9 Rekomendasi Masakan Jawa Bali Endeus, Jangan Sampai Kelewatan!

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/08/masakan-jawa-595x335.jpg

Sudah bukan rahasia lagi jika daerah di Jawa dan Bali merupakan tempatnya aneka kuliner dengan cita rasa yang enak tenan! Tak heran memang, karena beranekanya bahan dan aneka rempah yang digunakan, membuat masakan Jawa dan Bali selalu terasa nikmat di lidah. Saat berkesempatan pelesiran ke sana, jangan lupa untuk mencicipi 9 rekomendasi makanan berikut ini.

1. Gudeg

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/08/gudeg-595x335.jpg

Gak lengkap rasanya jika Sayurfriends pergi ke Yogyakarta tanpa menyantap yang namanya gudeg. Gudeg merupakan masakan Jawa khas Yogyakarta yang terbuat dari buah nangka muda, yang kemudian dimasak dengan menggunakan gula aren, santan, dan aneka rempah seperti bawang putih, bawang merah, kemiri, ketumbar, lengkuas daun salam, dan daun jati.

Gudeg di Yogyakarta identik dengan rasanya yang manis, teksturnya yang kering, dan warnanya yang kemerahan karena menggunakan daun jati. Selain di Yogyakarta, memang ada variasi gudeg lain, misalnya seperti di Solo. Biasanya, gudeg disajikan dengan nasi, kuah santan kental, ayam, telur, tahu, tempe, dan sambal goreng krecek. Gimana, Sayurfriends tertarik untuk mencobanya?

2. Tongseng

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/08/tongseng-595x335.jpg

Beralih ke Jawa Tengan, pasti Sayurfriends sudah tak asing lagi dengan kuliner khasnya yang bernama tongseng. Tongseng memiliki paduan cita rasa kuah yang manis, gurih, dan pedas, yang isiannya berupa irisan daging kambing, irisan sayur kol, cabai rawit, dan tomat merah. Saat Idul Adha, tongseng merupakan salah satu makanan yang paling kerap disajikan.

3. Rawon

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/08/rawon-595x335.jpg

Masyarakat Jawa Timur punya kuliner khas yang disebut rawon. Salah satu keunikan dari rawon ini adalah kuahnya yang berwarna hitam, karena menggunakan isi biji keluak dalam pengolahannya. Rawon sendiri sejatinya merupakan olahan berupa rebusan daging, yang menggunakan aneka rempah dan bumbu khas saat memasaknya. Cita rasanya gurih  banget!

4. Nasi Campur Bali

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/08/nasi-campur-bali-595x335.jpg

Gak cuma ayam betutu yang menjadi kuliner kebanggaan masyarakat Bali, nasi campur Bali pun juga jadi kuliner andalan di Pulau Dewata tersebut. Nasi campur Bali terdiri atas nasi putih hangat dengan aneka lauk pauk, seperti telur pindang, sayur urap khas Bali, sate lilit, teri kacang, ayam suwir, dan sambal matah khas Bali. Dijamin kenyang deh makan nasi campur ini.

5. Rujak Cingur

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/08/rujak-cingur-595x335.jpg

Siapa nih di antara Sayurfriends yang suka banget sama rujak? Kalau kebetulan berkunjung ke Jawa Timur, jangan lupa untuk menyantap masakan Jawa satu ini yang namanya rujak cingur. Berbeda dengan kebanyakan rujak yang diberi isian berupa potongan buah dan sayur, rujak khas Jawa Timur satu ini malah diberi isian berupa cingur alias mulut sapi yang diiris-iris.

Selain cingur, rujak ini juga diberi isian lain seperti aneka buah-buahan segar layaknya rujak pada umumnya. Tak jarang juga, ada yang dilengkapi dengan tambahan tahu dan tempe. Gak hanya isiannya yang istimewa, melainkan juga cita rasa sambal rujaknya yang dibuat dengan menggunakan tambahan sambal petis dan asam jawa.

6. Seblak

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/08/seblak-595x335.jpg

Gak lengkap rasanya jika mengulas makanan khas di pulau Jawa dan Bali tanpa membicarakan seblak. Seblak merupakan makanan khas masyarakat Sunda yang berbahan dasar kerupuk, yang identik dengan cita rasanya yang pedas. Nama seblak sendiri disebutkan berasal dari bumbunya yang dibuat dari kencur atau cikur dalam bahasa Sunda.

Saat ini, seblak tak hanya populer di tempat asalnya saja, melainkan sudah viral di hampir seluruh wilayah Indonesia. Isian seblak yang dulunya didominasi dengan aneka kerupuk saja, sekarang sudah makin bervariasi, mulai dari ceker, makaroni, bakso, mie, dan lainnya. Sayurfriends sendiri suka bikin seblak gak di rumah?

7. Ketoprak

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/08/ketoprak-595x335.jpg

Makanan dengan saus kacang tak hanya rujak, tapi ada juga yang namanya ketoprak. Asal usul makanan ini sendiri masih diperdebatkan hingga kini, ada yang mengatakan kalau ketoprak berasal dari Jawa Tengah, namun ada juga yang berpendapat kalau kuliner gurih satu ini merupakan kuliner khasnya ibukota Jakarta.

Ketoprak merupakan makanan yang disajikan dengan saus kacang kental, dengan isian berupa ketupat, bihun rebus, taoge rebus, dan tahu goreng, lalu diberi topping berupa kerupuk. Menu makanan tradisional ini sendiri begitu terkenal di daerah lain di seluruh Indonesia, terbukti dari banyaknya pedagang ketoprak dengan gaya gerobak yang hampir mirip.

8. Sate Madura

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/08/sate-madura-595x335.jpg

Sate Madura merupakan sate khas Madura yang berbahan dasar daging ayam. Ciri khas dari sate ini tentu saja adalah bumbu kacangnya yang begitu segar aroma dan rasanya, karena terbuat dari kacang goreng yang ditumbuk halus, lalu diolah dengan bumbu khusus. Penggunaan minyak ayam saat satenya sedang dibakar di atas arang menambah gurihnya cita rasa sate ayam khas Madura ini.

9. Empal Gentong

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/08/empal-gentong-595x335.jpg

Masyarakat Cirebon punya kuliner daging khasnya sendiri yang disebut empal gentong. Sajian ini berbahan dasar daging sapi atau jeroan, yang dimasak dengan menggunakan santan dan aneka rempah, seperti bawang merah, bawang putih, kunyit, kemiri, dan merica. Nama masakan ini sendiri disebut berasal dari cara memasak empalnya yang menggunakan gentong atau gerabah.

Nah, itulah tadi 9 masakan Jawa Bali yang begitu direkomendasikan untuk Sayurfriends cobakan jika kebetulan berkunjung ke masing-masing daerah tersebut. Sayurfriends juga bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah, karena bahan-bahannya pun terbilang mudah untuk didapatkan. Jadi, kuliner khas daerah mana nih yang paling bikin Sayurfriends penasaran dengan cita rasanya?

Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2022, Sayurbox