8 Makanan khas Kalimantan yang Lezat Kaya akan Rempah

Selain terkenal dengan destinasi wisata dan warisan budayanya, Kalimantan juga populer karena berbagai jenis kuliner khas yang lezat. Tidak heran jika Kalimantan sering dijadikan destinasi bagi para pelancong. Berikut ini ada 8 makanan khas Kalimantan yang terkenal lezat dan kaya akan rempah.

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/08/makanan-khas-kalimantan-595x335.jpg

1. Soto Banjar

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/08/soto-banjar.jpg

Source: selerasa.com

Siapa tidak kenal menu makanan satu ini? Soto Banjar begitu populer bahkan bukan hanya di kalangan masyarakat Kalimantan tapi juga di pulau-pulau lainnya. Mungkin soto adalah menu makanan berkuah yang sudah biasa ditemui di berbagai tempat. Namun soto khas Kalimantan ini memiliki ciri khas yang membuatnya berbeda.

Soto Banjar menggunakan bahan utama suwiran ayam yang dilengkapi kuah sedap kaya rempah. Bagian kuahnya ini memang cukup istimewa karena diolah dengan campuran susu jadi warnanya sedikit keruh. Tidak hanya suwiran daging ayam, menu ini juga dilengkapi isian lain seperti wortel, telur rebus, ketupat, dan perkedel kentang.

2. Juhu Umbut Sawit

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/08/Juhu-Umbut-Sawit-595x335.jpg

Source: merdeka.com

Berikutnya ada Juhu Umbut Sawit yang merupakan makanan khas Palangkaraya. Menu ini sangat unik karena terbuat dari bonggol pohon kelapa atau biasa disebut umbut rotan. Umbut rotan akan dipotong tipis-tipis lalu direndam dalam air agar warnanya tidak berubah merah. Setelah itu umbur rotan akan dimasak bersama berbagai jenis rempah.

Umumnya Juhu Umbut Sawit akan disajikan saat momen istimewa yaitu ketika ada acara syukuran pesta pernikahan. Namun saat ini menu tersebut sudah banyak ditemui di berbagai restoran. Para wisatawan biasanya akan mampir untuk menikmati kelezatan menu khas yang satu ini.

3. Ayam Cincane

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/08/Ayam-Cincane.jpg

Source: wikipedia

Selanjutnya ada Ayam Cincane yang datang dari Samarinda, Kalimantan Timur. Menu ini sangat populer di sana dan biasanya direkomendasikan untuk para wisatawan. Menu satu ini terbuat dari daging ayam yang dibumbui dengan aneka jenis rempah lalu dibakar.

Salah satu ciri khas dari menu Ayam Cincane ini adalah penggunaan bumbu merah di dalamnya. Selain itu ayam ini juga akan dibumbui dengan jahe, kemiri, dan lengkuas. Selain bumbu rempahnya begitu kuat, menu satu ini juga banyak disukai karena tekstur dagingnya terbilang empuk karena hanya memakai ayam kampung.

4. Kalumpe

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/08/Kalumpe-595x335.jpg

Source: youtube.com

Makanan khas Kalimantan berikutnya adalah Kalumpe yang berasal dari warga suku Dayak. Kalumpe merupakan makanan yang terbuat dari daun singkong. Daun singkong ditumbuk halus terlebih dahulu baru kemudian diolah dengan berbagai jenis rempah mulai dari bawang putih, bawang merah, kayu manis, cabai, lengkuas, dan serai.

Makanan ini juga biasanya akan diberi campuran terong pipit atau terong kecil. Setelah selesai diolah, menu ini akan disajikan dengan taburan kacang tanah dan ikan teri di atasnya. Paling cocok jika dinikmati bersama nasi putih hangat dan sambal terasi.

5. Pepes Kepiting Soka

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/08/Pepes-Kepiting-Soka-595x396.jpg

Source: beritagar.id

Di Kalimantan Timur ada sebuah menu yang pasti akan disukai oleh para pencinta seafood. Menu tersebut adalah Pepes Kepiting Soka yang menggunakan bahan utama kepiting segar. Pepes ini terasa sangat lezat karena kepitingnya dibumbui dengan cabai merah, cabai rawit, kemangi, serai, juga berbagai jenis rempah lainnya.

Salah satu alasan yang membuat menu makanan ini terasa jauh lebih nikmat adalah karena dibungkus dengan daun pisang saat diolah. Ada 2 proses pengolahan yang akan dijalani yaitu proses pengukusan sampai matang kemudian dibakar di atas bara api. Menu ini punya aroma yang begitu sedap dan rasanya memang sangat enak.

6. Bubur Pedas

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/08/bubur-pedas-595x396.jpg

Source: swadayaonline.com

Berikutnya ada menu Bubur Pedas dari Kalimantan Barat yang sangat populer di kalangan masyarakat lokal. Menariknya, meskipun diberi nama bubur pedas tapi makanan ini sama sekali tidak punya cita rasa pedas. Hanya saja hal ini sama sekali tidak mengurangi kelezatan yang ditawarkan oleh makanan tersebut.

Menu satu ini hampir mirip dengan Bubur Manado yang di dalamnya menggunakan banyak sekali jenis sayuran. Biasanya masyarakat di sana akan menyantap menu bubur ini bersama dengan lauk ikan teri dan diberi perasan air jeruk nipis. Jadi ada cita rasa segar berpadu dengan gurih dan rempah yang mantap.

7. Bakmi Kepiting Pontianak

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/08/bakmi-kepiting-pontianak-595x334.jpg

Source: viva.co.id

Pencinta bakmi wajib mencoba menu makanan khas Kalimantan yang satu ini. Bakmi Kepiting Pontianak menjadi salah satu jenis makanan yang cita rasanya juara dan dijamin bikin ketagihan. Menu ini juga sempat keluar di film Aruna dan Lidahnya sehingga membuat banyak orang penasaran ingin mencoba.

Sesuai namanya, bakmi ini disajikan dengan daging kepiting sebagai pelengkap. Selain daging kepiting, ada juga ikan, udang, bakso, kecambah, dan pangsit goreng yang dijadikan sebagai topping. Selain enak, menu ini juga sangat mengenyangkan jadi cocok dijadikan pilihan saat lapar.

8. Nasi Bekepor

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/08/nasi-bekepor-595x335.jpg

Jangan lewatkan juga menu Nasi Bekepor yang sangat populer di kalimantan. Makanan ini terbuat dari nasi putih yang disajikan dengan berbagai jenis lauk kaya rempah. Tapi nasi putihnya berbeda dari nasi putih pada umumnya karena dimasak juga dengan campuran rempah yang rasanya mantap.

Lauk pendamping yang biasanya digunakan adalah ikan asin yang sudah dimasak dengan rempah dan minyak sayur. Menariknya lagi, nasi ini diolah dengan cara yang sangat unik. Teknik memasaknya adalah dengan diputar di atas bara api yang membara menggunakan kendil atau periuk. Inilah yang membuat makanan ini punya cita rasa unik dan sulit ditemukan di tempat lain.

Banyak pilihan makanan khas Kalimantan yang ternyata menarik untuk dicoba. Jika Sayurfriends ada waktu berkunjung ke Kalimantan, pastikan untuk mencoba berbagai jenis makanan khas di sana. Pasti tidak akan menyesal, malah ingin kembali lagi untuk mengulangi pengalaman menyantap aneka menu khas Kalimantan yang menggoyang lidah.

Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2022, Sayurbox