9 Manfaat Telur Ayam Kampung, Bisa Bantu Turunkan Risiko Penyakit Jantung

Siapa di sini yang suka mengonsumsi telur ayam kampung? Selain diolah menjadi aneka bentuk makanan, telur ayam kampung juga kerap dikonsumsi dalam kondisi mentah karena dipercaya memiliki berbagai macam manfaat bagi kesehatan. Bagi Sayurfriends yang penasaran dengan manfaat telur ayam kampung tersebut bisa coba intip ulasannya di bawah ini.

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/09/manfaat-telur-ayam-kampung-595x335.jpg

1. Membantu Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Penyakit jantung gak bisa disepelekan karena merupakan salah satu penyakit yang paling mematikan di dunia. Makanya, sebisa mungkin jaga pola hidup untuk menurunkan risiko penyakit jantung tersebut. Salah satu kebiasaan yang bisa Sayurfriends mulai dari sekarang untuk menurunkan risiko penyakit jantung tersebut adalah dengan mengonsumsi telur ayam kampung.

Telur ayam kampung diketahui bisa meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDH (high density lipoprotein) hingga 10 persen. Kondisi HDL yang tinggi di dalam tubuh akan bisa menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL (low density lipoprotein), yang kemudian membuat risiko strok, serangan jantung, dan penyakit jantung lainnya bisa menurun.

2. Menjaga Kesehatan Mata

Telur ayam kampung juga bisa diandalkan untuk menjaga kesehatan mata. Telur ayam kampung memiliki kandungan antioksidan berupa lutein dan zeaksantin, yang bisa membantu mencegah terbentuknya katarak dan penyakit mata degeneratif lainnya. Alhasil, kesehatan mata jadi bisa terpelihara dengan baik dan kualitas penglihatan pun akan terjaga.

3. Mengoptimalkan Fungsi Otak

Optimalkanlah fungsi otak dengan mengonsumsi telur ayam kampung. Telur ayam kampung memiliki kandungan berupa kolin yang bisa membantu menjaga kesehatan otak, sehingga fungsi otak bisa berjalan dengan optimal. Pengoptimalan fungsi otak ini pun didukung oleh kandungan vitamin dan mineral lainnya yang terkandung dalam telur ayam kampung tersebut.

Lantas, bagaimana kerja kolin dalam mengoptimalkan fungsi otak tersebut? Dalam satu butir telur ayam kampung terkandung sekitar 100 gram kolin. Asupan kolin yang diperoleh tersebut akan mengoptimalkan produksi sel-sel otak, sekaligus membangun membran sel yang berfungsi untuk mengantarkan sinyal pada otak.

4. Mendukung Perkembangan Sel Tubuh

Salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh sel tubuh agar bisa berkembang dengan optimal adalah protein. Nah, asupan protein tersebut bisa diperoleh dengan mengonsumsi telur ayam kampung. Telur ayam kampung menawarkan asupan protein berkualitas tinggi, yang akan bisa membantu pembentukan sel tubuh, sehingga setiap organ dalam tubuh bisa bekerja dengan baik.

Asupan protein yang diperoleh akan menghadirkan asam amino esensial, yang berperan dalam hal mengoptimalkan perkembangan struktur sel. Selain itu, kandungan protein tersebut jugalah yang akan memastikan sel tubuh bekerja dengan sebagaimana mestinya. Pentingnya peran telur dalam perkembangan sel, membuatnya cocok dijadikan makanan utama dalam masa tumbuh kembang.

5. Mendukung Perkembangan Saraf Otak Janin

Telur ayam kampung bisa menjadi salah satu menu makanan bagi ibu hamil. Mengapa telur ayam kampung ini direkomendasikan? Salah satu alasannya adalah karena kandungan kolin yang tinggi dalam telur ayam kampung, sehingga bisa membantu mendukung perkembangan saraf otak janin.

Lantas, apa yang terjadi jika janin memperoleh asupan kolin yang cukup dari makanan yang dikonsumsi oleh ibunya? Hasilnya adalah saraf otak yang berkembang dengan baik, sehingga membuat kemampuan kognitifnya menjadi lebih tinggi. Setelah buah hati lahir, kebutuhan akan kolin pada anak bisa dilakukan dengan memberinya telur ayam kampung ini.

6. Membangun Massa Otot

Manfaat telur ayam kampung selanjutnya adalah membangun massa otot. Telur ayam kampung bisa diandalkan untuk meningkatkan massa otot dikarenakan kandungan proteinnya yang berlimpah. Kandungan asam amino dalam protein akan diserap oleh otot, sehingga kerusakan yang terjadi pada otot bisa diperbaiki. Alhasil, massa otot dan kerja otot pun jadi meningkat.

7. Membantu Menurunkan Berat Badan

Pilihan makanan sangat mempengaruhi keberhasilan Sayurfriends dalam menurunkan berat badan. Makanya, pilihlah makanan yang tepat, sehingga berat badan ideal bisa dicapai, dengan tetap memastikan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh terpenuhi. Salah satu bahan makanan yang bisa dikonsumsi saat sedang diet tersebut adalah telur ayam kampung.

Telur ayam kampung memiliki kandungan protein yang melimpah, sehingga akan memberikan efek kenyang yang lebih lama setelah dikonsumsi. Jika efek kenyang bertahan lebih lama, maka Sayurfriends akan bisa mengurangi frekuensi makan yang semula terbilang sering menjadi lebih sedikit. Jika sudah begini, maka keinginan untuk mencapai berat badan ideal akan bisa dicapai.

8. Meredakan Stres dan Cemas

Bagi Sayurfriends yang kerap dilanda stres dan rasa cemas yang berlebihan, coba atasilah dengan mengonsumsi telur ayam kampung. Seperti yang disebutkan sebelumnya, telur ayam kampung memiliki kandungan kolin yang cukup banyak. Kolin ini memiliki fungsi untuk melawan hormon kortisol, hormon yang jadi penyebab munculnya stres, depresi, dan kecemasan.

9. Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh

Pengonsumsian telur ayam kampung juga bakal bisa membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh. Telur ayam kampung memiliki kandungan berupa vitamin A, vitamin B-12, dan juga selenium, yang kesemuanya memiliki peranan penting dalam memelihara kesehatan sistem imunitas tubuh. Sistem imun yang kuat akan membuat tubuh jadi tak rentan diserang penyakit.

Itulah tadi 9 manfaat telur ayam kampung yang bisa diperoleh dengan mengonsumsinya secara rutin. Sayurfriends bisa mengolahnya terlebih dahulu sebelum dikonsumsi atau bisa juga dikonsumsi dalam kondisi mentah, namun pastikan dulu memang telur dalam kondisi bersih. Yuk mulai hidup sehat dari sekarang, salah satunya dengan membiasakan diri mengonsumsi telur.

Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2023, Sayurbox