Begini 8 Cara Mengupas Mangga yang Paling Mudah

Buah manga atau yang dalam bahasa latinnya Mangifera merupakan  buah yang tergolong dalam kelompok buah batu (drupa) yaitu buah yang memiliki 3 lapisan dinding buah. Ketiga lapisan dinding buah tersebut diantaranya adalah Eksokarp yang tipis (kulit), Mesokarp yang berdaging atau berserabut dan Endokarp yang tebal dan keras seperti batu. Buah Mangga adalah buah yang mengandung banyak air dan memiliki berbagai gizi atau nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan. Manfaat buah manga adalah mencegah penyakit kanker, meningkatkan system kekebalan tubuh, menjaga kesehatan tulang dan mata, juga mengedalikan tekanan darah. Sebelum mengonsumsi manga dan mendapatkan berbagai manfaatnya. Yuk, simak begini 8 cara mengupas mangga yang paling mudah.

Ini cara mengupas mangga yang paling mudah

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/02/mango-2360551_1920-595x378.jpg
Cara Mengupas Mangga yang Paling Mudah. (Foto: Pixabay)

1. Siapkan alat untuk mengupas

Alat-alat umum untuk yang kamu perlukan untuk mengupas manga adalah pengupas mangga berbentuk Y, handuk kertas atau serbet, talenan, dan pisau koki.

2. Cuci peralatan dan buah mangga

Sebelum mengupas manga, pastikan seluruh alat untuk mengupas telah bersih dan bilas buah manga di bawah air mengalir. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah perpindahan bakteri dari pisau ke mangga dan sebaliknya.

3. Kupas mangga dari atas ke bawah

Dengan menggunakan pengupas berbentuk Y, kupaslah sekitar manga untuk menyingkirkan kulitnya. Jika buahnya tidak terlalu matang, teruslah mengupasnya sampai nampak daging buah mangga yang berwarna kuning cerah. Saat kamu telah mengupas lebih banyak mangga, gunakan handuk kertas atau serbet untuk memegang mangga yang sudah dikupas sehingga tidak terlepas dari tangan kamu.

4. Tentukan garis tertinggi mangga

Tempatkan mangga di talenan dan temukan sisi yang tampaknya paling tinggi, biji buah manga akan berada di sepanjang garis itu. Setiap mangga memiliki biji pipih panjang di tengahnya, begitu kamu tahu cara menghindarinya, sisanya mudah. Potong menjadi dua, hindari biji.
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/01/Banner-Blog-595x335.jpg

5. Pegang mangga dengan handuk kertas atau serbet

Posisikan pisau koki, arahkan ke tengah buah, kamu mungkin perlu menyesuaikan sudut pisau jika kamu menemukan bahwa kamu mengenai biji mangga. Iris sisi mangga, hindari biji.

6. Potong buah manga menjadi dadu

Jika Anda pernah potong dadu alpukat, langkah ini akan familier: Menggunakan pisau pengupas, potong pola kisi pada setiap setengah mangga, pastikan tidak memotong kulit. Tekan bagian bawah setengah sehingga bagian dalam buah didorong keluar ke dalam kubus individu.

7. Ambil potongan dadu

Gunakan sendok atau pisau pengupas untuk mengambil buah dari kulit mangga.

8. Potong-potong biji mangga

Sambil memegang buah secara vertikal, potong daging yang tersisa dari tepian biji.
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/01/Banner-Blog-595x335.jpg