6 Manfaat Air Kelapa untuk Kecantikan, Bikin Kulit Jadi Glowing!

Menjaga kecantikan kulit tak melulu harus pakai produk skincare yang banyak dijual di luar sana. Ada banyak bahan alami yang bisa digunakan untuk kecantikan, di antaranya adalah air kelapa. Air kelapa yang dikenal sebagai penghilang dahaga ini, memang kaya akan kandungan baik untuk kecantikan. Yuk simak manfaat air kelapa untuk kecantikan di bawah ini.
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/06/manfaat-air-kelapa-595x335.jpg

1. Menutrisi dan Melembapkan Kulit

Bagi Sayurfriends yang memiliki kulit yang kering dan sensitif, air kelapa bisa dimanfaatkan untuk menutrisi dan melembapkannya. Air kelapa memiliki kandungan berupa gula, asam amino, dan elektrolit yang tinggi, di mana kandungannya ini akan membantu menenangkan, melembapkan dan menutrisi kulit yang kering dan sensitif saat diaplikasikan di permukaan kulit.

2. Membantu Meredakan dan Mencegah Jerawat

Berdasarkan penelitian, air kelapa diketahui memiliki sifat antimikroba, sehingga akan bermanfaat dalam hal mengatasi jerawat. Manfaatnya untuk mengatasi jerawat ini akan semakin optimal dirasakan dengan mencampurkannya dengan bahan lain, misalnya seperti kunyit, untuk kemudian dijadikan sebagai masker wajah dengan tipe acneprone atau berjerawat.
Selain untuk mengatasi jerawat, pemanfaatan air kelapa juga bisa bermanfaat untuk mencegah munculnya jerawat, dengan cara mengurangi produksi minyak berlebih di kulit wajah. Seperti yang Sayurfriends ketahui, minyak berlebih pada wajah justru menjadi salah satu pemicu munculnya jerawat. Dengan kondisi minyak yang seimbang, maka jerawat pun akan bisa dicegah.

3. Mencerahkan Kulit

Manfaat air kelapa selanjutnya adalah untuk mencerahkan kulit, sehingga kulit Sayurfriends jadi terlihat makin glowing. Air kelapa memiliki kandungan berupa vitamin C, yang merupakan pencerah alami bagi kulit. Kulit yang semula kusam dan tak bercahaya, akan bisa jadi lebih cerah dengan rutin memanfaatkan air kelapa ini.

4. Mengurangi Tanda-Tanda Penuaan pada Kulit

Kerutan, garis halus, dan noda hitam merupakan beberapa tanda penuaan pada kulit. Munculnya tanda penuaan ini tentu saja membuat sebagian orang merasa tak nyaman, apalagi jika tanda-tanda penuaan pada kulit tersebut muncul terlalu dini, sehingga membuat wajah jadi terlihat lebih tua dibandingkan dengan umur sendiri.
Sayurfriends yang merasa tak nyaman dengan munculnya tanda-tanda penuaan pada kulit ini bisa memanfaatkan air kelapa untuk mengurangi dan menyamarkannya. Air kelapa diketahui memiliki kandungan berupa sitokinin, nutrisi yang bisa memperlambat proses penuaan pada sel kulit. Alhasil, kulit wajah bisa tetap terlihat segar, lembut, dan bebas dari tanda-tanda penuaan.

5. Menghidrasi Kulit

Kulit yang kering dan kusam merupakan salah satu tanda kalau kulit sedang tak terhidrasi dengan baik. Nah, agar kulit bisa terhidrasi dengan baik sehingga jadi lembap dan cerah, gunakanlah air kelapa. Air kelapa kaya akan kandungan vitamin, mineral, nutrisi, serta antioksidan yang akan bisa menghidrasi kulit dari dalam, sehingga membuatnya jadi segar dan cerah.

6. Meningkatkan Elastisitas Kulit

Air kelapa juga bisa berguna untuk meningkatkan elastisitas kulit, loh! Kandungan vitamin C yang melimpah pada air kelapa, akan membantu proses produksi kolagen. Seperti yang Sayurfriends ketahui, keberadaan kolagen berhubungan langsung dengan elastisitas kulit. Alhasil, kulit yang elastis dan kencang pun akan bisa didapatkan.
Ada begitu banyak manfaat air kelapa bagi kecantikan, di antaranya adalah 6 manfaat yang disebutkan di atas. Manfaat dari air kelapa tersebut bisa Sayurfriends peroleh dengan cara mengonsumsinya ataupun dengan mengaplikasikannya ke wajah, misalnya sebagai masker atau face mist. Jadi, sudah siap tampil lebih cantik dengan pakai bahan alami satu ini?