8 Makanan khas Papua yang Unik dan Sangat Menarik untuk Dicoba

Papua terkenal akan kebudayaan dan tradisinya yang begitu kental. Tidak hanya itu, Papua ternyata juga memiliki keunikan tersendiri berkat berbagai jenis makanan yang ada di sana. Banyak pilihan makanan khas Papua yang bisa dibilang unik tapi sangat menarik untuk dicoba. Langsung saja yuk, cari tahu apa saja pilihan menu khas Papua yang punya daya tarik tersendiri.

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/08/masakan-khas-papua-595x335.jpg

1. Ikan Bakar Manokwari

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/08/Ikan-Bakar-Manokwari-595x397.jpg

Source: katakini.com

Makanan pertama ada ikan bakar Manokwari yang begitu populer di Papua sana. Menu ini bahkan sangat mudah ditemukan di warung-warung pinggir jalan. Masyarakat Papua juga sering menjadikan makanan ini sebagai menu sehari-hari. Selain rasanya enak, makanan ini juga bergizi karena menggunakan daging ikan yang kaya protein.

Biasanya jenis ikan yang dipakai adalah ikan tongkol. Menu ini terbilang istimewa karena punya cita rasa khas yang begitu kuat. Bumbu rempah yang dipakai bisa meresap sempurna di daging ikan. Menu ini juga tambah nikmat jika disantap bersama sambal khas Papua. Jangan lupa, sediakan juga nasi putih hangat supaya tambah mantap.

2. Papeda

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/08/Papeda-595x336.jpg

Source: kumparan.com

Sayurfriends pasti sudah tidak asing lagi dengan menu yang satu ini. Papeda memang sangat populer di kalangan masyarakat timur. Makanan ini tidak hanya digemari oleh warga lokal tapi juga sering dijadikan incaran oleh para wisatawan yang datang ke sana. Keunikan papeda memberikan kesan yang berbeda bagi bagi mereka yang menyantapnya.

Papeda terbuat dari tepung sagu dan memiliki tekstur yang kental. Biasanya makanan ini dikonsumsi dengan cara digulung-gulung di sebuah batang bambu sebelum disantap. Menariknya lagi, papeda ini sangat baik untuk kesehatan pencernaan. Bahkan papeda juga dipercaya bisa mengatasi masalah lambung.

Liat resepnya di sini yuk :

3. Sambal Colo-Colo

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/08/sambal-colo-colo-595x397.jpg

Source: dictio.id

Pencinta makanan pedas, wajib mencoba sambal colo-colo khas Papua. Setiap daerah memang biasanya memiliki sambal dengan ciri khas masing-masing. Begitu juga dengan Papua yang punya sambal colo-colo dengan cita rasa unik dan bikin ketagihan. Sambal ini sebenarnya bukan berasal langsung dari Papua melainkan dari Ambon dan Manado.

Seiring dengan berjalannya waktu, sambal colo-colo banyak diminati oleh warga Papua. Bahkan sambal ini juga sering diburu oleh wisatawan yang sedang menjelajah di Papua. Dari segi rasa, sambal colo-colo ini punya banyak rasa. Mulai dari asam, pedas, dan manis sehingga bisa memberikan kesan yang unik di mulut.

4. Ikan Bungkus

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/08/ikan-bungkus-595x335.jpg

Source: merahputih.com

Makanan khas Papua berikutnya adalah ikan bungkus. Sesuai dengan namanya, menu ini terbuat dari bahan utama daging ikan. Menu ini juga sangat mudah dijumpai di Papua dan sering dijadikan makanan sehari-hari warga lokal. Salah satu faktor yang membuat makanan ini terasa sangat enak adalah racikan bumbunya yang begitu kaya akan rempah.

Ikan bungkus terkenal dengan aromanya yang sangat wangi dan cita rasa yang begitu lezat. Tidak heran jika makanan ini terasa istimewa. Proses pengolahannya saja cukup lama karena harus dibakar di atas api kecil. Tujuannya adalah untuk memastikan bumbu rempah meresap secara sempurna ke dalam daging ikan.

5. Sagu Lempeng

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/08/Sagu-Lempeng-595x334.png

Source: merahputih.com

Selain menu makanan berat, ada juga camilan khas Papua yang sayang untuk dilewatkan yaitu sagu lempeng. Kue ini sangat populer di sana dan begitu mudah untuk dijumpai. Rasanya memang enak dan bikin ketagihan dalam sekali coba jadi tidak heran jika ada banyak orang yang menjual kue ini.

Sagu lempeng umumnya dinikmati bersama teh dan kopi sambil bersantai. Namun, jangan kaget jika tekstur kue ini terasa sedikit lebih keras apalagi saat pertama kali digigit. Inilah yang menjadi ciri khas dari sagu lempeng dimana teksturnya memang keras tapi justru bikin ketagihan.

6. Sate Ulat Sagu

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/08/sate-ulat-sagu-595x397.jpg

Source: pariwisataindonesia.id

Menu makanan khas Papua satu ini mungkin terasa begitu ekstrem. Sate ulat sagu adalah menu yang tidak biasa dan akan membuat para wisatawan dari luar Papua tercengang. Sesuai dengan namanya, makanan ini terbuat dari bahan utama daging ulat sagu.

Menariknya, ulat sagu ini justru memiliki kandungan protein dan gizi yang sangat bagus untuk tubuh. Bahkan ulat sagu ini juga rendah kolesterol dan sangat aman untuk dikonsumsi. Rasanya memiliki perpaduan antara manis dan asin. Teksturnya juga sangat kenyal sehingga cukup menarik untuk dicoba.

7. Kue Bagea

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/08/Kue-Bagea-595x340.jpg

Source: cantik.tempo.co

Jika Sayurfriends berkunjung ke Papua dan ingin membeli oleh-oleh untuk keluarga di rumah, kue bagea ini bisa jadi pilihan tepat. Kue ini merupakan salah satu camilan dan oleh-oleh wajib di Papua. Bagea merupakan abon gulung yang rasanya sangat enak dan isian abonnya juga melimpah.

Menariknya lagi, kue ini tidak hanya punya isian abon tetapi juga ada beberapa varian lainnya. Ada isian ayam, stroberi, cokelat, dan masih banyak lagi. Dari bentuknya memang kue ini menyerupai bolu gulung hanya saja ukurannya lebih kecil dan bahan yang dipakai juga berbeda.

8. Udang Selingkuh

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/08/udang-selingkuh-595x446.jpg

Source: tagar.id

Wah, cukup unik ya namanya? Udang selingkuh menjadi salah satu menu makanan yang sangat digemari oleh masyarakat lokal maupun wisatawan dari luar daerah. Dari namanya saja menu ini sudah terkesan unik, apalagi rasanya. Udang selingkuh terbuat dari daging udang yang berukuran cukup besar.

Mengapa diberi nama udang selingkuh? Bentuk udang yang besar ini ternyata menyerupai kepiting. Itulah mengapa dinamai selingkuh karena udang tersebut seolah selingkuh dari identitasnya dan terlihat seperti kepiting.

Jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati aneka jenis makanan khas Papua jika Sayurfriends bisa berkunjung ke sana. Pilihan makanan yang ada di sana punya cita rasa khas meskipun beberapa di antaranya memang terkesan ekstrem. Jangan lupa, bawa juga oleh-oleh untuk dinikmati bersama keluarga di rumah.

Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2022, Sayurbox