7 Tips Membuat Hidangan Sop Konro Lezat dan Gurih khas Makassar

Sop konro merupakan salah satu menu khas Makassar yang punya cita rasa kuat dan begitu lezat. Menu ini begitu populer dan tidak hanya dikenali oleh warga Makassar namun juga masyarakat dari luar kota. Biasa disajikan saat momen istimewa seperti pernikahan, khitanan, atau pesta adat. Mudah saja menemukan resepnya di internet, tapi supaya rasanya lebih nendang silakan terapkan tips-tips berikut ini.
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/08/sop-konro-595x335.jpg

1. Gunakan Iga Sapi yang Berkualitas

Iga sapi merupakan bahan utama dari menu yang satu ini. Oleh sebab itu sangat penting untuk memilih iga yang berkualitas supaya rasa dari sop ini semakin enak. Pemilihan iga yang bagus bisa dilakukan dengan cara melihat warna dagingnya. Pastikan warnanya merah segar dan ada sedikit lemak putih yang menempel pada bagian daging tersebut.
Iga dengan ciri-ciri yang disebutkan tadi menunjukkan bahwa teksturnya cukup lunak. Selain itu jenis iga seperti ini juga biasanya lebih
juicy
ketika dikonsumsi. Disarankan juga untuk memilih jenis iga yang masih muda karena cenderung lebih empuk. Jangan memilih iga dengan lapisan lemak yang terlalu tebal. Jenis iga seperti ini justru akan membutuhkan waktu lebih lama untuk diolah.

2. Rebus Iga Sampai Lunak

Pastikan Sayurfriends merebus iga sapi sampai benar-benar lunak. Meskipun sudah memilih iga yang tepat dan cenderung lunak serta
juicy
, namun cara pengolahannya juga harus tepat. Pastikan iga yang akan dimasukkan ke dalam sop sudah direbus dulu sampai benar-benar lunak.
Proses perebusan iga bisa dilakukan dalam 2 tahap. Kaldu rebusan pertama bisa dibuang karena pasti baunya lebih kuat. Barulah kaldu rebusan kedua bisa digunakan karena tidak memiliki bau yang terlalu kuat. Perebusan pertama cukup dilakukan sebentar saja kemudian buang airnya lalu ganti dengan air baru dan rebus sampai mendidih.
Baca juga:

3. Bakar Bawang Merah Terlebih Dahulu

Salah satu bahan bumbu yang digunakan untuk membuat sop konro adalah bawang merah. Sebelum dimasak, sebaiknya bawang merah dibakar terlebih dahulu. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa bawang merah ini akan mengeluarkan aroma khas yang menambah cita rasa dari sop favorit suku bugis tersebut.
Tidak perlu dibakar terlalu lama, cukup bakar bawang merah sebentar saja. Pilih bawang merah yang masih segar. Soal ukuran dan jumlahnya, bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Setelah dibakar, bawang merah bisa dihaluskan dengan bahan-bahan bumbu lainnya lalu ditumis sebelum dimasukkan ke kaldu.

4. Gunakan Api Kecil

Lebih disarankan untuk memakai api kecil saat memasak menu istimewa ini. Apalagi saat harus menumis bumbu, jangan menggunakan api besar karena bisa membuat bumbu cepat gosong. Jika bumbu halus gosong saat ditumis maka aromanya akan berbeda dan menimbulkan cita rasa yang kurang sedap.
Setelah bumbu halus yang ditumis dimasukkan ke kaldu sop, tetap gunakan api yang kecil. Ini juga penting untuk memastikan iga benar-benar matang tanpa mengurangi kaldu terlalu banyak. Meskipun memang pemakaian api kecil akan membuat proses pengolahan jadi jauh lebih lama.

5. Pastikan Bahan Rempahnya Lengkap

Sop konro memiliki cita rasa yang khas dan sangat kuat karena bahan rempah yang digunakan memang sangat beragam. Banyak jenis rempah yang dibutuhkan untuk menciptakan rasa khas dari kuah sopnya. Pastikan Sayurfriends tidak melewatkan satu bahan sekalipun. Semua jenis rempah harus digunakan dan dipastikan masuk ke kaldu sop supaya mendapatkan cita rasa yang kuat.
Beberapa jenis rempah yang dibutuhkan seperti cengkeh, kayu manis, kunyit, ketumbar, merica, pala, dan lengkuas. Selain bahan rempahnya, pastikan juga bahwa bahan-bahan lain yang dibutuhkan tidak ada yang terlewat.

6. Jangan Lupa Air Asam Jawa

Pastikan untuk tidak lupa memasukkan air asam jawa. Ini juga menjadi jenis bahan yang sangat penting dan akan menambah rasa segar pada kuah sop. Air asam jawa akan memberikan sensasi rasa asam yang khas dan membuat kaldu jadi tambah segar. Inilah yang akan memberikan kesan berbeda saat mencicipi kuah sop tersebut.
Air asam jawa ini bisa didapatkan dengan sangat mudah. Sayurfriends bisa melarutkan asam jawa dengan air hangat secukupnya. Biarkan asam jawa terendam sempurna untuk beberapa menit sampai airnya mulai keruh. Air ini kemudian bisa dimasukkan ke dalam masakan sebagai penambah rasa.
Jenis asam jawa yang direkomendasikan adalah asam jawa segar. Lebih baik lagi jika memakai asam jawa tua yang baru saja dipetik. Namun tak masalah juga jika ingin memakai pasta asam jawa. Pilih pasta yang warnanya cokelat tua dan teksturnya lembut.
Baca juga:

7. Sajikan Bersama Burasa

Salah satu ciri khas dari menu ini adalah cara penyajiannya yang dilengkapi burasa. Burasa merupakan olahan beras yang bisa digunakan sebagai sumber karbohidrat saat menyantap sop tersebut. Burasa akan mengimbangi rasa sop yang kuat dan gurih. Selain itu, burasa juga akan membuat kandungan gizi sop jadi lebih lengkap. Tidak hanya kaya protein tapi juga ada karbohidrat yang mengenyangkan.
Burasa juga biasa dikenal sebagai lapat atau lontong bersantan. Pembuatannya memang memakai santan jadi rasa gurihnya akan sangat jelas terasa di lidah. Makanan ini tidak hanya menjadi pelengkap sop namun juga berbagai menu khas Makassar lainnya.
Sop konro adalah jenis makanan khas Makassar yang sebenarnya cukup mudah dibuat sendiri di rumah. Ada banyak panduan resepnya yang bisa didapatkan di internet. Selain itu terapkan juga beberapa tips yang sudah dibahas tadi demi mendapatkan cita rasa lezat dari menu tersebut. Sop yang lezat dan kaya gizi dari iga sapi ini akan menjadi sajian enak yang menghangatkan dan mengenyangkan tubuh.
Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2022, Sayurbox