7 Resep Tepung Organik untuk MPASI yang Sehat dan Enak

Kategori
Pertumbuhan balita memang terasa begitu cepat, tapi sebagai orangtua kita tidak boleh terlena dengan tumbuh serta kembangnya. Setiap bulan ternyata kita perlu mengetahui kebutuhan si bayi, salah satunya dalam hal makanan, yaitu MPASI atau Makanan Pendamping ASI. Menurut World Health Organization atau WHO, MPASI lebih baik jika diberikan kepada bayi mulai usia 6 bulan dan sudah mampu untuk duduk setelah si bayi mendapatkan asi eksklusif dari sang ibu. Tujuan dari pemberian MPASI ini adalah untuk mengenalkan kepada bayi jenis, rasa, dan tekstur baru dan berbeda yang sebelumnya tidak pernah dirasakan. Ketika memulai MPASI, pasti akan banyak pertanyaan muncul, salah satunya adalah “menu apa yang tepat bagi si bayi?”, menurut WHO MPASI buatan sendiri jauh lebih sehat daripada MPASI yang berbentuk makanan instan. Tapi, kalau ternyata kamu tidak memiliki waktu yang banyak untuk membuat MPASI, cobalah tepung organik.
Tepung organik merupakan bahan utama MPASI yang terbuat dari bahan baku yang ditanam secara alami tanpa pupuk dan pestisida kimia, melainkan menggunakan pupuk alami dan pastinya lebih sehat dan aman untuk si kecil. Berikut adalah beberapa resep MPASI dengan tepung organik yang sehat dan enak, bisa langsung kamu coba di rumah!

Ini resep tepung organik untuk MPASI yang sehat dan enak

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/01/food-3245368_1920-595x397.jpg
Resep Tepung Organik untuk MPASI yang Sehat dan Enak. (Foto: Pixabay)

1. Bubur Sumsum

kamu tidak perlu menunggu si bayi berumur satu tahun hingga lebih dari satu tahun untuk memberikan Bubur Sumsum loh! Dengan bermodalkan tepung organik, daun pandan, santan, air, dan gula aren, si kecil di awal MPASInya sudah dapat mengkonsumsi bubur sumsum. Wah, cocok untuk menjadi sarapan si kecil ini.

2. MPASI Tepung Organik dengan Labu, Buncis, Telur, Wortel, Brokoli

Untuk makan siang pertama, kamu dapat membuat tepung organik yang dicampur dengan labu, buncis, telur, wortel, serta brokoli. Menu ini tentu sudah memenuhi kebutuhan si kecil mulai dari karbohidrat, protein, sayur, serta kebutuhan serat.

3. Tepung Beras Merah Organik degan Kabocha dan Abon Ikan Salmon

Agar si kecil tidak bosan, kamu dapat membuat tepung beras merah organik yang tentunya lebih sehat bagi si bayi. Tepung beras merah organik tersebut lalu dicampur dengan kabocha dan abon ikan salmon yang akan menambah rasa beras merah semakin lezat dan tentu si bayi bisa sekaligus mempelajari tekstur baru dari si abon ikan.

4. Tepung Beras Organik dengan Brokoli dan Tahu

Tidak hanya orang dewasa lho yang dapat mengkonsumsi Oat, ternyata bayi juga bisa. kamu bisa menggunakan Oat khusus bayi sebagai pendamping tepung beras organik dengan tambahan brokoli, tahu, kaldu udang, keju, dan butter elle. Menu satu ini dijamin akan meningkatkan nafsu makan si kecil.
Ingin mencoba resep tepung organik untuk MPASI si kecil? Yuk, beli kebutuhan MPASI yang segar dan berkualitas untuk bayi di Sayurbox!
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/01/Banner-Blog-595x335.jpg

5. Tepung Beras Merah Organik dengan Daging Sapi, Buncis, Tahu, Telur, dan Beet Root

Tidak hanya ikan, daging sapi dapat menjadi sumber protein dalam MPASI juga, lho. Jika kamu sedang ingin membuat MPASI yang jauh berbeda daripada biasanya, menu ini menawarkan MPASI dengan bahan-bahan yang menarik seperti  daging sapi cincang, beet root organik, tahu telur, bawang putih, serta buncis. Selain lengkap, tentu perpaduan rasa dengan tambahan bawang putih akan memberikan kesan berbeda bagi si bayi dan juga menghindarkan si bayi dari penyakit kanker

6. Tepung Beras Organik dengan Apel

“Apakah buah dapat menjadi sandingan dalam MPASI?” Tentu saja! Jika ingin memberikan sensasi makanan segar bagi si bayi, kamu dapat menggunakan buah Apel di dalam tepung beras organik. Caranya pun sangat mudah, siapkan tepung beras organik, apel yang sudah dikupas, asi/susu formula, dan keju. Apel kemudian dihancurkan bersama dengan susu dan campurkan dalam tepung beras organik yang sudah dicampur dengan keju. Kebutuhan vitamin dari buah pun dapat dengan mudah dikonsumsi oleh si bayi.

7. Tepung Ubi Organik

Kalau orang dewasa selalu menyukai snack, begitu pula dengan bayi. Tepung ubi organik ini dapat menjadi snack alternatif untuk bayi yang masih berusia dibawah satu tahun lho. Cukup menyiapkan tepung ubi organik, santan, dan air matang, camilan si bayi pun siap untuk disantap. Tambahan bubuk santan akan menambahkan rasa dan aroma yang khas kelapa dan membuat si bayi merasakan rasa yang baru selain sayur dan daging. Jangan lupa tambahkan chia seeds sebagai super food.nya.
Jadi, apakah ibu tertarik untuk mencoba resep tepung organik untuk MPASI si kecil ini? Yuk, beli kebutuhan MPASI yang segar dan berkualitas untuk bayi di Sayurbox!
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/01/Banner-Blog-595x335.jpg