Anti Repot, Ini 9 Tips Mempersiapkan Makanan Sahur yang Praktis

Menjelang bulan suci ramadan banyak sekali persiapan yang diperlukan agar ibadah puasa selama sebulan penuh tidak terganggu. Karena ini bulan suci tempatnya orang menabung pahala, biasanya orang berlomba-lomba untuk menyiapkan diri sebaik mungkin agar bisa mengikuti seluruh rangkaian ibadah di bulan ramadan. Dari sahur, berpuasa, berbuka, ibadah terawih, hingga berzakat. Dari lima rangkaian itu biasanya yang sangat sulit untuk dilaksanakan adalah sahur. Bagian sahur merupakan yang tersulit karena kita harus bangun dini hari untuk mengganjal perut demi bekal untuk berpuasa selama seharian. Yang menjadi permasalahan bagi ibu-ibu di rumah adalah makanan sahur apa yang praktis dan mudah dibuat. Nah, ini dia 9 tips mempersiapkan makanan sahur yang praktis di rumah.

Ini tips mempersiapkan makanan sahur yang praktis

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/04/fried-rice-762362_1920-595x341.jpg
Tips Mempersiapkan Makanan Sahur yang Praktis. (Foto: Pixabay)

1. Merencanakan jadwal memasak

Yang paling penting dari persiapan makanan sahur adalah merencakan jadwal memasaknya. Misalnya kita ingin satu keluarga makan sahur di jam 3 pagi berarti harus menyiapkan makanan sahurnya setengah 3. Luangkan waktu kurang lebih 30 menit untuk memasak. Kenapa hanya 30 menit? Karena asumsinya kita sudah menyiapkan bahan makanan dan segala bumbunya di pagi hari. Jadi 30 menit itu cuma untuk menumis dan menggoreng saja. 

2. Merencanakan menu makanan sahur untuk seminggu

Ada baiknya selain merencanakan jadwal memasak, Ibu juga harus dan wajib merencanakan menu masakan sahur untuk seminggu. Boleh menu masakan sahur untuk seminggu ini diulang ataupun dikombinasikan dengan menu makanan sahur lainnya. Salah satu keunggulan dengan cara ini adalah kita bisa mengevaluasi makanan sahur apa yang digemari oleh anggota keluarga lain dengan melihat pendapat mereka. Jadi usahakan membuat rencana menu makanan sahurnya bersama anggota keluarga lainnya ya.

3. Berbelanja bahan makanan sahur untuk seminggu

Setelah merencanakan menu makanan sahur selama seminggu, mulai breakdown apa saja bahan makanan yang perlu disiapkan agar bisa segera bergegas belanja. Hal ini juga berlaku untuk menu berbuka puasa. Dengan bahan yang sudah tersedia di rumah akan memudahkan Ibu memasak. Dengan membuat daftar belanja selama seminggu akan memudahkan kita untuk memastikan tidak ada drama bawang putih kehabisan atau cabai merah tidak cukup, ya.

4. Memilih lauk yang praktis

Ini yang paling penting, kalau Ibu mengevaluasi sekiranya waktu-waktu sahur ini waktu yang rawan mengantuk mungkin memilih lauk yang praktis menjadi jawaban. Cobalah untuk membuat stok frozen food di lemari es. Ibu juga bisa tetap menyiapkan berbagai tumis, sup, dan makanan serba praktis lainnya bila memang memungkinkan. 

5. One Dish Meal

Kunci keberhasilan dari mempersiapkan makanan sahur adalah dengan menyiapkan segala bahan sajian di saat sore atau malam sebelumnya. Alasannya adalah untuk menghemat waktu karena target waktu memasaknya kan hanya 30 menit.
Supaya kamu tidak perlu repot ke luar rumah, kamu bisa beli kebutuhan untuk memasak makanan sahur di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/02/Banner-Blog-595x335.jpg

6. Menyiapkan bumbu halus

Tips ini sudah menjadi rahasia umum. Agar mempersingkat waktu, Ibu bisa menyiapkan bumbu halus yang disimpan di lemari es. Usahakan bumbu halus ini disimpan di tempat yang tertutup agar terjaga kesegarannya.

7. Mencicil masak makanan sahur

Mencicil masa masakan sahur ini bisa dengan memotong beberapa sayur atau mengupas bawang di saat sore hari untuk persiapan memasak sahur. Jangan lupa untuk menyimpannya di lemari es agar tetap segar. Ibu juga bisa dengan menyiapkan beberapa sajian setengah matang agar menjadi penolong Ibu bila waktunya terbatas. Beberapa sajian yang bisa ibu coba adalah tempe bacem, adonan perkedel kentang, ataupun ayam ungkep. 

8. Stok lauk yang dapat bertahan lama

Lauk yang dapat bertahan lama ini sangat membantu di kondisi-kondisi kritis seperti tidak sengaja bangun telat saat sahur. Karena sudah tidak memungkinkan untuk memasak, maka ibu harus segera stok lauk yang dapat bertahan lama misalnya tempe kering, abon sapi, teri kacang, kering kentang, dendeng, ataupun rendang. Simpan di wadah tertutup dan agar bisa bertahan lama. 

9. Menyiapkan hidangan berbuka dalam jumlah banyak

Pernah mengalami masakan buka puasa masih banyak sisa? Nah, tidak ada salahnya bila masakan buka puasa dijadikan lauk untuk sahur. Ini merupakan efisiensi memasak untuk Ibu-Ibu di rumah. Karena selain hemat waktu, Ibu pun juga hemat uang. 
Itulah tadi 9 tips untuk mempersiapkan makanan sahur yang praktis dan mudah. Supaya kamu tidak perlu repot ke luar rumah, kamu bisa beli kebutuhan untuk memasak makanan sahur di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/02/Banner-Blog-595x335.jpg