8 Makanan yang Selalu Ada saat Momen Lomba Kemerdekaan Indonesia

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/08/lomba-kemerdekaan-595x335.jpg
Menyambut momen perayaan kemerdekaan Republik Indonesia, ada banyak jenis lomba yang akan digelar oleh warga. Lomba kemerdekaan yang digelar sangat bervariasi dan beberapa di antaranya akan melibatkan makanan. Ada banyak jenis makanan yang identik sekali dengan momen lomba 17 Agustus. Ini dia 8 jenis makanan yang biasanya selalu ada saat lomba perayaan kemerdekaan.

1. Nasi Goreng

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/08/nasi-goreng-595x335.jpg
Menu satu ini memang jadi salah satu ikon di Indonesia. Sangat populer bahkan sampai ke kalangan turis internasional. Tidak sedikit turis mancanegara yang menjadikan nasi goreng sebagai menu favorit mereka. Makanan ini biasanya selalu muncul saat ada momen lomba 17 Agustus.
Umumnya masyarakat akan mengadakan lomba memasak dan menyajikan nasi goreng secantik mungkin. Nasi goreng biasa dipilih sebagai menu perlombaan karena cukup mudah dibuat dan prosesnya tidak membutuhkan waktu yang lama. Selain itu menu ini juga sangat universal dan disukai oleh banyak orang jadi cocok dipilih untuk perlombaan.

2. Tumpeng Nasi Kuning

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/08/nasi-tumpeng-1-595x335.jpg
Berikutnya ada tumpeng nasi kuning yang juga biasanya akan muncul saat ada perlombaan kemerdekaan. Menu satu ini sudah tak asing lagi di kalangan masyarakat dan memang selalu ada di saat peringatan kemerdekaan. Sama halnya seperti nasi goreng, biasanya masyarakat akan mengadakan lomba mengolah tumpeng dan menyusunnya.
Makanan ini punya keistimewaan tersendiri dan cukup rumit apalagi dari segi penyusunannya. Menata tumpeng nasi kuning agar rapi dan estetik tidaklah mudah. Belum lagi harus mengatur semua jenis lauk pendampingnya di satu wadah. Tidak heran jika menu ini sering dijadikan sebagai objek dalam perlombaan tersebut.
Baca juga:

3. Kerupuk

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/08/kerupuk-595x335.jpg
Lomba kemerdekaan makan kerupuk seolah sudah jadi tradisi turun-menurun bagi masyarakat. Jenis lomba satu ini sangat sering diadakan saat momen kemerdekaan tiba. Biasa diikuti oleh peserta anak-anak namun ada juga yang mengadakannya khusus untuk orang dewasa.
Lomba makan kerupuk mungkin terlihat sederhana padahal cukup seru dan menantang. Jenis kerupuk yang dipakai sangat bervariasi dan biasanya akan dipilih kerupuk yang berukuran besar supaya semakin lama perlombaannya. Kerupuk akan digantung memakai tali lalu peserta lomba diminta menghabiskan kerupuk yang menggantung tersebut sampai habis tanpa bantuan tangan.

4. Ketan Sepit

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/08/ketan-sepit-595x662.jpg
Source: Instagram @eduarsy.5888
Berikutnya ada ketan sepit yang terbuat dari beras ketan dan bentuknya menyerupai lemper. Makanan ini cukup menarik dan biasa dijadikan sebagai salah satu objek perlombaan. Ketan sepit ini dimakan dengan cara dijepit memakai bambu. Keunikannya ini membuat warga terinspirasi untuk mengadakan lomba makan ketan sepit.
Sebenarnya ketan sepit ini sering disajikan bersama lauk pendamping seperti telor abang. Namun, supaya lebih seru maka perlombaan dilakukan dengan makan ketan sepit saja tanpa pakai lauk. Tantangannya terletak pada kecepatan mengunyah dan menelan ketan agar bisa menang.

5. Bubur Merah Putih

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/08/bubur-merah-putih-1-595x298.jpg
Makanan satu ini juga sering dijumpai saat momen lomba kemerdekaan. Bukan menu yang sederhana dan cukup
tricky
pengolahannya, tidak heran jika makanan ini dijadikan objek perlombaan. Biasanya warga akan menggelar lomba mengolah bubur merah putih dan menghiasnya secantik mungkin.
Bubur ini membawa warna yang merupakan simbol dari bendera Indonesia, merah dan putih. Bubur merahnya menggunakan gula merah sementara bubur putih memakai santan kelapa. Kemudian penataannya bisa dibuat sesuka hati selama warna bubur merah dan putih tidak bercampur. Makanan ini selalu disukai oleh warga dan jadi ikon momen 17 Agustus di Indonesia.

6. Telok Abang

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/08/telok-abang-1-595x333.jpg
Source: sumsel.suara.com
Warga Palembang pasti sudah tidak asing lagi dengan menu yang satu ini. Telok abang merupakan makanan khas kemerdekaan yang berasal dari Palembang. Makanan ini berupa telur rebus yang warna kulitnya merah atau abang. Warna merah tersebut muncul karena telur direbus menggunakan pewarna makanan yang aman dikonsumsi.
Telok abang ini biasanya akan menjadi lauk pendamping tumpeng atau nasi kuning. Namun banyak juga warga yang mengadakan lomba makan telok abang sebanyak mungkin. Padahal makan telur rebus itu tidak mudah, apalagi jika harus cepat. Tidak heran jika lomba ini pasti berlangsung seru dan menyenangkan.

7. Nasi Tiwul

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/08/nasi-tiwul-2-595x744.jpg
Source: Instagram @carikulinersolo
Berikutnya ada nasi tiwul yang juga cukup sering muncul di momen kemerdekaan. Ini adalah jenis makanan yang dikonsumsi oleh warga pribumi di masa penjajahan dahulu. Keterbatasan membuat warga pribumi kesulitan membeli beras dan akhirnya makan nasi tiwul sebagai sumber karbohidrat.
Lomba memasak dan menyajikan nasi tiwul juga sering dijumpai di berbagai daerah. Tidak hanya sekadar nasinya namun harus disiapkan juga aneka jenis lauk pendamping. Mulai dari ayam goreng, tahu, tempe, ikan asin, dan masih banyak lagi bisa dipilih sesuka hati.
Baca juga:

8. Klepon Merah Putih

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/08/klepon-merah-putih-2-1-595x744.jpg
Source: Instagram @hateamatulhusnah
Makanan satu ini sangat populer di kalangan masyarakat karena sangat mudah dijumpai sehari-hari. Terbuat dari beras ketan, klepon memiliki daya tarik tersendiri karena di dalamnya ada gula merah lumer yang akan pecah di mulut. Makanan ini biasa dijadikan sebagai camilan bersama secangkir teh maupun kopi.
Klepon merah putih biasanya disajikan dalam momen lomba. Banyak yang mengadakan lomba makan klepon ini sebanyak mungkin dalam waktu sesingkat-singkatnya. Klepon ini juga cukup sulit untuk ditelan apalagi jika harus cepat-cepat. Inilah letak keseruan lomba makan klepon sehingga pasti akan membuat perayaan kemerdekaan jadi lebih semarak.
Banyak sekali pilihan lomba kemerdekaan yang diadakan oleh masyarakat di Indonesia. Lomba-lomba yang melibatkan makanan juga begitu beragam. Nah, Sayurfriends bisa memasak sendiri beragam jenis makanan khas kemerdekaan yang sudah dibahas tadi di rumah. Langsung saja beli bahan-bahannya memakai
supaya lebih hemat.
Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2022, Sayurbox