9 Tips Memilih Popok Bayi Baru Lahir agar Terhindar dari Iritasi dan Alergi

Bayi baru lahir sudah pasti punya kulit yang sangat sensitif. Bagian kulitnya masih sangat tipis dan cenderung mudah terkena iritasi. Apalagi jika si bayi memakai produk popok yang tidak tepat, iritasinya bisa semakin parah. Demi menghindari hal tersebut, mari lebih cermat lagi memilih popok bayi baru lahir. Berikut ini beberapa tips yang bisa diterapkan agar bisa mendapat produk popok bayi yang tepat.

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/09/popok-bayi-baru-lahir-595x335.jpg

1. Pilih Brand yang Tepat

Tips pertama, cobalah untuk memilih brand yang tepat saat akan membeli popok bayi. Bukan rahasia lagi ya kalau sekarang ini banyak sekali brand popok bayi yang beredar di pasaran. Pilihannya begitu beragam dan seringkali membuat ibu bingung harus pilih jenis popok yang mana. Nah, coba cari referensi dulu brand popok mana yang paling berkualitas dan cocok untuk newborn.

Jika sudah ada pengalaman punya anak sebelumnya, pasti gak sulit untuk mendapatkan informasi semacam ini. Tapi kalau ini anak pertama maka jangan ragu untuk mencari lebih banyak informasi baik dari internet atau bertanya langsung ke keluarga dan teman. Pilih brand yang tepat dan memang sudah terkenal menghadirkan produk popok berkualitas.

2. Lihat Spesifikasinya

Setiap produk popok bayi pasti punya spesifikasi, bukan cuma gadget! Nah, langsung saja cek spesifikasi produknya di kemasan sebelum membeli. Cek apa saja komposisi bahan yang digunakan untuk membuat popok. Lihat juga berapa lama daya tampungnya dan fitur apa saja yang ada di popok tersebut.

Zaman sekarang ini desain popok bayi semakin bervariasi. Jadi kalau sembarangan beli dan tidak memperhatikan detail fiturnya maka bisa menyesal. Sayang kan kalau sudah beli mahal-mahal tapi ternyata spesifikasi produknya tidak sesuai dan malah bikin si kecil alergi serta iritasi parah.

3. Pastikan Hypoallergenic

Langsung saja cek apakah produk popok yang akan dibeli ada label hypoallergenic atau tidak. Sangat disarankan untuk memilih produk popok dengan label tersebut. Ini artinya bahan-bahan yang digunakan dalam popok tersebut rendah potensi alergi. Jadi terbilang aman untuk kulit bayi yang baru lahir karena masih sangat sensitif dan mudah sekali terkena iritasi.

Banyak produk popok bayi baru lahir yang dilabeli hypoallergenic. Ini memang jadi salah satu karakteristik popok yang sangat penting. Kalau tidak hypoallergenic malah bisa bahaya untuk kulit si kecil. Biasanya jenis popok seperti ini punya formulasi yang aman dan tidak memakai kandungan bahan kimia yang bisa meningkatkan potensi alergi.

4. Pilih yang Daya Serapnya Tinggi

Penting sekali untuk memilih popok dengan daya serap yang tinggi. Ini akan membantu si kecil tetap merasa nyaman karena area popoknya tidak cepat basah. Apalagi untuk newborn yang biasanya intensitas buang air kecil masih terbilang tinggi jadi memang dibutuhkan popok yang berdaya serap tinggi. Meskipun memang tetap harus sering diganti untuk mencegah iritasi.

Informasi daya serap ini bisa dilihat di kemasan produk. biasanya ada label yang menginformasikan berapa banyak daya serapnya dan berapa lama popok butuh waktu sampai penuh. Pastikan bahwa popok yang dipakai bisa mengakomodasi kegiatan si kecil sehari-hari tanpa terganggu popok yang tidak nyaman dan basah.

5. Sesuaikan Ukurannya

Popok bayi baru lahir memang tersedia dalam satu ukuran dan biasanya dilabeli dengan tulisan newborn. Namun perlu dicatat bahwa ukuran tubuh bayi baru lahir itu berbeda-beda. Ada yang memang kecil tapi ada juga yang gendut sehingga tidak pas jika harus memakai popok bayi ukuran newborn. Jadi sebaiknya lihat dulu ukuran tubuh si bayi dan sesuaikan dengan ukuran popok yang akan dipakai.

Biasanya dalam menentukan ukuran popok ini dibutuhkan percobaan langsung. Jadi tidak ada salahnya untuk membeli popok kemasan kecil dulu dengan isi yang jauh lebih sedikit atau popok kemasan sachet. Cobakan dulu pada si kecil dan jika ukurannya sudah pas maka bisa beli dengan kemasan yang isinya jauh lebih banyak.

6. Gunakan Popok yang Lembut

Pakailah popok yang permukaannya terasa lembut. Ini sangat penting karena iritasi pada kulit bayi sebagian besar disebabkan oleh gesekan dengan permukaan yang kasar. Jika popok tersebut punya permukaan yang kasar maka potensi iritasi akan semakin tinggi.

Memang lebih puas jika bisa memegang teksturnya secara langsung untuk menentukan lembut atau tidak. Tapi tidak masalah jika memang ingin membeli secara online, coba saja cari ulasannya terlebih dahulu. Jika memang dinilai lembut maka tidak ada salahnya untuk mencoba.

7. Amati Respon Bayi

Coba amati respon bayi saat menggunakan popok. Varian popok bayi baru lahir itu sangat banyak dan tingkat kenyamanannya juga bisa berbeda. Bisa saja bayi merasa tidak nyaman dengan popok merek A dan lebih nyaman dengan popok merek B. Jadi sangat penting untuk melihat respon si bayi tadi. Apakah dia cukup nyaman memakai popok tersebut atau malah jadi tambah rewel?

Mudah saja menilai respon bayi karena bayi sangat sensitif dan tidak bisa berbohong. Jika popok yang dipakai terasa nyaman maka bayi juga akan tenang dan tidak rewel. Pastinya kenyamanan ini dipengaruhi oleh banyak hal. Bisa jadi karena faktor ukuran yang kurang pas, tekstur yang kasar, dan masih banyak lagi.

8. Sesuaikan dengan Kebutuhan

Poin satu ini juga penting tapi seringkali dilupakan para orang tua. Belilah popok bayi yang sesuai dengan kebutuhan. Jadi bisa diperhitungkan berapa banyak popok yang dibutuhkan dalam jangka waktu tertentu. Perhitungan ini sangat penting supaya tidak membeli terlalu banyak popok atau terlalu sedikit. Paling tidak bisa memenuhi kebutuhan bayi dengan baik.

Sebenarnya untuk bayi baru lahir sendiri jumlah popok yang dibutuhkan memang cukup banyak. Intensitas buang air kecil dan buang air besar bayi newborn memang masih sangat tinggi. Jadi pastikan untuk menyediakan stok popok yang memadai supaya tidak perlu membeli berulang kali.

9. Pertimbangkan Harga

Nah, jangan lupa pertimbangkan juga masalah harga. Popok bayi menjadi salah satu produk yang sangat dibutuhkan. Harganya juga tidak bisa dibilang murah. Jadi memang harus dipikirkan matang-matang, berapa bujet yang bisa dikeluarkan. Pada akhirnya memang harus memilih produk popok yang harganya paling sesuai dengan kemampuan dalam membelinya.

Tidak masalah, sekarang ada banyak sekali pilihan produk popok untuk bayi baru lahir. Harganya juga sangat bervariasi jadi tidak perlu merasa risau. Tinggal pilih saja produk popok dengan kriteria yang tepat dan nyaman digunakan tapi harganya masih bisa dijangkau. Lebih bagus lagi jika bisa dapat harga promo yang tentu saja jauh lebih murah.

Pilih produk popok bayi baru lahir yang benar-benar berkualitas. Jangan asal pilih karena ini akan berpengaruh pada kesehatan dan kenyamanan buah hati tercinta. Pastikan si kecil selalu merasa nyaman dan bisa bertumbuh dengan optimal berkat pemakaian popok yang tepat. Jika perlu konsultasikan juga dengan dokter, apalagi untuk anak yang memiliki masalah alergi berat.

Kategori
Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2023, Sayurbox