Cari Tahu 9 Manfaat Selada Iceberg, Bisa Mengatasi Insomnia, lho!

Selada, merupakan jenis sayuran yang kerap muncul dalam sajian Indonesia, mulai dari gado-gado hingga asinan. Kata selada sendiri berasal dari bahasa Romawi
lactuca sativa.
Meski begitu, sayuran ini tidak berasal dari Roma, melainkan dari Mesir. Saat ini, selada dibudidayakan di hampir seluruh bagian dunia, termasuk Indonesia. Salah satu jenis selada yang populer adalah selada iceberg atau yang populer dengan sebutan selada bokor. Disebut demikian karena jenis selada ini memiliki bonggol besar dengan lapisan lembaran daun yang padat. Bentuknya lebih mirip dengan sayur kol karena kepadatan lembaran daunnya yang bertumpuk. Ada banyak manfaat selada iceberg yang bisa kamu rasakan untuk kesehatan.
Tak hanya digemari karena rasanya yang segar, selada juga kaya akan manfaat. Daun selada adalah sumber dari vitamin A dan vitamin K, bahkan secangkir daun selada bisa memenuhi 82 persen kebutuhan vitamin A harian juga 60 persen kebutuhan vitamin K harian. Selada juga mengandung berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh seperti zat besi, kalsium, kalium, folat, serta serat. Untuk kandungan kalori dan lemak, tak usah khawatir karena selada mengandung sangat sedikit kalori dan lemak. Mengonsumsi selada akan membuatmu merasa kenyang lebih lama tanpa takut gemuk.
Yuk
, simak ini manfaat selada iceberg yang wajib kamu tahu.

Ini manfaat selada iceberg yang wajib kamu tahu

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/01/salad-3505392_1920-595x397.jpg
Manfaat Selada Iceberg, Bisa Mengatasi Insomnia. (Foto: Pixabay)

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Selada iceberg mengandung berbagai vitamin. Kandungan vitamin ini mampu menjaga sel-sel imun di tubuh untuk melawan virus serta bakteri yang menjadi penyebab penyakit. Vitamin A pada selada juga mampu meredakan infeksi, peradangan, hingga kerusakan sel. Ini menjadi alasan mengapa mengonsumsi selada iceberg secara rutin dapat mencegah kamu terkena penyakit umum yang disebabkan oleh virus dan bakteri, seperti diare ataupun influenza.

2. Menjaga kesehatan mata

Manfaat vitamin A yang tentu sudah tak asing lagi ialah menjaga kesehatan mata. Apabila tubuh kekurangan vitamin A, maka kemungkinan terjadinya glaukoma, katarak, dan masalah pada mata lainnya akan semakin meningkat. Selada iceberg yang kaya akan vitamin A dapat membantu menjaga agar indera penglihatan senantiasa sehat meskipun usia terus menerus bertambah.

3. Mencegah pengeroposan tulang

Proses pembentukan serta tingkat kepadatan tulang sangat bergantung pada asupan vitamin K serta kalsium. Mengonsumsi sayuran yang kaya akan vitamin K dan kalsium seperti selada dapat mencegah terjadinya pengeroposan tulang, osteoporosis, ataupun osteopenia.

4. Menjaga kesehatan jantung

Jenis ini kaya akan kandungan folat, yang mana di dalam tubuh berfungsi untuk mengolah asam amino homosistein dalam darah. Kadar homosistein tidak boleh terlalu tinggi karena akan menimbulkan permasalahan pada jantung, seperti penyumbatan pembuluh darah. Bila terjadi penyumbatan, maka resiko terjadinya stroke, penyakit arteri koroner, dan emboli paru pun semakin meningkat.
Selain itu, selada iceberg juga memiliki kandungan vitamin A dan C yang dapat berfungsi sebagai antioksidan ampuh dalam melawan serangan radikal bebas sekaligus mencegah terjadinya kerusakan sel yang mengakibatkan penyakit jantung.
Ingin merasakan manfaat selada ini?
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/01/Banner-Blog-595x335.jpg

5. Menurunkan berat badan

Selada merupakan salah satu opsi makanan terbaik untuk menurunkan berat badan berlebih, karena kaya akan serat dan selulosa tetapi rendah kalori serta tidak mengandung lemak. Selulosa ini akan memberikan rasa kenyang dan menunda pengosongan lambung sehingga membantu untuk mencegahmu makan secara berlebihan. Hal ini juga dapat membantu sistem ekskresi yang berujung pada pengurangan kadar kolesterol.

6. Membantu perkembangan otot

Meskipun selada iceberg hanya mengandung sedikit protein, namun terdapat kandungan enzim yang berfungsi membantu sintesis protein menjadi lebih efisien. Mengonsumsi selada dengan sumber protein seperti daging akan menciptakan sinergi yang sempurna untuk membantu perkembangan otot.

7. Mencegah komplikasi saat kehamilan

Sebagai sumber folat yang tinggi, daun selada tentu sangat bermanfaat bagi ibu hamil dan janinnya. Senyawa folat terbukti mampu menekan resiko terjadinya kecacatan pada janin. Selain itu, selada yang kaya akan vitamin K juga dapat mencegah terjadinya pendarahan pasca persalinan karena vitamin K berfungsi untuk menjaga agar darah ibu hamil dan janin tidak terlalu encer.

8. Menjaga kecantikan kulit

Kurangnya asupan vitamin A beresiko membuat warna kulit menjadi belang alias tidak merata, sementara kekurangan vitamin C akan membuat kulit menjadi tak elastis, cepat keriput, kendur, serta kusam. Rutin mengonsumsi selada iceberg yang kaya akan kandungan vitamin A dan C dapat merawat kulit agar senantiasa nampak sehat, kencang, juga lembut. Tingginya kandungan air dalam selada iceberg juga mampu menjaga kulit tetap terhidrasi dan lembap.

9. Mengatasi insomnia

Insomnia, atau gangguan tidur dapat diatasi dengan mengonsumsi selada iceberg. Hal ini dikarenakan selada iceberg memiliki kandungan laktucarium di bagian daunnya. Zat ini dapat membantu untuk rileks serta meningkatkan kualitas tidur.
Jadi, apakah kamu tertarik untuk merasakan manfaatnya?
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/01/Banner-Blog-595x335.jpg
Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2022, Sayurbox