5 Manfaat Beras Merah yang Sangat Baik bagi Kesehatan

Beras merah menjadi salah satu varian karbohidrat yang bisa jadi pilihan saat menerapkan pola makan sehat. Jenis beras ini diketahui memiliki nutrisi dan serat yang lebih tinggi dibandingkan beras putih. Selain itu karbohidrat ini juga punya kadar kalori yang lebih rendah dan bebas gluten. Yuk, simak apa saja sih manfaat beras merah bagi kesehatan tubuh!
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/05/manfaat-beras-merah-595x335.jpg

1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Konsumsi beras merah diketahui efektif untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Beras merah ini mengandung serat yang cukup tinggi. Serat merupakan salah satu jenis nutrisi yang efektif mengurangi penyerapan kolesterol di aliran darah. Jika hal ini terjadi maka secara otomatis kadar kolesterol akan menurun dan ini bagus untuk kesehatan jantung atau kardiovaskular.
Beras putih juga mengandung serat namun kadarnya tidak lebih tinggi daripada serat pada beras merah. Itulah mengapa konsumsi beras merah dianggap lebih efektif untuk menurunkan kolesterol dibandingkan beras putih. Tak heran jika jenis beras ini sangat sering dikonsumsi saat ingin menerapkan pola hidup yang lebih sehat.

2. Menurunkan Kadar Gula Darah

Tak hanya kolesterol, beras merah juga diketahui bisa menurunkan kadar gula darah. Kadar gula darah dalam tubuh bisa meningkat jika pola makan tidak dijaga dengan baik. Konsumsi nasi putih sebagai salah satu karbohidrat utama juga dianggap sebagai salah satu penyebab kadar gula dalam darah tetap tinggi. Supaya lebih aman maka lebih disarankan untuk mengganti beras putih dengan beras merah.
Beras merah juga tercatat punya indeks glikemik yang lebih rendah. Itulah mengapa jenis beras ini sangat direkomendasikan bagi penderita diabetes. Seringkali penderita diabetes kesulitan mencari sumber karbohidrat yang aman untuk dikonsumsi. Demi memenuhi kebutuhan karbohidrat pada tubuh, orang dengan diabetes bisa mengonsumsi beras merah daripada beras putih.

3. Menangkal Radikal Bebas

Beras merah memiliki kandungan antosianin yang merupakan antioksidan kuat. Zat inilah yang kemudian akan bekerja menangkal radikal bebas di dalam tubuh. Penting dicatat kalau radikal bebas di dalam tubuh bisa memberi berbagai dampak negatif. Mulai dari stres, kerusakan sel dan jaringan, peradangan, dan lain sebagainya.
Sifat antioksidan dalam beras merah juga ditemui dari kandungan flavonoid yang ada di dalamnya. Flavonoid ini bisa bekerja lebih aktif melawan efek buruk radikal bebas yang ada pada tubuh. Itulah mengapa konsumsi beras merah secara rutin sangat membantu tubuh jadi lebih sehat dan bugar.

4. Memelihara Kesehatan Kulit

Manfaat beras merah berikutnya adalah memelihara kesehatan kulit. Ada sebuah penelitian dari Brazilian Society of Dermatology yang menyebutkan bahwa antioksidan adalah zat yang efektif menjaga kesehatan kulit. Nah, di poin sebelumnya sudah dibahas kalau beras merah mengandung antioksidan yang kuat. Itulah mengapa jenis beras ini dinilai bagus untuk merawat kondisi kesehatan kulit.

5. Memelihara Kesehatan Tulang

Tidak hanya kulit, kesehatan tulang juga bisa lebih terjaga berkat konsumsi beras merah secara rutin. Beras merah ini mengandung magnesium yang cukup tinggi. Magnesium itu sendiri diketahui merupakan zat gizi penting yang dapat menjaga kesehatan dan kekuatan tulang. Saat kadar magnesium yang masuk ke tubuh terlalu rendah maka risiko osteoporosis bisa jadi lebih besar.
Manfaat beras merah bagi kesehatan ternyata begitu beragam. Konsumsi beras merah bisa menjadi solusi tepat untuk menjaga tubuh tetap sehat. Karbohidrat ini juga cocok untuk dimakan dengan berbagai jenis lauk. Jangan lupa, imbangi juga dengan pola hidup sehat lain yang akan mendukung tubuh semakin bugar bebas dari berbagai jenis penyakit!