Mengandung Ikan dan Sayuran, Ini 9 Manfaat Sushi untuk Kesehatan

Jepang tidak hanya identik dengan manga dan animenya saja. Negeri matahari terbit ini juga dikenal dengan berbagai macam kuliner yang unik dan berbeda. Salah satunya yaitu sushi. Sushi adalah nasi yang dibentuk dengan cara dikepal atau digulung dengan topping atau isian ikan mentah dan sayuran segar. Meskipun di Indonesia penggunaan ikan mentah sebagai bahan makanan masih dianggap kurang lazim, nyatanya tren sushi kini terus berkembang dan digemari oleh kawula muda, khususnya di kawasan perkotaan. Alasan tingginya peminat makanan ini tidak lain karena sushi dianggap lebih sehat. Lantas, apakah hal itu benar? Nah, untuk kamu yang belum tahu, berikut ini adalah sembilan manfaat sushi untuk kesehatan.

Ini manfaat sushi untuk kesehatan

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/07/sushi-354628_1920-1-595x397.jpg
Manfaat Sushi untuk Kesehatan yang Bikin Ketagihan. (Foto: Pixabay)

1. Membantu menjaga berat badan lebih ideal

Pola makan berlebih dengan kandungan gula yang tinggi nyatanya bisa membuat berat badan kamu meningkat lebih cepat. Tidak hanya soal penampilan, berat badan yang meningkat juga bisa mengganggu gerak aktivitas kamu saat bekerja. Di sisi lain, masalah tersebut juga bisa memicu masalah kesehatan lainnya.
Untuk menjaga berat badan lebih ideal, kamu bisa nih memasukkan sushi ke dalam menu makan siang kamu. Pasalnya, kalori dalam sushi yang rendah sangat ideal untuk membantu menjaga berat badan tersebut.

2. Ikan mentah baik untuk diet

Menyambung penjelasan sebelumnya, kandungan kalori yang rendah dalam ikan mentah ternyata tidak hanya membantu menjaga berat badan tetap ideal saja, tapi juga menurunkannya dengan lebih efektif. Tidak heran, mengonsumsi sushi dengan topping atau isian ikan sangat dianjurkan bagi kamu yang sedang menjalankan program diet. Agar hasilnya lebih maksimal, kamu bisa memperbanyak jumlah isian sayuran, seperti mentimun dan wortel.

3. Membangun massa otot

Selain rendah kalori, sushi juga kaya akan protein. Penggunaan ikan mentah pada sushi diyakini sebagai sumber protein yang baik, sehingga sangat cocok dikonsumsi oleh kamu yang sedang menjalani program body building.
Tingginya protein tersebut juga diyakini sangat baik dalam menjaga fungsi dan masa otot. Namun, perlu dicatat, hindari mengonsumsi sushi dengan isian udang atau ikan yang digoreng renyah. Kamu bisa menggantinya dengan ikan tuna atau salmon segar.

4. Meningkatkan energi

Selama beraktivitas, apalagi aktivitas yang menguras banyak tenaga, pastinya tubuh terasa lemah karena kurangnya energi. Untuk menambah energi dengan cepat tanpa harus mengonsumsi banyak makanan, kamu bisa mengonsumsi beberapa potong sushi beras merah.
Kombinasi antara beras merah dan ikan secara signifikan mampu meningkatkan energi dengan lebih baik. Tidak hanya itu, kandungan lain dari sushi seperti sayuran juga mampu menyuplai tambahan karbohidrat dan vitamin bagi tubuh.

5. Meningkatkan kekebalan dan daya tahan tubuh

Tidak hanya ikan, penggunaan sayuran dan buah seperti alpukat dalam sushi juga memiliki manfaat bagi tubuh. Salah satunya yaitu kaya akan antioksidan. Kandungan ini memang dikenal baik untuk membantu meningkatkan kekebalan tubuh agar terhindar dari berbagai serangan penyakit seperti flu.
Ingin mencoba manfaat sushi untuk kesehatan ini? Kamu bisa membuat sushi sendiri di rumah dengan membeli bahan-bahan yang kamu perlukan di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/02/Banner-Blog-595x335.jpg

6. Menjaga kesehatan pencernaan

Cuka beras dalam sushi ternyata sangat baik bagi sistem pencernaan. Selain tidak menyebabkan kembung, bahan tersebut juga bermanfaat menjaga kelancaran sistem pencernaan. Namun, perlu diingat, agar manfaat tersebut tidak hilang, hindari menambahkan kecap atau saus manis.

7. Meningkatkan kesehatan jantung

Terlalu sering mengonsumsi makanan junk food tanpa dibarengi olahraga yang rutin, ternyata bisa memicu masalah kesehatan pada jantung. Nah, tahukah kamu? Ternyata mengonsumsi ikan mentah tanpa tambahan minyak atau bumbu-bumbu lainnya justru mampu memberikan kandungan protein yang lebih tinggi.
Selain kandungan asam lemak omega 3, manfaat mengonsumsi ikan mentah lainnya yaitu untuk menjaga sistem kardiovaskular, sehingga hal tersebut juga berpengaruh secara tidak langsung terhadap kesehatan jantung kamu. Tidak heran, banyak masyarakat Jepang yang memiliki jantung sehat karena rutin mengonsumsi tuna dan salmon mentah.

8. Sumber vitamin dan mineral

Selain daging dan sayuran, sushi gulung juga menggunakan bahan lainnya seperti nori atau rumput laut. Ternyata, nori tersebut merupakan salah satu sumber nutrisi dan mineral alami yang baik bagi tubuh. Beberapa kandungan di dalamnya antara lain fosfor, zat besi, natrium, yodium, kalsium, magnesium, tiamin, hingga vitamin A, C, dan E.

9. Meredakan masalah radang sendi

Kurang lengkap rasanya jika menyantap sushi tanpa sensasi pedas dari wasabi. Wasabi sendiri merupakan sayuran yang umumnya tumbuh dan bisa ditemukan di sepanjang lembah dan sungai di beberapa daerah di Jepang. Sensasi pedas yang khas dari wasabi salah satunya berasal senyawa antioksidan isothiocyanate (ITC). Selain mampu meningkatkan nafsu makan, sensasi pedas dari senyawa tersebut juga bermanfaat untuk mengatasi masalah otot, seperti meredakan radang sendi dan ligamen.
Itulah sembilan manfaat sushi untuk kesehatan. Pilihlah sushi dengan dengan isian atau topping salmon dan tuna segar. Hindari pula mengonsumsi banyak kecap asin karena bisa meningkatkan kadar sodium, yaitu salah satu penyebab tekanan darah tinggi dan masalah perut kembung.
Nah, kalau kamu ingin mencoba membuat sushi sendiri di rumah, kamu bisa membeli bahan-bahan untuk membuat sushi yang sehat tersebut di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/02/Banner-Blog-595x335.jpg
(Siti Kamilla)