Jagung muda, atau yang biasa dikenal dengan sebutan baby corn adalah salah satu jenis sayuran yang cukup disukai. Jagung putri, jagung semi atau tongkol jagung adalah nama lain bagi jagung muda. Disebut baby corn sebab jagung ini dipanen pada saat masih muda, dan tentunya belum tumbuh biji. Selain rasanya yang khas, jagung muda ternyata juga memiliki berbagai kandungan baik yang berguna bagi kesehatan. Salah satunya adalah zat tiamin, yang berperan aktif untuk menjaga ingatan pada otak manusia. Jagung muda juga sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, sebab kaya akan kandungan folat yang dapat membantu tumbuh kembang bayi di kandungan serta mencegah bayi terlahir cacat. Bagi kamu yang tertarik untuk mengonsumsi jagung muda, berikut 9 cara memasak jagung muda yang tentunya praktis dan mudah dipraktekkan di rumah.

Ini cara memasak jagung muda yang praktis di rumah

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/01/baby-corn-390075_1920-595x394.jpg
Cara memasak jagung muda yang praktis dan mudah dipraktekkan di rumah. (Foto: Pixabay)

1. Merebus

Ini tentu cara yang paling populer sekaligus paling mudah untuk dilakukan. Ya, kamu bisa mengolah jagung muda agar siap dimakan dengan cara merebusnya. Tipsnya, panaskan air dan tunggu hingga benar-benar mendidih untuk memasukkan jagung muda.
Rebus sebentar saja, tusuk dengan garpu untuk memastikan jagung telah matang. Tambahkan sedikit garam ketika merebus, jangan sebelum air mendidih karena garam bersifat memperlambat proses kenaikan suhu. Tiriskan ketika jagung empuk, namun masih tersisa kesegarannya dengan tekstur yang sedikit renyah. Jika suka, boleh tambahkan mentega cair untuk memperkuat rasa gurih dari jagung muda.

2. Memblansir

Cara memasak jagung muda ini kerap dilakukan di restoran besar ataupun hotel, sebagai trik agar sayuran yang disajikan tetap terlihat menarik tanpa menghilangkan citarasa aslinya. Sedikit mirip dengan merebus, namun terdapat perbedaan khusus. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu menyiapkan air untuk merebus dan semangkuk air es. Panaskan air untuk merebus hingga mendidih, lalu masukkan jagung muda.
Tidak perlu terlalu lama, 15 detik saja sudah cukup. Segera setelah ditiriskan, masukkan jagung muda yang telah direbus tadi ke dalam mangkuk berisi air es. Air es akan menghentikan proses pematangan, sehingga jagung muda tidak akan menjadi terlalu lunak. Hasilnya, jagung muda akan terlihat cantik dengan tekstur crunchy yang segar.

3. Mengukus

Bedanya dengan merebus, jagung muda tidak bersentuhan langsung dengan air, melainkan hanya terkena uap panas yang dihasilkan dari rebusan air. Cara memasak jagung muda ini relatif lebih disukai sebab kita bisa mengecek tingkat kematangan jagung secara mudah dibanding dengan cara merebus. Untuk memperkuat rasa, kamu bisa mengolesi jagung muda dengan mentega ataupun minyak zaitun.

4. Menumis

Cara yang satu ini tentu sudah tak asing. Biasanya, cara ini digunakan untuk mengolah jagung muda bersama sayuran lainnya menjadi menu makanan tertentu, seperti capcay. Panaskan minyak sayur, kemudian masukkan jagung muda. Pastikan untuk tidak menumisnya terlalu lama agar jagung muda tidak kehilangan tekstur renyah serta zat gizi yang terkandung di dalamnya.
Ingin coba cara memasak jagung muda ini? Yuk, pesan jagung muda dan sayuran segar lainnya di Sayurbox!
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/01/Banner-Blog-595x335.jpg

5. Menggoreng

Siapa sangka, jagung muda juga memiliki rasa yang sedap bila digoreng, lho. Tekstur jagung muda yang digoreng akan terasa lebih renyah, sehingga cocok untuk dijadikan cemilan sehat bagi keluarga. Untuk menggoreng jagung muda, pastikan kamu menuang minyak yang cukup agar jagung muda tenggelam ketika dimasukkan.
Hal ini bertujuan untuk menimbulkan kematangan yang merata. Pastikan minyak benar-benar panas sebelum memasukkan jagung muda. Untuk opsi yang lebih sehat, kamu bisa mengganti minyak sawit dengan minyak zaitun ataupun castor oil.

6. Menggoreng tepung

Mirip dengan cara sebelumnya, namun kamu harus terlebih dahulu menyiapkan tepung yang telah dicampur air dan bumbu sebagai pelapis untuk jagung muda. Kamu bisa bereksperimen dengan menambahkan bumbu-bumbu tertentu seperti misalnya lada ataupun cabe bubuk, agar rasa yang muncul berbeda, tanpa menghilangkan rasa khas dari jagung muda itu sendiri.

7. Memanggang

Oven dapat menjadi alat yang pas untuk mengolah jagung muda. Cara memasak jagung muda dengan memanggang yaitu perciki jagung muda dengan minyak dan sedikit garam, kemudian panggang dalam oven selama beberapa menit. Bolak balik jagung muda secara teratur, dan jangan terlalu lama memanggangnya agar jagung muda tidak menjadi terlalu lembek dan basah.

8. Menyemur

Tidak hanya daging saja yang sedap diolah menjadi semur, jagung muda pun tak kalah enaknya. Caranya, rebus jagung muda dalam kaldu ayam yang telah dibumbui dengan kecap, garam dan lada. Masak selama kurang lebih 3 hingga 5 menit, jangan sampai terlalu lama untuk menghindari jagung menjadi lembek. Tiriskan dan sajikan selagi hangat.

9. Memasak dengan microwave

Bila tak memiliki oven dan hanya tersedia microwave di rumah, tak perlu khawatir. Kamu tetap bisa mengolah jagung muda menjadi makanan lezat dengan memanfaatkan penggunaan microwave.
Cara memasak jagung muda dengan microwave yaitu masukkan jagung ke dalam wadah yang aman untuk microwave, kemudian masukkan dalam microwave dan panaskan selama beberapa saat. Kamu bisa menambahkan mentega, margarin, ataupun minyak zaitun di jagung muda, bisa juga memercikinya dengan sedikit lada dan garam agar rasanya lebih lezat. Sajikan selagi hangat.
Nah, itu dia 9 cara mengolah jagung muda yang praktis untuk dilakukan di rumah. Tertarik untuk mencobanya? Yuk, pesan jagung muda dan sayuran favoritmu dengan mudah hanya di Sayurbox!
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/01/Banner-Blog-595x335.jpg