Bantu Lancarkan Pencernaan, Ini 5 Manfaat Bayam Merah

Tahukah Sayurfriends kalau selain berwarna hijau, bayam pun ternyata ada yang berwarna merah? Bayam merah yang memiliki nama latin Amaranthus dubius ini juga memiliki ciri khas berupa warna merah baik pada daunnya dan juga batangnya. Layaknya bayam hijau, bayam merah pun punya segudang manfaat bagi kesehatan. Yuk simak manfaat bayam merah tersebut berikut ini.
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/05/manfaat-bayam-merah-595x335.jpg

1. Bantu Lancarkan Pencernaan

Bayam merah merupakan sayuran yang bisa Sayurfriends andalkan untuk melancarkan proses pencernaan. Pasalnya, bayam merah kaya akan kandungan berupa serat. Asupan serat akan mendukung pergerakan usus dalam mencerna makan, meningkatkan kesehatan usus besar, serta melancarkan proses pencernaaan secara keseluruhan.
Tak hanya itu saja, pengonsumsian bayam merah juga bisa diandalkan untuk mencegah terjadinya konstipasi, dengan cara melunakkan feses sehingga buang air besar pun menjadi lancar. Saat Sayurfriends mengalami konstipasi atau sulit buang besar, konsumsilah bayam merah untuk mengatasinya.

2. Mencegah dan Mengatasi Anemia

Anemia merupakan kondisi yang ditandai dengan level sel darah merah yang rendah di dalam tubuh. Salah satu penyebabnya adalah karena tak tercukupinya asupan zat besi yang dibutuhkan oleh tubuh. Agar asupan zat besi bisa terpenuhi dengan baik, Sayurfriends bisa konsumsi bayam merah yang memang kaya akan kandungan zat besi tersebut.

3. Meningkatkan Kualitas Penglihatan

Manfaat bayam merah selanjutnya adalah membantu meningkatkan kualitas penglihatan. Bayam merah kaya akan vitamin C yang memang diketahui bisa membantu meningkatkan kualitas penglihatan, serta mengatasi masalah kesehatan lainnya yang berkaitan dengan penglihatan. Bayam merah juga mengandung banyak nutrisi yang bagus untuk menguatkan saraf optik.

4. Mempertebal Rambut

Bayam merah juga bisa Sayurfriends andalkan untuk mempertebal rambut, loh! Pasalnya, bayam merah kaya akan kandungan mineral dan vitamin, yang bisa meningkatkan kesehatan folikel rambut, pori tempat tumbuhnya rambut. Alhasil, rambut pun bisa jadi tumbuh sehat, kuat, dan lebat tentunya.
Memanfaatkan bayam merah untuk mempertebal rambut ini terbilang simpel kok. Sayurfriends cukup haluskan 1 cup bayam merah dengan tambahan berupa satu sendok makan madu dan satu sendok makan minyak zaitun, kemudian haluskan. Setelah teksturnya menjadi kental, oleskan secara menyeluruh ke helaian rambut dan kulit kepala, biarkan mengering lalu bilas sampai bersih.

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Bagi Sayurfriends yang sedang dalam proses menurunkan berat badan, bayam merah bisa menjadi salah satu menu makanan untuk dikonsumsi saat diet tersebut. Hal ini disebabkan karena bayam merah mengandung protein yang berguna untuk mengurangi level insulin dalam darah, serta melepas banyak hormon yang bisa mengontrol rasa lapar.
Tak hanya itu saja, kandungan serat yang tinggi pada bayam merah juga akan membuat rasa kenyang bertahan lebih lama. Alhasil, rasa lapar tak akan sering muncul, karena perut masih merasa penuh. Sajikan ragam olahan bayam merah sebagai menu diet, agar Sayurfriends tak merasa bosan menyantapnya.
Tak kalah dari bayam hijau, bayam merah pun punya segudang manfaat bagi kesehatan. Adapun manfaat bayam merah itu seperti melancarkan pencernaan, mempertebal dan menyehatkan rambut, meningkatkan kualitas penglihatan, menurunkan berat badan, serta mengatasi anemia. Melimpahnya manfaatnya ini membuat Sayurfriends tak perlu pikir dua kali untuk stok sebanyak-banyaknya di rumah.
Beli sayuran segar dan berkualitas hanya di Sayurbox. Mau sayur apa saja, pasti ada. Selain itu, ada banyak potongan harga lho bahkan sampai setengah harga alias 50%. Sehat dan hemat sekaligus.