Akhir-akhir ini sedang heboh Jakarta punya indeks kualitas udara mencapai 200an menurut AirVisual tergolong sangat tidak sehat. Hal ini bisa dikategorikan sebagai polusi udara, banyak pihak yang mulai melakukan aksi pencegahan dan pengurangan polusi udara ini. Yang bisa kita lakukan sejak dini adalah menjaga tubuh dengan mengkonsumsi makanan yang sehat.
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2019/08/sayurbox-makanan-menjaga-tubuh-dari-polusi-udara-unsplash-595x334.jpg
Source : Unsplash
Makanan yang bisa menjaga tubuh dari polusi udara adalah buah dan sayur yang tinggi nutrisi dan juga antioksidan. Tapi, sebelum kita cari tau makanan apa saja yuk kenali apa dampak dari polusi udara untuk tubuh kita.
Polusi udara adalah kontaminasi udara yang sehari-hari kita hirup. Polusi udara juga bisa berarti perubahan fisik, biologis, kimiawi terhadap udara di atmosfer. Penyebabnya bisa banyak hal, yang paling sederhana adalah gas berbahaya, debu dan asap masuk ke atmosfer.

Apa yang menyebabkan polusi udara?

1.
Pembakaran Bahan Bakar Fosil
Pabrik yang melakukan produksi menggunakan bahan bakar seperti batu bara, minyak bumi memberikan sumbangsih terbesar dalam polusi udara saat ini. Walaupun pabrik memberikan kita kebutuhan harian tapi penggunaan yang berlebih tidak baik bagi lingkungan.
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2019/08/sayurbox-makanan-menjaga-tubuh-dari-polusi-udara-unsplash2-595x335.jpg
Source : Unsplash
1.
Aktifitas Agrikultur
Penggunaan pestisida, insektisida untuk tanaman guna mengusir hama juga ternyata berperan dalam memberikan polusi udara. Untuk itu, mengkonsumsi tanaman organik dapat membantu mengurangi sumbangsih polusi udara.
1.
Kendaraan bermotor
Penggunaan kendaraan bermotor, dari pembakaran bahan bakarnya juga menimbulkan polusi udara. Entah kita sadari atau tidak, keseharian kita juga turut berpengaruh dalam sumbangsih polusi udara loh.
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2019/08/sayurbox-makanan-menjaga-tubuh-dari-polusi-udara-unsplash4-595x335.jpg
Source : Unsplash

Lalu apa bahayanya dari polusi udara?

Polusi udara ada disekeliling kita sehari-hari, sadar atau tidak kita menghirup udara yang bisa jadi kurang baik untuk kesehatan kita. Hal yang paling umum terjadi jika sudah sangat buruk kondisi udara adalah terganggunya proses pernafasan, bahkan anak kecil akan gampang terkena pneumonia atau asma. Selanjutnya yang paling berisiko adalah hujan asam, global warming, membahayakan ikan dan makhluk laut lainnya.
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2019/08/sayurbox-makanan-menjaga-tubuh-dari-polusi-udara-unsplash3-595x335.jpg
Source : Unsplash
Untuk melindungi tubuh kita dari polusi udara, ada beberapa hal yang dapat dilakukan yaitu dengan makanan yang dapat menjaga tubuh dari polusi udara. Kebanyakan makanan ini tinggi nutrisi dan antioksidan yang dapat berfungsi sebagai tameng tubuh.
Makanan untuk menjaga tubuh dari polusi udara setidaknya harus tinggi antioksidan dan vitamin C. Vitamin C dapat berperan untuk menjaga imunitas tubuh dari berbagai macam penyakit. Sedangkan antioksidan menjaga tubuh langsung dari polusi udara itu sendiri.

Berikut makanan yang dapat menjaga tubuh kita dari polusi udara :

1.
Alpukat
Alpukat tinggi vitamin E loh, menurut penelitian di King’s College vitamin E dapat membantu menangkal efek dari beberapa jenis polusi. Jadi mengkonsumsi alpukat langsung seperti buah pada umumnya atau dijadikan jus dapat membantu menjaga tubuh dari polusi udara.
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2019/08/sayurbox-makanan-menjaga-tubuh-dari-polusi-udara-unsplash8-595x335.jpg
Source : Unsplash
1.
Tomat
Makanan untuk menjaga tubuh dari polusi udara yang tinggi antioksidan adalah tomat. Tomat mengandung likopen, antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari sakit pernafasan.
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2019/08/sayurbox-makanan-menjaga-tubuh-dari-polusi-udara-unsplash9-595x335.jpg
1.
Jeruk & Lemon
Kandungan vitamin C yang terdapat dalam jeruk dan lemon adalah antioksidan paling kuat untuk tubuh kita. Juga mengkonsumsi jeruk atau lemon dapat membantu regenerasi vitamin E, semakin bertambah nutrisi dan antioksidan untuk tubuh.
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2019/08/sayurbox-makanan-menjaga-tubuh-dari-polusi-udara-unsplash5-595x335.jpg
Source : Unsplash
1.
Rempah-Rempah
Sudha tidak salah lagi salah satu makanan yang dapat melindungi tubuh dari polusi udara adalah rempah-rempah. Rempah yang biasa kita konsumsi dalam makanan sehari-hari kita juga berperan penting untuk melawan polusi udara karena tinggi vitamin E.
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2019/08/sayurbox-makanan-menjaga-tubuh-dari-polusi-udara-unsplash6-595x335.jpg
Source : Unsplash
1.
Selada
Selada tinggi akan beta-karotin, sebuah antioksidan yang dapat mengontrol inflamasi. Jadi mengkonsumsi selada segar juga dapat membantu menjaga tubuh dari polusi udara.
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2019/08/sayurbox-makanan-menjaga-tubuh-dari-polusi-udara-unsplash7-595x335.jpg
Source : Unsplash
Bagaimana cara mengkonsumsi makanan tersebut untuk menjaga tubuh dari polusi udara?
Yang paling sederhana adalah mengkonsumsinya selagi segar, seperti buah dapat langsung dikonsumsi begitu saja. Sayur dapat dijadikan campuran salad atau diolah ringan tanpa menurunkan kadar nutrisinya.
Mulailah jadikan buah sebagai cemilan sehat kalian, karena disadari atau tidak mengkonsumsi buah dalam jangka waktu panjang sangat berguna untuk tubuh termasuk menjadi tameng untuk polusi udara yang semakin memburuk.
Jangan lupa selalu gunakan masker saat beraktifitas dan konsumsi buah & sayur segar ya!