7 Sayuran Berkalsium yang Bantu Jaga Kesehatan Tulang

Selama ini, jika bicara mengenai sumber kalsium, pasti sebagian besar orang langsung teringat akan susu dan produk olahannya. Namun, perlu diketahui bahwa kalsium tak hanya bisa diperoleh dari susu saja, melainkan juga dari makanan lain seperti sayuran. Penasaran apa saja sayuran berkalsium yang bisa cukupi kebutuhan asupan nutrisi tersebut? Check this out!
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/06/sayuran-berkalsium-595x335.jpg

1. Bayam

Makanan yang jadi favorit tokoh kartun ‘Popeye’ ini, merupakan salah satu sayuran yang kaya kalsium. Dalam 100 gram bayam, terkandung kalsium sebanyak 136 miligram. Jumlah kalsium tersebut bisa mencukupi sekitar 10 persen dari kebutuhan kalsium harian. Agar nutrisinya bisa diperoleh secara maksimal, sebaiknya masak bayam dengan cara ditumis sebentar alih-alih merebusnya.

2. Pakcoy

Siapa nih di antara Sayurfriends yang suka sekali dengan sayuran pakcoy. Sayuran yang menjadi salah satu pelengkap sajian mi ayam ini, juga bisa menjadi sumber kalsium untuk mencukupi kebutuhan kalsium sehari-hari. Sayurfriends bisa memperoleh asupan kalsium sebanyak 93 miligram atau setara dengan 7 persen kebutuhan harian kalsium dari 100 gram pakcoy.

3. Collard Green

Collard green atau juga dikenal dengan sebutan kubis liar, merupakan sayuran yang bisa cukupi hingga 11 persen kebutuhan kalsium harian. Pada 100 gram collard green ini, kandungan kalsium yang dimilikinya sekitar 141 miligram. Collard green diketahui juga memiliki kandungan berupa vitamin K, yang akan bisa membantu proses penyerapan kalsium oleh tubuh.

4. Turnip Greens

Sayuran berkalsium selanjutnya yang bisa dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian tubuh adalah turnip greens atau daun lobak hijau. Daun lobak hijau ini mengandung sebanyak 137 miligram kalsium dalam 100 gram sajiannya. Jumlah kalsiumnya tersebut bisa memenuhi sebanyak 11 persen kebutuhan kalsium harian tubuh.

5. Kale

Kale yang merupakan sayuran dari kelompok kubis ini mengandung sebanyak 132 miligram kalsium per 100 gram sajiannya. Jumlah kalsium tersebut bisa mencukupi kebutuhan kalsium harian sebanyak 10 persen. Sayurfriends bisa mengonsumsi kale sebagai salad, untuk bisa memperoleh asupan kalsiumnya secara optimal, begitu pun dengan nutrisi lain yang terkandung di dalamnya.

6. Brokoli

Sayuran yang mudah ditemukan di sekitar Sayurfriends seperti brokoli, juga bisa menjadi andalan untuk membantu pemenuhan kebutuhan kalsium harian. Kalsium yang terkandung per 100 gram brokoli adalah sebanyak 40 miligram, di mana angka tersebut bisa mencukupi sebanyak 3 persen dari kebutuhan kalsium harian.

7. Taoge

Sayur taoge bisa menjadi pilihan Sayurfriends untuk membantu memenuhi kebutuhan kalsium harian. Kalsium yang bisa diperoleh per 100 gram sajian taoge adalah 59 gram, di mana jumlahnya itu bisa mencukupi 5 persen dari kebutuhan kalsium harian. Sayurfriends bisa mengolahnya dengan cara direbus, namun jangan sampai jadi terlalu layu.

Belanja Sayuran Segar Kaya Kalsium di Sayurbox

Mengingat pentingnya sayuran untuk memenuhi nutrisi harian, khususnya kebutuhan kalsium, tentu Sayurfriends direkomendasikan untuk selalu menyetok sayuran segar di rumah. Kebutuhan akan sayuran segar ini bisa dipenuhi, di antaranya dengan memesannya di Sayurbox. Pembelian bisa dilakukan secara online, sehingga Sayurfriends tinggal menunggu kedatangannya di rumah.
Ada banyak pilihan makanan yang bisa dikonsumsi untuk membantu memenuhi kebutuhan kalsium harian, misalnya saja seperti sayuran yang direkomendasikan di atas. Agar kandungan kalsiumnya bisa diperoleh optimal, direkomendasikan untuk tak memasak sayur berkalsium tersebut dalam waktu yang lumayan lama. Mana nih dari sayuran di atas yang jadi favorit Sayurfriends?