Selain Enak, Ini 10 Manfaat Jamur Tiram yang Bisa Kamu Rasakan

Siapa yang belum pernah mencoba jamur tiram? Mayoritas dari kamu pasti pernah mencobanya, bukan? Atau, mungkin kamu sering memasaknya di rumah. Tidak seperti dulu, jamur tiram kini memang semakin populer. Sebab tidak hanya enak diolah menjadi lauk, jamur tiram juga cocok dijadikan camilan. Secara tekstur, serat dari jamur tiram memang mirip seperti serat pada daging ayam. Selain itu, ada banyak manfaat jamur tiram yang bisa kamu rasakan.
Tahukah kamu jika jamur ini ternyata rendah kalori dan rendah lemak? Bahkan, jamur ini juga termasuk salah satu sumber antioksidan yang tinggi dengan berbagai kandungan vitamin, mineral, dan nutrisi yang baik bagi tubuh. Dengan beragamnya kandungan tersebut, lantas apa saja manfaat jamur tiram untuk kesehatan? Langsung saja, berikut ini adalah 10 manfaat jamur tiram yang bisa kamu rasakan.

Ini manfaat jamur tiram untuk kesehatan

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/04/fungi-2069474_1920-595x395.jpg
Manfaat Jamur Tiram yang Bisa Kamu Rasakan. (Foto: Pixabay)

1. Menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh

Manfaat pertama yang bisa kamu rasakan dari mengonsumsi jamur tiram yaitu, dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Hal ini telah dibuktikan dan dimuat dalam Journal of Physiology and Biokimia.
Walaupun objek yang diteliti saat itu adalah tikus, namun dari penelitian itu menunjukkan hasil yang memuaskan. Tikus yang diberi ekstrak jamur tiram selama 7 hari menunjukkan peningkatan kadar antioksidan. Tentu saja hasil tersebut juga berpengaruh dengan menurunnya kadar kolesterol dan trigliserida.

2. Mengurangi risiko terjadinya kanker

Tidak hanya kolesterol, ternyata jamur tiram juga bisa menurunkan risiko terjadinya penyakit kanker. Seperti yang kamu ketahui, kanker sendiri merupakan salah satu penyakit yang cukup mematikan.
Pada penelitian lainnya, ekstrak jamur tiram ternyata memiliki kandungan efek antikanker yang sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya pertumbuhan dan penyebaran sel-sel kanker. Beberapa risiko kanker yang bisa diminimalisir dengan antikanker miliknya antara lain, kanker payudara dan kanker usus besar.
Masih dengan manfaat yang sama, studi lain juga menunjukkan jika ekstrak jamur tiram mampu mengaktifkan sel-sel kekebalan tubuh pencegah pertumbuhan tumor.

3. Menjaga kesehatan tulang

Siapa sangka, ternyata jamur tiram juga mengandung vitamin D dan magnesium. Manfaat vitamin ini tidak lain adalah untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Kedua kandungan tersebut akan memproses kalsium agar tulang lebih padat dan kuat sehingga masalah kesehatan tulang seperti risiko osteoporosis dan osteomalasia bisa dihindari.

4. Mengurangi tekanan darah tinggi

Kurangnya asupan vitamin D dalam tubuh juga kerap dikaitkan dengan beberapa penyakit lain seperti risiko tekanan darah tinggi (hipertensi). Nah, dengan adanya vitamin D pada jamur tiram, secara tidak langsung juga mempengaruhi turunnya tekanan darah tinggi pada tubuh seseorang. Memang, untuk lebih memastikan hasil positif antara vitamin D dan masalah tekanan darah masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut.

5. Mengurangi efek peradangan

Tidak hanya antikanker, jamur tiram juga memiliki sifat antiperadangan. Kandungan ini tentunya sangat efektif untuk meringankan penyakit peradangan mulai dari rheumatoid arthritis hingga radang usus.
Hal ini tidak lain karena dalam jamur tiram mengandung salah satu jenis asam amino ergothioneine yang juga berperan sebagai antiperadangan atau yang juga dikenal dengan antiinflamasi.
Kandungan lainnya seperti beta glukan dan antioksidan juga bermanfaat dalam membantu tubuh mengurangi efek peradangan yang menjadi pemicu berbagai penyakit sistemik seperti demensia dan diabetes.
Ingin mencoba manfaat jamur tiram ini? Kalau kamu tertarik untuk mencobanya, kamu bisa membeli jamur tiram berkualitas di Sayurbox,
lho
.
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/02/Banner-Blog-595x335.jpg

6. Memiliki efek antioksidan

Menyambung mengenai masalah peradangan sebelumnya. Jamur tiram memiliki kandungan antioksidan yang cukup baik. Dalam setiap 85 gramnya terkandung 13 miligram ergothioneine. Kandungan ini merupakan salah satu antioksidan yang kuat dalam melindungi sel-sel tubuh akibat kerusakan dari radikal bebas.
Tingginya radikal bebas dalam tubuh tentunya juga berpengaruh buruk. Karena bisa saja hal itu menjadi pemicu penyakit serius lainnya seperti kanker, jantung, gangguan neurologis, masalah kulit, mata, dan penuaan dini.

7. Meningkatkan kesehatan otak

Tidak hanya kesehatan tubuh, jamur tiram juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan otak,
lho
. Hal ini tidak lain karena kandungan asam amino ergothioneine yang juga dipercaya mampu melindungi sel akibat kerusakan dari radikal bebas. Neurodegeneratif sendiri kerap dihubungkan dengan masalah radikal bebas.
Untuk kamu yang belum tahu, neurodegeneratif merupakan istilah yang menunjukkan kondisi yang mempengaruhi neuron pada otak manusia. Beberapa penyakit yang diakibatkannya antara lain seperti alzheimer, parkinson, dan demensia. Kandungan lainnya seperti niacin juga dipercaya untuk mengurangi risiko penurunan fungsi kognitif pada orang dewasa.

8. Memiliki efek antibakteri

Salah satu sumber dan penyebab masalah kesehatan adalah bakteri. Nah, jamur tiram ternyata juga memiliki sifat antibakteri yang cukup signifikan dalam melawan bakteri penyebab infeksi. Dari penelitian yang sudah dilakukan menunjukkan jika jamur tiram mengandung senyawa aktif benzaldehyde yang berfungsi melawan bahaya serangan bakteri dalam tubuh.

9. Menjaga kesehatan jantung

Masih dengan manfaat asam amino ergothioneine, kandungan ini ternyata juga penting untuk melindungi kesehatan jantung. Berkaitan dengan pembahasan sebelumnya, turunnya kadar kolesterol dalam tubuh juga akan berpengaruh risiko penyakit jantung.

10. Menguatkan sistem imun tubuh

Kandungan beta-glucan pada jamur tiram menjadikannya salah satu makanan yang baik untuk melindungi sistem kekebalan tubuh dari penyakit jangka pendek dan jangka panjang. Tidak seperti beberapa makanan yang merangsang atau menekan sistem kekebalan, jamur tiram mampu menyeimbangkannya. Selain itu, jamur tiram mengandung antioksidan lain untuk membantu mencegah kerusakan akibat radikal bebas dan stres oksidatif sehingga sistem kekebalan tubuh dapat mempertahankan diri dari penuaan.
Selain enak, ternyata manfaat jamur tiram untuk kesehatan juga cukup banyak, ya. Nah, itulah sembilan manfaat jamur tiram yang bisa kamu rasakan untuk kesehatan tubuh kamu. Jadi, tidak ada salah memasukkan jamur tiram ke dalam menu makanan sehat sehari-sehari kamu, bukan? Kalau kamu tertarik untuk mencobanya, kamu bisa membeli jamur tiram berkualitas di Sayurbox,
lho
.
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/02/Banner-Blog-595x335.jpg
Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2022, Sayurbox