Sifat antiinflamasi dan analgesik dalam bunga telang berperan baik untuk menekan dan menghilangkan rangsangan berbahaya, seperti terjadinya kerusakan sel, iritasi, patogen, dan membantu memulai proses penyembuhan.
Pada dasarnya, antiinflamasi merupakan kandungan yang penting untuk membantu mengurangi efek peradangan. Di satu sisi, kandungan ini juga berperan sebagai analgesik, yang membantu memengaruhi sistem saraf untuk menghambat sinyal nyeri ke otak.
Luar biasanya lagi, aktivitas inflamasi dari ekstrak etanol pada bunga ini menunjukkan manfaat yang sama, bahkan setara dengan fungsi aspirin. Fungsi tersebut tidak lain yaitu untuk meredakan terjadinya peradangan dan melindungi tubuh dari penyakit peradangan kronis.
Kamu ingin merasakan manfaat bunga telang? Kini kamu bisa membeli bunga telang segar langsung di Sayurbox. Yuk, klik tombol “Belanja” di bawah ini!

6. Mengatasi gejala asma

Di India, bunga telang kerap digunakan sebagai bahan tradisional untuk mengobati asma dan batuk. Beberapa penelitian dan studi yang dilakukan juga menunjukkan hasil yang positif. Potensi bunga telang sebagai terapi alternatif asma, khususnya gangguan asma yang diinduksi oleh alergi pun kini mulai dikembangkan lebih jauh agar hasilnya bisa lebih maksimal.

7. Berperan sebagai antimikroorganisme

Manfaat lain dari bunga telang yaitu sebagai penekan aktivitas antimikroorganisme dalam tubuh, mulai dari bakteri gram positif, bakteri gram negatif, hingga fungi. Sifat tersebut berperan sebagai penghambat pertumbuhan tiga bakteri patogen, seperti bakteri bacillus subtilis, staphylococcus aureus, dan escherichia coli.

8. Mencegah terjadinya kerusakan hati

Hati merupakan organ vital yang berfungsi memfilter racun dalam tubuh. Salah satu manfaat ekstrak bunga telang yaitu membantu mencegah terjadi kerusakan hati, atau yang disebut dengan efek hepatoprotektif. Manfaat ini telah dilaporkan oleh Nithyanantha, dalam Asian Pacific Journal of Tropical Disease.
Kala itu, penelitian dilakukan pada seekor tikus, dimana hasilnya menunjukkan jika ekstrak bunga telang bisa menekan terjadi kerusakan hati pada hewan tersebut. Lebih lanjut, tikus itu juga mengalami penurunan kadar keempat senyawa indikator penyebab kerusakan hati.

9. Meningkatkan kekebalan tubuh

Sistem kekebalan tubuh atau yang juga dikenal dengan imun merupakan bentuk perlindungan tubuh dari serangan virus dan bakteri penyebab penyakit. Rentannya sistem kekebalan tubuh seseorang, membuatnya mudah terserang flu, pilek, batuk, dan infeksi lainnya.
Nah, salah satu manfaat bunga ini yaitu membantu menguatkan proteksi tersebut, sehingga proses metabolisme dalam tubuh lebih maksimal. Manfaat lain dari metabolisme yang lancar, yaitu membantu pembakaran kalori dan meningkatkan hormon pembakaran lemak. Pada akhirnya, tubuh pun akan terhindar dari gangguan obesitas.

10. Membantu menstabilkan tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi tentu berbahaya karena berpotensi memunculkan penyakit kronis lainnya. Untuk terhindar dari gangguan ini, solusinya adalah menjaga dan mengontrol tekanan darah tetap stabil. Penyebab tekanan darah yang meningkat bisa diakibatkan berbagai hal. Salah satunya stres dan emosi yang tidak terkendali.
Kontrol ini bisa dilakukan dengan manfaat bunga telang. Bunga ini dikenal baik untuk mengatasi stres berkat kandungan adaptogenik di dalamnya. Stres yang terkontrol sangat efektif untuk menjaga tekanan darah tinggi seseorang. Bahkan, kandungan ansiolitik dalam bunga ini juga dikenal ampuh mengatasi depresi.
Nah, itulah 10 manfaat bunga telang yang baik untuk kesehatan dan kecantikan. Di balik cantiknya bunga ini, ternyata menyimpan banyak manfaat yang tidak terduga, ya! Kalau kamu ingin merasakan manfaat dari bunga yang satu ini, kamu bisa membeli bunga telang di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!
(Siti Kamilla)