7 Manfaat Kale Powder, Superfood yang Baik untuk Kesehatan

Kale adalah salah satu sayuran yang tergolong sebagai superfood. Sayuran ini memiliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan. Kamu bisa mengolah kale menjadi berbagai jenis makanan dan minuman. Sayangnya, kale segar mudah layu jika disimpan dalam waktu lama. Untuk itu kamu bisa mensiasatinya dengan menggunakan kale powder. Bubuk yang terbuat dari kale alami ini praktis digunakan untuk berbagai menu makanan dan minuman. Tak hanya itu, kale powder juga cenderung lebih tahan lama untuk disimpan. Tetapi bagaimana dengan manfaatnya, apakah sama dengan sayur kale segar? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, yuk, simak 7 manfaat kale powder, superfood yang baik untuk kesehatan di bawah ini.

Ini manfaat kale powder, superfood yang baik untuk kesehatan

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/01/green-smoothie-2611407_1920-595x335.jpg
Kale powder superfood yang baik untuk kesehatan. (Foto: Pixabay)

1. Membantu menjaga kesehatan jantung

Kale memiliki senyawa yang dikenal baik untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam darah. Kale juga sangat kaya akan vitamin C dan K. Bahkan kandungan vitamin tersebut jauh lebih tinggi dibandingkan yang ada di dalam bayam. Selain itu, kale juga mengandung asam lemak omega-3.
Semua kandungan tersebut adalah nutrisi yang baik untuk membantu menjaga kesehatan jantung. Tidak hanya itu, manfaat kale powder juga berguna untuk membantu menurunkan kolesterol jahat serta meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah.

2. Melawan penyakit kanker

Manfaat kale powder lainnya yaitu mampu mencegah dan membantu melawan penyakit kanker. Klorofil yang ada di dalam kale membantu mencegah tubuh menyerap senyawa amina heterosiklik. Senyawa tersebut adalah zat kimia yang berpotensi menimbulkan kanker. Biasanya senyawa ini berasal dari proses pemanggangan makanan hewani pada suhu tinggi.

3. Membantu mengatasi peradangan

Menjaga keseimbangan antara asam lemak omega-3 dan omega-6 sangat penting untuk kesehatan tubuh. Manfaat kale powder salah satunya adalah membantu menyeimbangkan kedua senyawa tadi. Kale memiliki kandungan omega-3 dan omega-6 dengan perbandingan hampir 1:1.
Seimbangnya kandungan tersebut membuat kale menjadi superfood yang ideal untuk meredakan gejala radang persendian. Selain itu, kale powder juga dapat mencegah dan membantu mengatasi peradangan pada usus.

4. Kaya antioksidan untuk menangkal radikal bebas

Selain mengandung banyak vitamin, kale powder juga kaya akan kandungan antioksidan. Kandungan ini membantu menangkal radikal bebas yang disebabkan oleh berbagai faktor eksternal. Tak hanya itu, manfaat kale powder yang kaya anti oksidan ini juga mampu membantu mencegah penuaan dini pada kulit sehingga kulit senantiasa awet muda.
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/01/Banner-Blog-595x335.jpg

5. Menjaga kesehatan tulang

Kale sangat kaya akan kandungan vitamin K. Selain itu, kandungan vitamin C yang ada pada kale juga dapat membantu menjaga kesehatan tulang. Rutin mengonsumsi kale powder dapat membuat tulang kuat dan mencegah keropos pada tulang.

6. Mengandung serat yang baik untuk pencernaan

Manfaat kale powder lainnya yang bisa kamu rasakan yaitu pada kesehatan pencernaan. Pasalnya, kale banyak mengandung serat dan air. Keduanya sangat penting untuk kesehatan pencernaan dan mencegah sembelit.
Namun, sebaiknya kamu juga berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter jika ingin rutin mengonsumsi kale powder untuk menjaga kesehatan pencernaan. Pasalnya, ada juga beberapa orang yang mengalami gangguan pencernaan setelah mengonsumsi kale powder karena kandungan seratnya terlalu tinggi.

7. Berguna untuk menjaga kesehatan mata

Selain baik untuk kesehatan dan tulang, kamu juga bisa merasakan manfaat kale untuk menjaga kesehatan mata. Pasalnya, kale mengandung lutein dan zeaxanthin, dua antioksidan yang baik untuk kesehatan mata. Kedua antioksidan ini membantu mencegah penyakit mata yang parah seperti degenerasi makula dan katarak biasanya dialami oleh orang lanjut usia.
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/01/Banner-Blog-595x335.jpg