Makanan yang Banyak Tumbuh di NTT

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2017/04/safe_image.jpeg
Inilah sorghum… makanan yang banyak tumbuh di NTT, mudah mengolahnya loh tinggal di masak seperti nasi.  
Sorgum
 ini termasuk tanaman dari keluarga rumput-rumputan, masih satu keluarga dengan padi, jagung dan gandum.

Biji sorgum memiliki kandungan karborhidrat tinggi sehingga dimanfaatkan sebagai makanan pokok hampir diseluruh dunia. Namun sebagian besar produksi sorgum digunakan untuk pakan ternak. Tetapi, bagi dunia kesehatan sorgum merupakan tanaman yang banyak memiliki nutrisi yang baik bagi tubuh.Kandungan gulanya sangat rendah di banding nasi dan sorghum ini ternyata gluten free. Baru tau ini ada di tanam di indonesia!

Tanaman sorgum ini tumbuh tegak dan pada beberapa variasinya bisa tumbuh hingga 5 meter. Bentuk daunnya panjang dan ujung daunya meruncing. Jika dilihat sekilas dari bentuk tanamannya sangat mirip dengan jagung.

Berikut ini beberapa manfaat sorgum untuk kesehatan:

KESEHATAN PENCERNAAN

Sepertinya kebanyakan makanan sehat, sorgum juga mengandung serat yang berfungsi meningkatkan sistem pencernaan. Satu porsi tunggal sorgum mengandung 48% dari asupan harian yang direkomendasikan untuk mengkonsumsi serat.

Hal ini berarti saluran pencernaan akan menyimpan makanan dan mencerna dengan cepat, sehingga dapat mencegah hal-hal seperti kram, kembung, sembelit, sakit perut, kelebihan gas, dan diare.

KESEHATAN JANTUNG

Jumlah serat yang diperoleh dari mengkonsumsi sorgum akan membantu tubuh untuk mengikis kolesterol berbahaya (LDL), sehingga akan meningkatkan kesehatan jantung dan melindungi tubuh dari kondisi seperti aterosklerosis, serangan jantung, dan stroke.

MENCEGAH KANKER

Lapisan butir sorgum mengandung antioksidan penting yang tidak ditemukan di banyak jenis makanan lain. Dibandingkan dengan gandum dan jagung, antioksidan dalam sorgum ini lebih efektif mengurangi pertumbuhan berbagai jenis kanker, termasuk kanker kerongkongan.

MENGONTROL DIABETES

Sorgum memiliki enzim yang dapat menghambat penyerapan pati oleh tubuh, membantu mengatur insulin dan dapat mengatur kadar glukosa dalam tubuh. Oleh karena itu, penderita diabetes tidak akan mengalami peningkatan kadar glukosa, sehingga akan mencegah shock diabetes dan komplikasi kesehatan lainnya.

KESEHATAN TULANG

Magnesium tinggi yang terdapat dalam sorgum akan meningkatkan penyerapan kalsium dalam tubuh. Mineral ini juga bermanfaat untuk meningkatkan pertumbuhan jaringan tulang dan mempercepat penyembuhan tulang yang rusak atau mengalami penuaan. Sehingga, sorgum juga dapat bermanfaat untuk mencegah kondisi seperti osteoporosis dan arthritis.

PERKEMBANGAN SEL DARAH MERAH

Sorgum juga mengandung tembaga, dimana tembaga ini dapat membantu meningkatkan penyerapan zat besi ke dalam tubuh. Hal inilah yang akan menurunkan risiko terkena anemia. Dengan tercukupinya zat besi dan tembaga dalam sistem tubuh, maka akan meningkatkan perkembangan sel darah merah.

Perkembangan sel darah merah ini juga akan meningkatkan sirkulasi darah, merangsang dan memperbaiki pertumbuhan sel, serta meningkatkan pertumbuhan rambut dari kulit kepala.

Jadi udah tau kan manfaat sorgum. ini tumbuh loh di negara kita Indonesia, sorgum ini makanan yang banyak tumbuh di NTT. Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa tanaman sorgum memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat sorgum untuk kesehatan.

Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2022, Sayurbox