Alasan Celery Stick Juice Populer dan 5 Manfaatnya Untuk kesehatan

Celery Stick Juice yang sangat populer di Luar Negri dan di Indonesia. Beberapa influencer sampai selebriti pun mempopulerkan gaya hidup meminum Celery Stick Juice ini. Ada apa dengan fenomena ini dan seperti apa manfaat sebenarnya meminum Jus Celery Stick? Agar kamu tidak penasara, yuk, simak ini alasan celery stick juice populer dan manfaatnya untuk kesehatan
Mengkonsumsi Jus Seledri Batang pertama kali dipopulerkan oleh Anthony William lewat Medical Medium. Anthony sendiri memperkenalkan jus seledri ini sebagai movement untuk healing remedy. Meminum jus seledri batang adalah untuk kebutuhan menyebuhkan penyakit. Anthony sendiri terinspirasi dari kebiasaannya meminum Jus Seledri Batang sejak tahun 1975 dan menurutnya mengkonsumsi Jus Seledri Batang jika dilakukan dengan benar dapat menyembuhkan banyak penyakit.

Ini alasan celery stick juice populer dan manfaatnya untuk kesehatan

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2019/03/soup-greens-869075_1920-595x397.jpg
Alasan celery stick juice populer. (Foto: Pixabay)
Seledri Batang biasanya memiliki batang yang cukup besar, makanya yang digunakan sebagai jus adalah batangnya. Pasalnya batang seledri ini lah yang memberikan banyak manfaat. Seledri Batang sendiri sudah teruji nutrisinya, salah satunya sebagai anti-inflamasi dan juga tingkat antioksidan yang tinggi karena nutrisi fenoliknya yang mampu melindungi sel tubuh kita dari hal-hal yang berbahaya. Selain itu ada juga kandungan vitamin C dan flavonoid yang tidak perlu diragukan lagi manfaatnya. Yuk, cari tahu manfaat celery stick juice berikut ini:

1. Menurunkan kadar kolesterol

Salah satu manfaat mengonsumsi sayuran hijau yaitu dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Begitu juga jika kamu mengonsumsi celery stick juice.
Kandungan senyawa 3-N-butylphthalide yang ada di dalamnya mampu menurunkan kadar lemak dalam darah. Jika kamu rutin mengonsumsinya, maka kadar kolesterol jahat atau HDL dan trigliserida dalam tubuh dapat menurun dan tubuh kamu juga akan terasa lebih sehat.

2. Meringankan nyeri sendi

Seledri juga kerap dimanfaatkan sebagai obat meringankan gejala nyeri sendi. Kandungan antiinflamasi yang ada di daunnya diyakini mampu membantu meringankan gejala sakit pada radang sendi dan rematik. Selain senyawa 3-N-butylphthalide, kandungan pada batang seledri juga dipercaya sebagai obat diuretik untuk mengatasi asam urat.

3. Menurunkan tekanan darah

Rutin mengonsumsi celery stick juice juga bisa membantu menurunkan tekanan darah dan menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Hal tersebut tentunya berkat kandungan kalium yang ada di dalamnya. Seperti yang kamu ketahui, kolesterol dan tekanan darah tinggi merupakan faktor utama risiko timbulnya penyakit kardiovaskular.

4. Melancarkan sistem pencernaan

Makanan dengan kandungan serat dan antioksidan yang tinggi dipercaya dapat membantu meningkatkan sistem pencernaan. Untuk menjaga sistem pencernaan tetap lancar, kamu bisa mengonsumsi jus yang satu ini secara rutin.
Celery stick juice dipercaya mampu meredakan kembung, meningkatkan sirkulasi darah pada usus, serta mencegah penyakit ulkus dengan cara meningkatkan produksi mukus.

5. Sumber antioksidan

Pola hidup yang tidak sehat serta polusi udara yang terus memburuk tentunya membuat tubuh dapat terserang radikal bebas. Untuk itu, kamu membutuhkan antioksidan untuk menangkalnya. Salah satu sumber utama untuk mendapatkan antioksidan yang baik yaitu dengan mengonsumsi buah-buahan dan sayuran.
Seledri sangat cocok menjadi salah satu sumber antioksidan bagi tubuh karena kaya vitamin C, beta karoten, flavonoid, dan senyawa antioksidan lainnya.

Ini cara membuat celery stick juice

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2019/03/green-juice-769129_1920-595x397.jpg
Cara membuat celery stick juice. (Foto: Pixabay)

1. Membuat celery stick juice dengan menggunakan juicer

Alat dan bahan:
·
Pisau
·
Talenan
·
Juicer
·
Gelas
·
1-2 ikat seledri
·
Air dan gula (secukupnya)
·
Tambahan buah lainnya (sesuai selera)
Cara membuat:
·
Siapkan 1-2 ikat seledri, lalu potong pangkal batang dan daunnya. Letakkan seledri pada talenan.
·
Bilas masing-masing batang seledri agar kamu bisa membersihkannya secara menyeluruh.
·
Cuci masing-masing batang seledri di bawah air mengalir dan gosokkan jari di seluruh bagian seledri untuk menghilangkan kotoran. Lakukan pada setiap batang seledri dan pastikan semuanya telah benar-benar bersih.
·
Jika sudah dibersihkan, masukkan satu per satu batang seledri melalui tabung pengisi pada juicer.
·
Nyalakan juicer dan masukkan satu per satu batang seledri lainnya ke dalam tabung pengisi.
·
Dorong batang seledri secara perlahan pada juicer, dan ulangi langkah ini untuk masing-masing batang seledri.
·
Apabila juicer tidak mempunyai wadah bawaan, tempatkan gelas di bawah moncong sebelum kamu menggunakan juicer untuk membuat jus seledri ini.
·
Tuang jus seledri ke dalam gelas dan sajikan jus dengan segera.
·
Apabila kamu tidak bisa menghabiskan semuanya dalam satu waktu, simpan sisa jus ke dalam wadah yang tertutup rapat, lalu masukkan ke dalam kulkas hingga maksimal 24 jam. Wadah yang ideal adalah stoples kaca.

2. Membuat celery stick juice dengan menggunakan blender

Alat dan bahan:
·
Pisau
·
Talenan
·
Blender
·
Saringan
·
Gelas
·
1-2 ikat seledri
·
Air dan gula (secukupnya)
·
Tambahan buah lainnya (sesuai selera)
Cara membuat:
·
Siapkan 1-2 ikat seledri dan potong dalam ukuran 2,5 cm.
·
Untuk membuat satu porsi jus dengan blender, kamu memerlukan seledri sebanyak dua kali lipat ikat seledri dibanding menggunakan juicer. Hal ini dikarenakan kamu akan mendapatkan banyak serat yang nanti harus disaring.
·
Kemudian, cuci potongan seledri tersebut. Tempatkan potongan seledri ke dalam saringan, lalu cuci di bawah air mengalir dan gosok perlahan menggunakan tangan untuk menghilangkan kotoran-kotorannya.
·
Setelah itu, masukkan 1/4 bagian seledri ke dalam blender hingga tercincang kasar. Nyalakan blender dengan kecepatan sedang ke tinggi sampai potongan seledri tercincang kasar dan mulai mengeluarkan cairan.
·
Selanjutnya, masukkan sisa potongan seledri ke dalam blender di atas seledri pertama yang telah tercincang kasar dan nyalakan blender hingga semuanya menjadi halus.
·
Nyalakan blender dalam kecepatan tinggi hingga semua seledri di dalam blender mencapai kekentalan seperti jus yang lembut.
·
Gunakan saringan untuk menyaring seledri yang telah dihaluskan menggunakan blender. Lalu, tempatkan penyaring di atas gelas atau wadah lainnya dan tuang seledri yang telah diblender.
·
Angkat penyaring dan peras sisa seledri dalam saringan dengan menggunakan tangan yang bersih untuk mengalirkan cairannya ke dalam wadah. Lalu, buang ampas yang tertinggal di penyaring tersebut.
·
Tuang jus yang telah disaring ke dalam gelas dan sajikan.
·
Jus seledri tersebut bisa dimasukkan ke dalam stoples kaca atau wadah tertutup lainnya hingga maksimal 24 jam jika disimpan di kulkas.
Jadi, apakah kamu tertarik untuk mencoba celery stick juice? Yuk, beli seledri dan bahan-bahan yang kamu butuhkan untuk membuat jus di Sayurbox!