7 Tips Bikin Scrambled Egg Enak dan Anti Gagal untuk Sarapan

Telur orak-arik atau
scrambled egg
menjadi salah satu pilihan menu yang cocok untuk disantap saat sarapan. Menu ini juga sangat mudah dibuat dan tak butuh waktu lama. Bisa jadi ide sarapan praktis tapi tetap enak dan mengenyangkan. Tapi, bagaimana ya caranya membuat telur orak-arik yang enak dan teksturnya lembut? Yuk, simak 7 tips berikut ini!
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/07/scrambled-egg-595x335.jpg

1. Kocok Telur sampai Berbusa

Salah satu kunci keberhasilan membuat menu ini adalah teknik pengocokannya. Telur harus dikocok terlebih dahulu sebelum dimasak. Pastikan untuk mengocok telur sampai benar-benar rata. Jauh lebih baik jika kocokan telur bisa berbusa karena nanti bisa menghasilkan tekstur telur yang jauh lebih
creamy
dan lembut.
Gunakan alat pengocok telur berupa
whisk
untuk membuat telur tercampur rata dengan sempurna. Saat mengocok telur ini Sayurfriends bisa memasukkan beberapa bumbu yang diinginkan. Mulai dari garam, lada, maupun bumbu lain sesuai selera masing-masing.

2. Tambahkan Susu

Scrambled egg
ini merupakan telur orak-arik yang seharusnya memiliki tekstur lembut. Banyak yang gagal membuatnya karena tidak bisa menghasilkan tekstur telur yang lembut. Supaya bisa berhasil, cobalah untuk menambahkan susu. Susu ini dicampurkan dengan telur sebelum dikocok lalu kocok sampai benar-benar merata.
Jenis susu yang digunakan bisa susu segar atau susu UHT. Selain bisa membuat tekstur telur jadi lebih lembut, susu juga akan memberikan kesan
creamy
. Inilah yang membuat rasa telur jadi lebih enak. Apalagi ada tambahan rasa gurih dari susu tersebut. Jika tidak ada susu atau mungkin Sayurfriends tidak terlalu suka dengan rasa susu, bisa diganti saja dengan air. Tambahkan sedikit saja untuk membuat teksturnya lebih lembut.
Baca juga:

3. Pakailah Butter

Supaya rasa telur jadi jauh lebih enak, cobalah untuk tidak menggunakan minyak goreng. Sangat direkomendasikan untuk memakai
butter
.
Butter
bisa membantu Sayurfriends menghasilkan telur orak-arik yang jauh lebih lembut dan rasanya juga lebih gurih. Jenis
butter
yang bisa dipakai juga bervariasi bisa dari merek apapun sesuai yang Sayurfriends punya di rumah.
Jika sulit menemukan
butter
, maka ganti saja dengan margarin. Keduanya sama-sama bisa memberikan rasa gurih dan asin. Bagi Sayurfriends yang tidak terlalu suka asin, maka pastikan untuk tidak menambah garam jika sudah menggunakan
butter
atau margarin. Jika ditambah garam, nanti takutnya malah akan terlalu asin. Namun bagi pencinta asin, tak masalah tambah sedikit garam atau beri taburan keju.

4. Gunakan Teflon

Lebih disarankan untuk memakai teflon saat akan membuat kreasi telur yang satu ini. Teflon lebih mudah digunakan untuk membuat telur orak-arik karena tidak akan lengket. Proses mengaduk telur ketika dimasak jadi jauh lebih mudah dan cepat jika menggunakan teflon. Ini menjadi salah satu kunci keberhasilan membuat telur orak-arik yang enak dan lezat.
Pastikan untuk memanaskan teflon terlebih dahulu sebelum telur dimasukkan. Ini juga akan membantu telur bisa dimasak sempurna dan teksturnya lembut. Lebih disarankan juga untuk memanaskan teflon terlebih dahulu sampai panas kemudian matikan api dan langsung masukkan kocokan telur. Ini akan membantu telur tidak mudah gosong karena suhunya terus menurun setelah api dimatikan.

5. Pakailah Api Kecil

Kelanjutan dari tips sebelumnya. Jika api sudah dimatikan saat teflon dalam kondisi panas dan telur juga sudah dimasukkan, maka tunggulah sebentar. Setelah beberapa detik, nyalakan kembali api untuk mematangkan telur. Gunakan api kecil saja selama memasak telur orak-arik ini untuk menjaganya agar tetap lembut dan tidak gosong.
Scrambled egg
bisa lebih lunak dan lembut jika api yang digunakan tidak terlalu besar. Selain itu, api kecil juga akan membantu warna telur tetap cantik. Tidak kecokelatan karena teflonnya terlalu panas melainkan lebih kekuningan dan terlihat semakin menggugah selera. Sayurfriends juga bisa lebih leluasa mengaduk telur selama proses memasak tanpa khawatir gosong.

6. Lakukan Pengadukan Menerus

Setelah kocokan telur dituangkan ke teflon, lakukan pengadukan terus-menerus. Ini juga menjadi kunci penting saat membuat telur orak-arik. Sesuai dengan namanya, jenis telur ini akan terlihat berantakan atau orak-arik. Jadi usahakan untuk terus mengaduk sampai telur menggumpal dan matang.
Jika Sayurfriends menggunakan teflon, seperti yang disarankan tadi maka pakailah spatula yang terbuat dari kayu atau silikon. Ini jauh lebih aman dan tidak akan merusak lapisan teflon. Selain itu jenis spatula seperti ini juga akan lebih mudah dipakai untuk mengaduk telur sampai mendapat tekstur yang sempurna.
Baca juga:

7. Masak Sebentar Saja

Jangan memasak telur orak-arik ini terlalu lama. Masak sebentar saja dengan api kecil. Ingat, tekstur telur ini bisa lembut jika tidak terlalu matang. Apabila Sayurfriends memasaknya terlalu lama, maka teksturnya bisa jadi lebih keras dan tidak akan terasa
creamy
. Cukup diaduk saja secukupnya lalu segera matikan api setelah mendapat tekstur yang diinginkan.
Banyak orang gagal membuat makanan ini karena tidak tahu berapa lama waktu memasak yang dibutuhkan. Seringkali telur digoreng terlalu lama dan membuatnya jadi lebih kering. Tak ada salahnya juga untuk segera mematikan api saat telur mulai menggumpal dan sudah terlihat matang. Manfaatkan panas yang tersisa di teflon untuk menyelesaikan proses memasak.
Menu
scrambled egg
ini bisa jadi pilihan tepat untuk sarapan sebelum memulai aktivitas. Selain enak, menu ini juga kaya protein dan bisa memberi energi untuk menjalani kesibukan. Cocok dipadukan dengan nasi putih,
toast
, atau bisa juga dengan kentang goreng. Tinggal pilih saja jenis karbohidrat yang dirasa paling cocok dan disukai. Supaya tambah lengkap, jangan lupa tambahkan sayuran seperti potongan tomat atau selada.
Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2022, Sayurbox