8 Tips Masak Soto Lamongan yang Gurih dan Koyanya Nendang!

Ada begitu banyak menu soto khas daerah di tanah air, salah satunya adalah soto Lamongan. Sesuai dengan namanya, soto ayam satu ini berasal dari daerah Lamongan di Jawa Timur. Salah satu ciri khas dari soto ini adalah penggunaan koya sebagai topping.nya, yang kemudian juga menambah gurihnya rasa soto ini. Yuk masak soto Lamongan anti gagal pakai tips di bawah ini.

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/08/soto-lamongan-595x335.jpg

1. Sangrai Kemiri dan Bakar Kunyit Sebelum Dihaluskan

Kemiri dan kunyit merupakan dua bahan yang digunakan dalam pembuatan soto Lamongan. Kedua bahan ini diolah dengan cara dihaluskan bersamaan dengan bahan bumbu halus lainnya. Agar cita rasa yang dihasilkan, Sayurfriends direkomendasikan untuk menyangrai kemiri dan membakar kunyit terlebih dahulu sebelum dihaluskan.

Mengapa kedua bahan ini harus disangrai dan dibakar? Jawabannya adalah karena untuk menghasilkan cita rasa soto yang makin sedap dan aroma yang makin harum. Kemiri yang disangrai akan mengeluarkan minyak, yang bakal meningkatkan cita rasa masakan. Sedangkan untuk kunyit yang dibakar, akan membuat aroma soto makin wangi dan warnanya pun makin cerah.

2. Pastikan Tekstur Bumbu Benar-Benar Halus

Ada beberapa bahan bumbu halus yang digunakan dalam membuat soto ini, seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit, dan merica. Pastikan nanti ke semua bahan bumbu halus ini benar-benar memiliki tekstur yang halus setelah dihaluskan, agar cita rasa khas soto khas Lamongan-nya benar-benar terasa. Sayurfriends bisa menguleknya atau pun memblendernya.

3. Gunakan Ayam Kampung

Daging ayam merupakan salah satu bahan utama dalam pembuatan soto ini. Ayam akan diolah dengan cara direbus menggunakan bumbu yang sudah ditumis, kemudian digoreng dan disuwir. Agar cita rasa Soto Lamongan ini makin terasa nikmat, Sayurfriends dianjurkan untuk menggunakan ayam kampung dibandingkan ayam potong atau broiler sebagai bahannya.

Penggunaan ayam kampung sebagai bahan utama soto ini akan membuat sajian soto jadi terasa lebih gurih. Selain karena alasan kegurihan cita rasanya, ayam kampung juga terbukti lebih sehat untuk dikonsumsi jika dibandingkan dengan ayam broiler. Namun, jika memang kesulitan untuk menggunakan ayam kampung, ayam broiler atau ayam potong pun tak masalah untuk digunakan.

4. Gunakan Air Dingin atau Air Biasa untuk Merebus Ayam

Salah satu kunci agar daging ayam bisa matang dengan sempurna dan menghasilkan kaldu yang gurih dan kental adalah dengan merebusnya menggunakan air biasa, dibandingkan dengan air hangat. Lebih lamanya waktu yang dibutuhkan oleh air biasa untuk mendidih, akan membuat lemak daging ayam jadi keluar lebih banyak, sehingga kaldunya pun nanti lebih melimpah.

Rebuslah ayam menggunakan air biasa tersebut hingga matang dan tentunya berkaldu. Jika sudah matang, saring air rebusan itu terlebih dahulu untuk menghindari kotoran yang tak diperlukan. Selanjutnya, baru masukkan tumisan bumbu halus dan daun rempah ke dalam air rebusan ayam tersebut, untuk nantinya digunakan sebagai kuah soto.

5. Tambahkan Air Jika Daging Ayam Belum Empuk

Salah satu tantangan saat merebus ayam, khususnya ayam kampung, adalah tekstur dagingnya belum empuk namun air rebusannya sudah keburu menyusut. Jika hal ini Sayurfriends alami saat memasak soto ini nanti, tenang saja alias gak usah panik. Jika kuah kaldu rebusan ayam tersebut menyusut, Sayurfriends bisa tambahkan air secukupnya yang diperlukan hingga daging ayam empuk.

6. Buat Koya Sendiri dengan Bahan Berkualitas

Tak lengkap rasanya jika Soto Lamongan disajikan tanpa bubuk koya. Maka dari itu, jangan lupa untuk membuat bubuk koya sembari memasak soto. Cara membuat bubuk koya terbilang cukup mudah kok, Sayurfriends hanya perlu memblender halus kerupuk udang dan bawang putih goreng hingga halus. Nantinya, taburkan bubuk koya di wadah yang sudah berisikan soto.

Dengan menggunakan kerupuk udang yang berkualitas dan juga bawang putih goreng segar, tentu saja bubuk koya yang Sayurfriends buat akan begitu lezat cita rasanya. Tambahan bubuk koya ini akan menambah kegurihan dan kesegaran dari soto yang nantinya disantap. Jika bubuk koya ini dibuat sendiri di rumah, Sayurfriends juga bakal bisa nambah bubuk koya sepuasnya.

7. Sajikan Soto dengan Bahan Isian Lengkap

Agar sajian soto khas Lamongan yang Sayurfriends buat makin sempurna, pastikan bahan isian yang diperlukan tersedia semuanya. Bahan isiannya tersebut sama sekali tak banyak kok, Sayurfriends hanya perlu sohun yang sudah diseduh dengan air panas, potongan tomat, kol yang sudah dirajang, dan telur rebus. Kombinasi bahan isian ini nantinya diguyur dengan kuah kaldu yang gurih.

8. Sajikan dengan Aneka Topping Lainnya

Agar cita rasa soto khas Lamongan yang Sayurfriends buat makin endeus, pastikan topping atau bahan pelengkap yang digunakan gak cuma bubuk koya aja. Tambahkan topping berupa seledri yang sudah dirajang, sambal rawit merah, jeruk nipis, dan kecap manis bagi yang suka sotonya agak manis. Sudah terbayang betapa segar dan gurihnya soto dengan paduan topping ini?

Yuk ikuti 8 tips di atas untuk membuat Soto Lamongan yang rasanya endeus dan tentunya anti gagal. Saat menyajikannya nanti, Sayurfriends jangan sampai lupa untuk menambahkan bubuk koya, karena bubuk koya ini merupakan ciri khas dari soto khas Lamongan tersebut. Jika suka pedas, bisa pakai sambal rawit merah yang banyak atau jika sudah manis bisa ditambahi kecap.

Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2022, Sayurbox