Mulai Tahun Ini Ganti MSG dengan 9 Penyedap Rasa Alami Ini

Asam glutamate adalah asam amino alami yang bertanggung jawab untuk menciptakan rasa umami yang gurih di banyak makanan. Monosodium Glutamat (MSG), garam natrium dari asam glutamat yang diproduksi secara komersial, memberikan rasa umami yang akrab dan sangat disukai pada makanan. Dalam industri makanan, MSG biasanya ditambahkan sebagai penambah rasa untuk hal-hal seperti sayuran kaleng, sup, saus salad, keripik, kaldu kaldu, daging olahan dan makanan Cina dan makanan cepat saji. Selain penggunaan MSG, kamu juga bisa menggunakan penyedap rasa alami untuk memasak.
Food and Drug Administration (FDA) telah mengklasifikasikan MSG sebagai bahan yang “secara umum diakui aman,” namun penggunaannya tetap kontroversial. Banyak laporan anekdotal tentang reaksi negatif terhadap makanan yang mengandung MSG, reaksi yang dikenal sebagai kompleks sebagai gejala MSG, dapat mencakup sakit kepala, kemerahan, berkeringat, tekanan atau sesak pada wajah, nyeri dada, jantung berdebar, mual dan lemah.
Fungsi utama MSG adalah untuk merangsang faktor rasa gurih, ada banyak produk yang tersedia yang dapat meningkatkan cita rasa masakan dan menggantikannya. Bagi kamu yang sensitif dengan bahan-bahan kimia. Yuk, mulai tahun ini ganti MSG dengan 9 penyedap rasa alami di bawah ini.

Ini penyedap rasa alami yang bisa kamu coba

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/01/spoon-3368750_1920-1-595x397.jpg
Ganti MSG dengan Penyedap Rasa Alami. (Foto: Pixabay)

1. Kedelai

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/01/soybeans-2039642_640-595x396.jpg
Kedelai (Foto: Pixabay)
Kedelai sering digunakan karena tingkat proteinnya yang tinggi, kacang kedelai juga dikenal mengandung nutrisi yang mirip dengan daging. Makanan Jepang dan Cina sering disempurnakan oleh kacang kedelai serbaguna, dengan rasa yang difermentasi memicu rasa alami untuk umami.

2. Daging, Unggas, dan Ikan

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/01/meat-poultry-fish-595x311.jpg
Daging, Unggas, dan Ikan. (Foto: Pixabay)
Seiring bertambahnya usia daging, ungags, dan ikan, maka enzim yang terkandung dalam daging mulai memecah proteinnya untuk meningkatkan kadar asam amino yang menghasilkan cita rasa umami. Teknik memasak tertentu seperti memanggang, merebus, atau membakar juga dapat meningkatkan cita rasa daging, ungags, dan ikan.

3. Tomat

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/01/tomatoes-5356_640-595x446.jpg
Tomat (Foto: Pixabay)
Tomat kaya akan glutamat, yang memberikan rasa umami alami. Tomat panggang akan semakin memperkuat rasa umami dan berfungsi sebagai penguat rasa yang luar biasa untuk banyak hidangan.

4. Jamur

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/01/mushrooms-756406_640-595x393.jpg
Jamur (Foto: Pixabay)
Jamur sering berfungsi sebagai pengganti daging, kandungan protein dengan tingkat yang lebih tinggi dari senyawa penghasil rasa umami. Memanggang varietas seperti Portobello atau Shiitake sampai coklat dan terkaramelisasi dapat meningkatkan rasa umami menjadi lebih kuat.
Ingin mengganti MSG dengan penyedap rasa alami ini? Yuk, beli bumbu dan kebutuhan dapur lainnya di Sayurbox!
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/01/Banner-Blog-595x335.jpg

5. Rempah

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/01/masala-4096891_640-595x396.jpg
Rempah (Foto: Pixabay)
Ada berbagai kombinasi rempah-rempah yang dapat merangsang selera dan meningkatkan cita rasa makanan. Rempah-rempah seperti cengkeh, lada hitam, ketumbar, pala, jinten, kayu manis Jika kamu membeli kombinasi rempah instan, pastikan untuk memeriksa label kemasan untuk memastikan tidak terdapat MSG.

6. Keju

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/01/cheese-1972744_640-595x446.jpg
Keju (Foto: Pixabay)
Semakin tua keju, semakin kuat rasa umaminya. Seiring bertambahnya usia, keju mengalami proteolisis atau memecah dan berubah menjadi asam amino dan meningkatkan kadar asam glutamat. Umami akan meningkat dalam makanan yang difermentasi. Keju parmesan Italia adalah salah satu makanan umami yang sangat enak karena butuh 24 hingga 36 bulan agar rasa keju dapat berkembang sepenuhnya.

7. Seafood

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/01/seafood-165220_640-595x396.jpg
Seafood (Foto: Pixabay)
Makanan laut seperti tiram, udang, kerang, makarel, tuna, dan sarden merupakan beberapa jenis makan laut dengan rasa umami alami. Makanan laut secara alami mengandung glutamat, selain inosinate. Penelitian menununjukkan, glutamat dan inosinate akan menghasilkan dan mengembangkan cita rasa umami. Walau begitu, rasa lezat umami tidak bisa berdiri sendiri, dibutuhkan paduan dari beberapa bahan lain.

8. Daun Pandan

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/01/daun-pandan-595x335.jpg
Daun Pandan (Foto: Shutterstock)
Daun pandan merupakan bahan yang alami, murah, dan gampang dicari untuk kebutuhan memasak. Daun pandan bisa menghasilkan rasa yang setara nikmatnya dengan MSG atau micin. Selain makanan terasa lebih nikmat dengan, daun pandan dapat memberikan aroma yang sedap pada makanan.

9. Terasi

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/01/terasi-595x334.jpg
Terasi (Foto: Fimela)
Baunya memang terkenal sedikit menusuk hidung, tapi untuk rasanya luar biasa. Terasi dapat membuat masakan jadi berkali lipat enaknya. Selain dikenal sebagai bahan pelengkap membuat sambal, terasi juga bisa dimanfaatkan untuk menggantikan MSG ketika hendak memasak tumis ataupun memasak sayur lainnya.
Jadi, apakah kamu tertarik untuk mengganti MSG dengan penyedap rasa alami ini? Yuk, beli bumbu dan kebutuhan dapur lainnya di Sayurbox!
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/01/Banner-Blog-595x335.jpg