Ini 9 Manfaat Ubi Cilembu untuk Kesehatan, Bisa untuk Diet, Lho

Pernah dengar tentang diet IU? Cara diet yang dipopulerkan oleh artis Korea, IU, ini banyak diminati karena diklaim bisa mengurangi berat badan dengan cepat. Diet ala IU ini dilakukan dengan mengonsumsi satu buah apel di pagi hari, lalu makan siang dengan ubi, dan terakhir meminum protein shake sebagai pengganti makan malam. Namun, selain untuk diet ternyata masih ada 9 manfaat ubi cilembu untuk kesehatan. Yuk, cari tahu!

Kandungan gizi ubi cilembu per 100 gram

·
Kalori 103 kkal
·
Protein 1,8 gr
·
Lemak 0,7 gr
·
Mineral 1,1 gr
·
Kalsium 49 mlgr
·
Vitamin A (retinol): 2310 mcg
·
Vitamin C (Askorbat) : 29 mlgr

Ini manfaat ubi cilembu untuk kesehatan

1. Mencegah tubuh kekurangan vitamin A

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2019/12/potatoes-cutting-board-wooden-cooking-89247-595x397.jpg

Mencegah tubuh kekurangan vitamin A. (Foto: Pexels)

Asupan vitamin A sangat penting bagi tubuh. Kekurangan vitamin A dapat berdampak langsung pada kesehatanmu, diantaranya tubuh menjadi rentan terhadap penyakit menular, rentan terhadap gangguan pengelihatan, serta menurunnya kekebalan tubuh pada ibu hamil dan menyusui.

Ubi adalah salah satu sumber vitamin A yang penting karena mengandung kadar beta-karoten yang cukup tinggi. Kandungan ini mampu membantu tubuh melawan infeksi dan tahan terhadap infeksi lanjutan.

2. Mengonsumsi ubi cilembu mengurangi resiko diabetes

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2019/12/sweet-1807_640-1-595x396.jpg

Mengonsumsi ubi cilembu mengurangi resiko diabetes. (Foto: PIxabay)

Ubi Cilembu dapat bermanfaat untuk mengatur kadar gula darah terutama pada penderita diabetes, terutama pada penderita diabetes tipe I dan tipe II. Kandungan serat dalam ubi juga bermanfaat untuk mengatasi diabetes.

Sekitar 77% serat dalam ubi jalar tidak larut, dan memiliki peran dalam memerangi diabetes. Serat tidak larut ini sangat penting dalam meningkatkan sensitivitas insulin, yang kemudian membantu mengatur jumlah gula dalam darah.

Selain itu, ubi jalar merupakan sumber magnesium yang penting. Kandungan ini dipercaya dapat mengurangi risiko penderita diabetes tipe II.

3. Mengandung anti-inflamasi untuk mencegah peradangan usus

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2019/12/sweet-potato-936680_1920-1-595x395.jpg

Mengandung anti-inflamasi untuk mencegah peradangan usus. (Foto: Pixabay)

Tidak hanya mengandung banyak vitamin, ubi juga memiliki sifat anti-inflamasi. Beberapa penelitian mengatakan bahwa manfaat ubi cilembu dapat mencegah peradangan pada usus besar. Kandungan anthocyanin dan kolin dalam ubi membuatnya menjadi sumber makanan penting untuk mencegah dan mengurangi peradangan kronis dalam tubuh.

Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk mengonsumsi ubi Cilembu? Yuk, beli ubi Cilembu di Sayurbox! Selain itu, cari tahu juga manfaat ubi Cilembu untuk kesehatan lainnya di bawah ini.

4. Manfaat ubi cilembu membantu mengelola level stress

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2019/12/sweet-potatoes-996_1920-595x446.jpg

Membantu mengelola level stres. (Foto: Pixabay)

Ubi memiliki kandungan magnesium yang merupakan mineral penting untuk tubuh. Salah satu manfaat magnesium yang paling penting adalah membantu mengurangi stres dan mengatasi kecemasan.

Selain itu, magnesium juga bermanfaat untuk mengurangi insomnia pada orang berusia lanjut. Pasalnya, insomnia adalah salah satu pemicu utama stres, depresi, dan kecemasan.

5. Meningkatkan kesehatan rambut dan kulit

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2019/12/sweet-potatoes-1310287_1920-2-595x335.jpg

Meningkatkan kesehatan rambut dan kulit. (Foto: Pixabay)

Tidak hanya mengandung vitamin A, ubi Cilembu juga mengandung C dan E cukup tinggi. Semua kandungan vitamin tersebut bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan kulit dan rambut. Vitamin tersebut bermanfaat dalam memperbaiki kulit yang rusak akibat paparan sinar UV.

Selain itu, manfaat ubi cilembu juga mampu memperlambat proses penuaan sel di kulit, sehingga membuat kulit selalu kenyal dan tampak awet muda. Kandungan vitamin E juga sangat berguna untuk mencegah dan perawatan alopecia, serta menjaga kesehatan rambut.

6. Baik untuk sistem pencernaan

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2019/12/sweet-potatoes-1528665_1920-1-595x334.jpg

Baik untuk sistem pencernaan. (Foto: Pixabay)

Ubi cilembu sangat kaya akan kandungan serat. Kandungan tersebut telah lama dikenal untuk meningkatkan kesehatan usus serta pencernaan. Saat ini banyak obat pelancar pencernaan yang terbuat dari serat.

Oleh karena itu, mengonsumsi ubi Cilembu dapat meningkatkan asupan serat yang dibutuhkan untuk meningkatkan kesehatan pencernaan. Kandungan serat yang tinggi dari ubi juga dapat membantu mencegah sembelit pada anak-anak dan orang dewasa.

7. Manfaat ubi cilembu untuk diet dan menjaga berat badan

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2019/12/sweet-potatoes-3937451_1920-595x396.jpg

Membantu untuk diet dan menjaga berat badan. (Foto: Pixabay)

Untuk kamu yang sedang dalam proses diet mengurangi berat badan, kamu bisa coba diet ala IU, yaitu diet dengan mengonsumsi ubi. Ubi Cilembu mengandung serat yang larut dan dapat difermentasi sehingga membuat rasa kenyang lebih lama.

Kandungan serat pada ubi juga efektif dalam mengurangi asupan makanan, mengurangi penambahan berat badan, dan juga meningkatkan aktivitas hormon kenyang dalam tubuh.

8. Ternyata ubi cilembu dapat menyuburkan rambut

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2019/12/ubi-cilembu-republika-595x399.png

Ubi cilembu juga dapat menyuburkan rambut. Sumber Foto: Republika.co.id

Untuk memnyuburkan rambut dan juga menyehatkan akar rambut, vitamin A dan C sangat baik untuk dikonsumsi. Oleh karena itu mengonsumsi ubi cilembu juga dapat menyuburkan rambut dikarenakan tingginya kandungan vitamin A & C pada ubi cilembu. Selain itu juga dapat menjaga kelembaban rambut karena adanya kandungan vitamin E di dalamnya.

9. Mengonsumsi ubi cilembu dapat menjaga imunitas tubuh

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2019/12/ubi-cilembu-jawaban-dot-com.jpg

Ubi Cilembu tinggi vitamin C. Sumber Foto: Jawaban.com

Tinggingan kandungan vitamin C dalam ubi cilembu dapat menjaga kuatnya imun tubuh. Imun tubuh yang kuat, baik bagi tubuh agar terhindar dari sakit seperti virus. Oleh karena itu mengonsumsi ubi cilembu baik dipanggang atau direbus akan sangat baik untuk tubuh.

Jadi, apakah kamu tertarik untuk rutin mengonsumsi ubi Cilembu? Yuk, beli dan dapatkan ongkos kirim gratis di Sayurbox!

Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2022, Sayurbox