9 Buah yang Bagus untuk Bayi, Sudah Enak Ditambah Kaya Vitamin

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/09/buah-yang-bagus-untuk-bayi-595x335.jpg

Setelah masuk masa makan makanan padat, bayi perlu mencoba berbagai jenis makanan. Termasuk beragam jenis sayur yang kaya vitamin dan menjadi sumber gizi bagi tubuh si kecil. Ada banyak pilihan buah yang bagus untuk bayi dan bisa diberikan sebagai selingan atau camilan. Yuk, cari tahu apa saja jenis buah yang cocok untuk diberikan kepada bayi!

1. Pisang

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/09/pisang-595x335.jpg

Pertama ada buah pisang yang sudah sangat populer di kalangan para ibu-ibu pemilik bayi. Biasanya pisang memang dijadikan sebagai makanan di masa-masa awal MPASI karena teksturnya lembut dan mudah dicerna. Namun pastikan untuk tidak memberikan pisang sebelum bayi masuk usia 6 bulan atau sebelum diberi lampu hijau oleh dokter untuk makan makanan padat.

Pisang memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi dan kaya akan vitamin C. Sangat bagus untuk mencukupi kebutuhan energi bayi dan meningkatkan daya tahan tubuhnya. Penyajian pisang juga bisa dilakukan dengan berbagai cara. Bisa diberikan secara langsung atau diolah dulu menjadi berbagai jenis menu yang lezat. Jangan lupa, teksturnya harus disesuaikan dengan usia bayi.

2. Alpukat

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/09/alpukat-595x335.jpg

Berikutnya ada buah alpukat yang juga sama seperti pisang, sangat populer di dunia MPASI. Tekstur buah ini sangat lembut sehingga cocok sekali untuk dicerna oleh bayi. Selain teksturnya lembut, buah alpukat juga punya rasa yang enak. Sangat cocok untuk diberikan kepada si kecil saat mulai belajar makan.

Alpukat mengandung asam lemak yang sangat dibutuhkan oleh tubuh bayi di masa pertumbuhannya. Sangat bagus untuk membantu mengoptimalkan perkembangan otak dan kemampuan kognitif bayi. Selain itu alpukat juga mengandung zat besi yang bisa mencegah anemia dan vitamin C yang akan memperkuat kekebalan tubuh bayi sehingga jarang sakit.

3. Buah Naga

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/09/buah-naga-595x335.jpg

Salah satu jenis buah yang bagus untuk bayi adalah buah naga. Buah dengan daging berwarna merah ini punya kandungan gizi yang tinggi. Rasanya juga tidak terlalu kuat sehingga cocok untuk bayi yang baru mulai mencoba berbagai jenis makanan. Teksturnya pun sangat lunak, begitu mudah untuk ditelan oleh bayi bahkan saat baru mulai belajar makan makanan padat.

Buah naga mengandung zat besi dan magnesium dalam kadar yang cukup tinggi. Selain itu di dalam buah naga juga terdapat vitamin C dan vitamin E yang bagus untuk kesehatan tubuh si kecil. Jenis buah ini juga mengandung banyak air sehingga efektif untuk mencegah dehidrasi pada bayi.

4. Mangga

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/09/mangga-595x335.jpg

Jenis buah yang satu ini sudah pasti akan sangat disukai oleh para bayi. Mangga punya rasa yang enak dan teksturnya sangat mudah untuk ditelan. Hanya saja pastikan untuk berhati-hati memilih buah mangga untuk bayi. Pastikan untuk memilih buah mangga yang sudah matang dan punya rasa manis. Jika rasanya asam maka bayi pasti langsung menolak secara otomatis.

Buah mangga punya banyak kandungan vitamin A dan vitamin B. Selain itu kandungan vitamin C dalam buah ini juga cukup tinggi sehingga efektif meningkatkan daya tahan tubuh. Cocok dikonsumsi dalam bentuk puree atau dipotong kecil-kecil jika bayi sudah pandai mengunyah makanan padat.

5. Pepaya

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/09/pepaya-595x335.jpg

Pilihan buah yang bagus untuk bayi berikutnya adalah pepaya. Jenis buah yang satu ini memiliki tekstur yang sangat lembut dan cocok untuk bayi. Selain itu buah pepaya juga mayoritas punya rasa manis, terutama untuk jenis buah pepaya yang sudah matang sempurna. Mudah disajikan langsung atau dibuat dalam bentuk puree untuk bayi 6-7 bulan.

Pepaya mengandung vitamin A dan vitamin C yang cukup tinggi. Selain itu buah ini juga punya kandungan serat yang tinggi. Tidak heran jika biasanya buah pepaya sangat direkomendasikan untuk membantu memperlancar BAB pada bayi. Apalagi jika bayi mulai mengonsumsi banyak jenis makanan padat dan butuh penyeimbang yang bisa memperlancar BAB.

6. Apel

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/09/apel-595x335.jpg

Coba berikan juga buah apel kepada bayi. Jenis buah yang satu ini juga mudah disajikan dalam bentuk puree dan cocok untuk dikonsumsi bayi. Pilih jenis apel yang manis supaya bayi tidak menolak. Selain dibuat puree, apel juga bisa diberikan dalam bentuk potongan tipis dengan catatan bayi sudah pandai mengunyah makanan.

Apel memiliki kandungan serat yang cukup tinggi sehingga sangat baik untuk pencernaan. Selain itu kandungan vitamin C dan antioksidan dalam apel juga tinggi sehingga bagus untuk kesehatan si kecil. Efektif menjaga sistem kekebalan tubuh dan menjauhkan si kecil dari berbagai jenis penyakit.

7. Kiwi

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/09/kiwi-595x335.jpg

Buah satu ini ternyata juga sangat bagus untuk diberikan kepada bayi. Meskipun rasanya asam, namun kiwi memiliki begitu banyak manfaat bagi tubuh. Manfaat tersebut salah satunya berkat kandungan vitamin C dalam kiwi yang cukup tinggi. Sangat efektif untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mendukung pertumbuhan sel tubuh secara optimal.

Vitamin C dalam kiwi ternyata juga bisa membantu mengoptimalkan penyerapan zat besi. Jadi sangat bagus untuk dikonsumsi oleh bayi yang memang butuh asupan zat besi memadai di masa pertumbuhannya. Supaya rasanya tidak terlalu asam, coba tunggu dulu sampai buah matang sempurna baru diberikan kepada si kecil.

8. Pir

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/09/pir-595x335.jpg

Buah yang kaya akan air ini memang disukai oleh banyak orang. Pir menjadi salah satu pilihan buah yang bagus untuk bayi. Buah ini cocok dikonsumsi sejak bayi masuk usia 6 bulan. Bisa dihaluskan terlebih dahulu atau dijadikan finger food jika memang si bayi sudah pandai mengunyah makanan. Kandungan airnya sangat tinggi sehingga bisa menghidrasi tubuh bayi dengan sangat baik.

Salah satu manfaat dari buah pir adalah bisa menjaga kesehatan tulang dan meningkatkan daya tahan tubuh. Di dalamnya terdapat berbagai jenis vitamin seperti vitamin C, B2, B3, dan B6. Selain itu buah ini juga mengandung vitamin K yang memang dibutuhkan untuk mendukung kesehatan tulang.

9. Semangka

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/09/semangka-595x335.jpg

Buah merah yang menyegarkan ini juga sangat cocok diberikan kepada bayi. Buah semangka punya rasa yang manis dan menyegarkan. Bayi pasti bisa mengonsumsinya sebagai camilan atau selingan. Kandungan airnya juga cukup tinggi, efektif mencegah dehidrasi. Hal ini pula yang membuat semangka jadi salah satu jenis buah yang direkomendasikan untuk dikonsumsi sebagai pereda demam saat bayi sakit.

Tekstur buah semangka juga sangat ringan. Mudah sekali untuk dikonsumsi oleh bayi. Bisa jadi pilihan finger food yang menyenangkan karena bayi juga bisa mengenali teksturnya yang sangat berair. Di dalam buang semangka terdapat kandungan kalium dan vitamin B yang sangat bagus untuk pertumbuhan bayi. Pastikan untuk jeli memberikan buah semangka, jangan sampai bayi memakan bijinya.

Ada banyak pilihan jenis buah yang bagus untuk bayi. Buah-buahan ini bisa jadi pilihan untuk dijadikan camilan di sela waktu makan utama. Sebaiknya untuk bayi kurang dari 1 tahun tidak diberikan buah dalam bentuk jus. Berikan saja dalam bentuk finger food atau puree yang jauh lebih aman dan nutrisinya juga masih sempurna tanpa campuran air.

Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2022, Sayurbox