7 Tips Anti Gagal Membuat Japanese Potato Salad yang Enak dan Sehat

Japanese potato salad merupakan menu salad ala Jepang yang menggunakan kentang sebagai bahan utamanya. Menu ini tidak hanya sehat karena melibatkan beberapa jenis sayuran tetapi juga enak dan mengenyangkan. Menariknya lagi, menu satu ini sangat mudah untuk dibuat dan cocok jadi menu sarapan praktis tanpa ribet. Supaya rasanya enak dan tetap sehat, mari simak dulu 7 tips anti gagal membuat salad ala Jepang ini.

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/07/japanese-potato-salad-595x335.jpg

1. Gunakan Sayuran Segar

Tips pertama, pastikan Sayurfriends memakai sayur-sayuran yang masih segar untuk membuat menu salad yang satu ini. Sebenarnya tak hanya untuk menu salad ala Jepang ini namun berlaku juga untuk menu salad yang lain. Sangatlah penting memastikan bahwa sayuran yang dipakai masih dalam kondisi segar sehingga teksturnya renyah dan rasanya pun jauh lebih enak.

Jika memang harus menyimpan sayur-sayuran di kulkas terlebih dahulu maka simpanlah dengan cara yang tepat. Cuci bersih semua sayuran kemudian simpan dalam wadah tertutup. Usahakan untuk segera menggunakannya sehingga kesegaran sayuran masih terjaga. Selain rasanya jauh lebih enak, sayuran segar juga memiliki kandungan gizi yang masih lengkap sehingga baik untuk tubuh.

2. Pilih Protein yang Tepat

Japanese salad ini juga melibatkan protein hewani. Sayurfriends sebaiknya memilih jenis protein yang tepat. Biasanya digunakan smoked beef atau sosis sebagai proteinnya. Ada juga yang memilih memakai daging ayam cincang untuk dimasukkan ke dalam salad. Selain itu ada telur ayam yang juga jadi salah satu pelengkap wajib untuk menu salad ala Jepang ini.

Bagaimana untuk para vegan? Jika memang tidak mengonsumsi daging, maka tidak perlu menambahkan protein hewani ke dalam salad. Cukup gunakan kentang dan sayur-sayuran saja di dalam menu tersebut. Selain itu pemakaian mayones pada salad juga bisa dihilangkan khusus bagi vegan.

3. Rebus Telur Jangan Terlalu Matang

Jika ingin menggunakan telur, sebaiknya jangan direbus berlebihan sampai terlalu matang. Telur ayam direbus secukupnya saja sehingga tekstur dan rasanya jauh lebih enak. Telur yang dimasak dengan tingkat kematangan sempurna akan memiliki tekstur yang lebih lembut dan jauh lebih enak saat dikonsumsi.

Perlu diperhatikan bahwa setelah telur selesai direbus maka telur harus dipotong kecil-kecil. Ukurannya bisa disesuaikan selera. Bahkan ada juga yang memilih untuk menghancurkan telur dengan garpu. Tak masalah, pilih saja mana teknik yang paling diinginkan. Jumlahnya juga bisa bervariasi, ada yang lebih suka menggunakan 1 telur saja dalam 1 porsi tapi ada juga yang memakai lebih dari 1 butir telur.

4. Perhatikan Tekstur Kentang

Sesuai namanya, Japanese potato salad ini menggunakan kentang sebagai bahan utama. Kentangnya akan direbus terlebih dahulu kemudian dilumatkan atau dihaluskan. Proses penghalusannya bisa berbeda-beda, ada yang dilumatkan secara manual dengan garpu dan ada pula yang memakai alat potato masher. Apapun itu, pastikan untuk memperhatikan tekstur kentang yang akan digunakan dalam salad.

Sangat direkomendasikan untuk tidak melumat kentang sampai benar-benar halus. Lebih baik kentang dihaluskan dengan menyisakan sedikit tekstur kasar sehingga jauh lebih enak saat dikonsumsi. Selain itu langkah ini juga bisa membantu Sayurfriends mendapatkan rasa kentang yang lebih kuat atau jelas.

5. Tambahkan Keju

Langkah berikutnya, cobalah untuk menambahkan keju ke dalam salad tersebut. Sebenarnya ini sesuai selera masing-masing saja tapi lebih direkomendasikan untuk memakai tambahan keju. Keju bisa membantu memberikan rasa asin pada salad yang Sayurfriends buat. Selain itu keju ini juga dapat menambah nilai gizi yang ada pada 1 porsi salad tersebut sehingga jauh lebih bermanfaat bagi tubuh.

Jenis keju seperti apa yang bisa digunakan? Bebas saja dan lebih disarankan memakai keju cheddar yang diparut. Selain rasanya enak, keju parut akan memberikan tekstur yang lebih mantap. Jika sempat, keju parutnya bisa dipanggang sebentar sehingga menghasilkan tekstur crunchy.

6. Gunakan Lada sebagai Penambah Rasa

Japanese potato salad ini menggunakan beberapa bumbu sebagai pemberi rasa. Selain garam dan gula, Sayurfriends juga disarankan untuk menambahkan lada. Lada bisa memperkaya rasa salad dan membuatnya jadi lebih enak. Biasanya pencinta menu ini lebih suka memakai jenis lada hitam.

Ingat, penggunaan lada jangan sampai berlebihan. Bahan ini hanya digunakan sebagai pelengkap untuk memperkaya rasa jadi tidak perlu dipakai berlebihan sampai merusak rasa sayuran yang digunakan. Selain itu, perhatikan komposisinya dengan garam sehingga rasa salad tidak akan jadi terlalu asin.

7. Gunakan Timun yang Tidak Berair

Salah satu bahan sayuran yang digunakan dalam menu salad ini adalah timun. Pastikan bahwa timunnya tidak mengandung air sehingga salad tidak mudah berair saat disajikan. Salad ini lebih enak dinikmati apa adanya tanpa ada air yang membuatnya jadi terkesan berkuah. Selain itu air yang dikeluarkan timun juga akan merusak rasa asli dari komposisi salad tersebut.

Lalu bagaimana caranya agar bisa mendapatkan timun yang tidak berair? Mudah saja, Sayurfriends bisa mencuci timun yang sudah dipotong-potong. Kemudian beri garam dan letakkan timun di atas saringan lalu goyang-goyangkan sampai semua kandungan airnya menetes keluar. Cara ini akan sangat efektif mengurangi kandungan air dalam timun sehingga tidak akan menyebabkan salad berair.

Japanese potato salad ini adalah menu yang sangat simple tapi enak dan sehat. Selain itu bahan-bahannya juga sangat mudah untuk didapatkan dan terjangkau. Sayurfriends juga bisa berkreasi dengan menambahkan bahan-bahan yang diinginkan. Meskipun namanya salad, tapi menu ini justru bisa sangat mengenyangkan karena memakai kentang sebagai bahan utama.

Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2022, Sayurbox