8 Masakan khas Sulawesi yang Enak dan Mengenyangkan

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/08/masakan-khas-sulawesi-595x335.jpg

Sulawesi menyimpan banyak pesona dan salah satunya terletak pada pilihan menu makanan yang khas disantap warga lokal di sana. Aneka jenis masakan khas Sulawesi memang menarik untuk dicoba. Jadi tidak heran jika para wisatawan yang berkunjung ke Sulawesi akan meluangkan waktu untuk berwisata kuliner di berbagai tempat. Langsung saja, ini berbagai jenis menu khas Sulawesi yang menarik untuk dicoba.

1. Coto Makassar

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/08/coto-makassar-595x335.jpg

Bicara soal makanan asli Sulawesi, jelas menu satu ini pasti akan disebut. Coto Makassar adalah menu makanan yang sangat populer di Sulawesi Selatan. Di dalamnya ada jeroan sapi yang direbus dalam waktu lama lalu diolah dengan berbagai jenis rempah. Perpaduan jeroan sapi dan rempah yang kuat membuat menu ini selalu sukses bikin ketagihan banyak orang.

Umumnya, Coto Makassar akan dinikmati dengan lontong atau buras yang sebelumnya diolah dengan santan dan rempah. Selain membuat tubuh merasa lebih segar dan bersemangat, menu ini juga bisa memberi efek kenyang. Cocok dijadikan pilihan untuk menemani waktu makan siang.

2. Cakalang Fufu

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/08/Cakalang-Fufu-595x446.jpg

Source: tokomesin.com

Berikutnya ada menu Cakalang Fufu yang khas dari Sulawesi Utara. Menu ini terbuat dari daging ikan cakalang yang kemudian dibumbui lalu diasap menggunakan jepitan kerangka bambu. Menu ini sangat populer terutama di Minahasa. Biasanya warga akan menyantap menu ini dengan nasi putih panas dan sambal khas Minahasa yang biasa disebut dabu-dabu.

Menariknya lagi, Cakalang Fufu tidak hanya bisa dijadikan lauk langsung tapi juga bisa dijadikan bahan pelengkap makanan lain. Biasanya menu ini akan ditambahkan ke berbagai jenis hidangan. Bisa ditambahkan ke mie goreng, nasi goreng, dan ada juga yang memasaknya jadi menu rica-rica pedas.

3. Kaledo

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/08/kaledo-595x335.jpg

Berikutnya ada masakan khas Sulawesi bernama Kaledo. Menu ini menyerupai sop buntut dan berasal dari wilayah provinsi Sulawesi Tengah. Sop ini sangat cocok dinikmati saat cuaca dingin atau ketika tidak enak badan karena bisa membuat tubuh kembali segar dan berenergi.

Ada satu hal menarik dari kebiasaan masyarakat lokal menyantap Kaledo. Menu ini tidak biasa disantap bersama dengan nasi tapi lebih banyak disajikan bersama ubi. Aneka jenis rempah yang digunakan pada makanan ini membuatnya terasa begitu nikmat dan menggugah selera.

4. Palumara

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/08/palumara-595x396.jpg

Source: sarihusada.co.id

Pilihan menu berikutnya yang juga sangat populer di Sulawesi adalah olahan ikan bernama Palumara. Menu satu ini sangat cocok untuk dinikmati oleh para pencinta seafood. Bahan utama yang digunakan adalah ikan laut khas daerah Sulawesi Tengah. Daging ikannya lembut dan sangat nikmat dipadu dengan aneka jenis bumbu rempah rahasia.

Palumara sering dijadikan pilihan bagi para wisatawan yang menjelajahi objek wisata di Sulawesi Tengah. Selain segar, makanan ini sangat enak dan bisa meningkatkan nafsu makan berkat aroma serta rasanya yang kuat. Pastikan untuk tidak melewatkannya karena dijamin bikin ketagihan.

5. Milu Siram

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/08/milu-siram-595x364.jpeg

Source: prosesnews.id

Makanan satu ini juga cukup menarik untuk dinikmati. Milu Siram merupakan menu makanan khas daerah Sulawesi Tengah yang terbuat dari jagung muda. Di dalamnya juga terdapat daging ikan atau udang sebagai pelengkap. Menu ini memiliki perpaduan rasa manis dari jagung dan gurih dari udang atau ikannya.

Menariknya lagi, Milu Siram ini bisa disajikan ke dalam berbagai jenis varian rasa. Bisa pedas, manis, juga asin tergantung selera masing-masing. Jadi saat  Sayurfriends berkunjung ke Sulawesi dan ingin menikmati makanan ini, jangan lupa request juga jenis rasa yang diinginkan. Makanan ini juga sangat dipercaya bisa menghancurkan kolesterol jahat di dalam tubuh, lho!

6. Pangi

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/08/pangi.jpg

Source: masakandapurku.com

Sayurfriends juga bisa menemukan masakan khas Sulawesi bernama Pangi. Makanan ini terbuat dari daun kluwak sebagai bahan utamanya. Daun kluwak akan dimasak bersama dengan aneka jenis rempah hingga menghasilkan cita rasa yang enak. Makanan ini biasanya disajikan saat ada acara istimewa seperti pesta pernikahan, ulang tahun, maupun pembaptisan.

Sebenarnya, resep asli Pangi ini menggunakan campuran daging, lemak, dan terkadang ada darah babinya. Namun sekarang resep Pangi sudah dimodifikasi dan banyak restoran yang menyajikan Pangi tanpa darah babi. Biasanya Pangi lebih banyak disajikan memakai pelengkap berupa daging ikan, daging sapi, maupun daging ayam.

7. Barongko

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/08/barongko-595x335.jpg

Ada pula menu bernama Barongko yang sangat populer di Sulawes. Barongko ini sebenarnya merupakan kudapan yang biasa disantap di sore hari bersama secangkir teh hangat. Barongko terbuat dari bahan utama pisang kepok atau biasa dikenal dengan nama utti loppo di Sulawesi. Makanan ini sering sekali dijumpai di acara-acara hajatan masyarakat Sulawesi Selatan.

Tidak hanya pisang, Barongko juga menggunakan bahan-bahan pelengkap lain seperti gula pasir, telur, santan kental, garam, dan vanili. Makanan ini diolah dengan cara dikukus dan dibungkus menggunakan daun pisang. Meskipun biasa disajikan sajian saat ada hajatan, tapi menu ini sudah semakin mudah ditemui terutama di toko-toko kue tradisional.

8. Ikan Bakar Parape

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/08/Ikan-Bakar-Parape-595x298.jpg

Source: kompas.com

Jika Sayurfriends gemar makan ikan, jangan lewatkan menu Ikan Bakar Parape yang menjadi salah satu makanan khas di Sulawesi. Menu ini bukanlah ikan bakar biasa karena dilengkapi dengan bumbu khas yang kaya akan rempah. Rempah-rempah yang digunakan memiliki perpaduan rasa asam, manis, juga pedas.

Bumbu ikan bakar ini menggunakan bawang merah, bawang putih, kemiri, gula merah, jahe, dan air asam. Sayurfriends bisa dengan mudah menemui menu ini warung-warung makan seafood di wilayah Makassar. Cocok sekali disantap bersama nasi putih hangat.

Cita rasa masakan khas Sulawesi begitu beragam dan dijamin akan memberi kesan yang tak terlupakan. Pemakaian bumbu rempah pada berbagai macam menu khas Sulawesi juga membuatnya terasa begitu istimewa. Pastikan Sayurfriends sempat berwisata kuliner saat berkunjung ke sana, ya!

Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2022, Sayurbox