7 Tips agar Buah Potong Segar, Tahan Lama dan Tetap Enak

Konsumsi buah setiap hari akan memberi begitu banyak manfaat bagi tubuh. Mulai sekarang, cobalah membiasakan makan buah setiap hari. Supaya lebih praktis, potonglah buah-buahan dalam satu waktu untuk dimakan bertahap. Nah, buah potong segar tersebut bisa awet jika cara penyimpanannya benar. Yuk cari tahu apa saja yang harus dilakukan supaya buah potong bisa selalu terjaga segar.

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/07/buah-potong-segar-595x335.jpg

1. Rendam Air Dingin

Tips pertama, buah bisa tetap terjaga segar jika direndam di dalam air dingin. Cobalah untuk menyimpan buah dengan merendamnya di air dingin lalu simpan di kulkas. Air dingin diketahui bisa membantu menghentikan proses oksidasi pada buah. Jadi buah tidak akan menghitam dan tetap terasa renyah saat dimakan.

Tak hanya bisa membantu menjaga kualitas warna dan tekstur buah, ternyata air dingin juga bisa mempertahankan enzim yang ada di dalamnya. Perendaman buah dalam air dingin tidak akan mengubah rasa asli buah. Cara ini bisa efektif membantu menjaga kesegaran buah kurang lebih dalam jangka waktu 6 jam.

2. Berikan Air Perasan Jeruk Nipis

Cara berikutnya yang bisa dilakukan untuk menjaga buah tetap segar adalah dengan memberikan air perasan jeruk nipis. Jeruk nipis diketahui mengandung asam sitrat yang bisa menghambat proses oksidasi pada buah potong. Bahan ini secara efektif akan menjaga warna buah potong agar tidak berubah kecokelatan. Selain itu, perasan jeruk nipis juga bisa membantu menjaga kesegaran buah saat dikonsumsi.

Mudah sekali, langsung saja peras jeruk nipis hingga menghasilkan air 1-2 sendok makan. Tuangkan air perasan jeruk nipis tersebut ke atas buah segar yang sudah dipotong. Sayurfriends bisa langsung menyimpan potongan buah tersebut ke dalam kulkas supaya daya tahannya semakin lama.

3. Bekukan di Freezer

Menyimpan potongan buah di kulkas memang bisa memperpanjang kesegarannya. Namun seringkali penyimpanan di kulkas tidak cukup efektif menjaga kesegaran buah potong. Jika suhu lemari pendingin dirasa masih kurang, cobalah untuk menyimpan potongan buah di dalam freezer. Cara ini sangat efektif membantu menjaga kualitas dan daya tahan buah.

Letakkan buah potong di dalam wadah tertutup. Setelah itu simpan buah tersebut di dalam freezer dengan suhu 3-7°C. Suhu ini dianggap paling pas untuk menjaga kesegaran buah. Jika terlalu rendah, maka kulit buah bisa mengering. Sementara itu jika suhu terlalu tinggi maka kulkas harus bekerja lebih ekstrem dan bisa saja merusak performa kulkas.

4. Simpan Dalam Plastic Wrap

Cara selanjutnya yang bisa dicoba untuk menjaga ketahanan buah potong segar adalah dengan menyimpannya di dalam plastic wrap. Kemasan semacam ini sangat efektif membantu menjaga kesegaran buah. Selain itu alat ini juga sangat mudah untuk dijumpai dan cara pemakaiannya pun praktis.

Langsung saja susun buah potong dalam wadah terbuka kemudian tutup dengan plastic wrap sampai benar-benar rapat. Jika penutupannya rapat maka kesegaran buah akan terjaga dengan baik. Selain itu warna buah juga tidak akan berubah saat akan dikonsumsi. Cara penyimpanan seperti ini bisa membantu kualitas buah tetap bertahan kurang lebih selama 12 jam.

5. Bungkus Pakai Tisu Dapur

Menjaga kesegaran buah potong juga bisa dilakukan dengan membungkusnya pakai tisu dapur. Tisu dapur jadi salah satu alat praktis yang bisa dipakai untuk menyimpan buah sebelum dikonsumsi. Benda ini mampu menyerap kelembapan dengan baik sehingga buah potong tidak akan mudah busuk. Pastikan tisu yang dipakai dalam kondisi bersih dan memang bisa menyerap kelembapan secara optimal.

Caranya sangat mudah, bungkuslah buah potong dengan menggunakan tisu dapur. Setelah itu simpanlah buah tersebut di wadah yang kedap udara. Langkah ini bisa jadi solusi mudah dan efektif ketika ingin bepergian membawa bekal buah-buahan potong. Rasa buah tidak akan berubah dan teksturnya juga tetap renyah karena tidak lembap.

6. Gunakan Campuran Cuka dan Gula

Langkah lainnya yang bisa dicoba adalah mencampur buah potong dengan cuka dan gula. Namun, cara ini hanya bisa dilakukan jika Sayurfriends tidak keberatan rasa buah sedikit berubah. Mudah saja, langsung campurkan cuka dan gula secukupnya sampai menjadi satu kemudian teteskan ke potongan buah.

Aduk sampai merata lalu simpan potongan buah di wadah kedap udara. Masukkan ke dalam kulkas untuk memperpanjang ketahanan dan kesegaran buah. Biasanya cara ini bisa membantu menjaga kesegaran buah selama beberapa hari. Tapi ingat, rasa buah pasti akan berubah jadi lebih asam dan manis. Semakin lama disimpan maka perubahan rasanya bisa jadi jauh lebih jelas.

7. Taburkan Kayu Manis

Sama seperti cara sebelumnya, cara ini hanya berlaku jika tidak keberatan rasa buah potong berubah. Kayu manis diketahui bisa membantu menjaga kualitas buah dan tidak membuatnya cepat berubah warna menjadi kecokelatan. Selain itu bahan alami ini juga terbilang aman dan cocok untuk dipadukan dengan buah-buahan yang sehat. Hanya saja memang rasa asli buah pasti akan berubah.

Gunakan kayu manis serbuk untuk membantu menjaga kesegaran buah. Taburkan secukupnya pada buah yang sudah selesai dipotong. Setelah itu buah bisa disimpan ke kulkas dan dikonsumsi di hari berikutnya. Cara ini juga bisa dicoba jika ingin menyimpan potongan buah segar untuk membuat es buah misalnya.

Kini menyimpan buah potong segar jadi jauh lebih mudah. Sayufriends bisa menyimpan aneka jenis buah potong tanpa merusak kualitas atau kesegarannya. Langkah penyimpanan yang benar ini bisa diterapkan di rumah. Semoga cara-cara ini bisa membantu Sayufriends jadi lebih semangat mengonsumsi buah secara rutin setiap hari demi mendapatkan manfaat yang optimal bagi tubuh.

Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2022, Sayurbox