Ini 7 Manfaat Buah Ceri yang Wajib Kamu Tahu

Meski populer, ternyata banyak orang yang belum tahu mengenai manfaat buah ceri. Kebanyakan dari kamu mungkin lebih mengenal buah ini sebagai topping atau hiasan pada kue atau cake saja. Padahal, buah kecil berwarna merah ini merupakan salah satu buah dengan kandungan tinggi akan antioksidan dan senyawa antiinflamasi. Warna merah pada buah ceri menandakan jika buah yang satu ini mengandung banyak antioksidan di dalamnya. Tidak hanya antioksidan, manfaat lain dari buah tidak lepas dengan beberapa nutrisi yang dikandungnya. Beberapa nutrisi tersebut diantaranya seperti vitamin C, kalium, serat, vitamin B, vitamin K, dan magnesium. Nah, dengan beragam kandungannya tersebut, kira-kira apa saja ya manfaat buah kecil berwarna merah ini? Langsung saja, berikut ini pembahasan mengenai tujuh manfaat buah ceri yang wajib kamu tahu.

Manfaat Buah Ceri yang Wajib Kamu Tahu

Apa saja manfaat dari buah ceri? Berikut ini adalah tujuh manfaat buah ceri untuk kesehatan yang wajib kamu tahu.
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2021/01/cherries-2402450_1920-595x397.jpg
Manfaat Buah Ceri yang Wajib Kamu Tahu. (Foto: Pixabay)

1. Solusi alami mengatasi gangguan tidur

Gangguan tidur atau insomnia memang bisa disebabkan banyak hal. Namun, gangguan ini tidak bisa diremehkan begitu saja. Jika dibiarkan, tubuh akan lemas karena kurangnya waktu istirahat.
Hal ini tentu bisa mengganggu kesehatan dan kinerja anggota tubuh lain saat beraktivitas di esok hari. Mengonsumsi ceri secara langsung ataupun menjadikannya jus dipercaya dapat membantu meningkatkan kualitas tidur.
Hal itu tidak lain karena kandungan melatonin dalam buah ini. Kandungan ini berperan sebagai hormon yang mengatur siklus pola tidur dan bangun seseorang.
Tidak perlu mengonsumsinya dalam jumlah banyak, setengah gelas jus ceri saja sudah cukup membantu meningkatkan kualitas tidur kamu saat malam nanti.

2. Meringankan nyeri dan radang sendi

Nyeri sendi atau artritis umumnya terjadi pada orang dewasa. Efeknya, tubuh terasa sakit dan ruang gerak kamu beraktivitas pun menjadi serba terbatas. Ternyata, buah ceri bisa menjadi solusi alami untuk membantu mengurangi rasa sakit yang terjadi pada sendi.
Kandungan flavonoid dan anthocyanin dalam buah ceri memiliki fungsi sebagai antiinflamasi, sehingga kerusakan oksidatif yang menjadi penyebab rasa sakit pada sendi bisa diminimalisir.

3. Meningkatkan kemampuan memori dan daya ingat

Kulit buah ceri yang merah merekah ternyata tidak hanya sebatas penampilan saja. Di sisi lain, warna merah tersebut memiliki kandungan penting untuk meningkatkan memori otak atau daya seseorang.
Kandungan tersebut berfungsi sebagai pelindung bagian otak dari kerusakan yang bisa menurunkan kinerja dan kemampuan daya ingat. Kandungan itu tidak lain adalah anthocyanin. Peran kandungan ini sangat penting dalam menjaga kinerja dan fungsi otak lebih agar optimal.

4. Memelihara dan meningkatkan kesehatan jantung

Warnanya yang cantik dan rasanya yang manis membuat buah ceri kerap diolah kembali menjadi berbagai jenis makanan, minuman, bahkan produk kesehatan dan kecantikan.
Dipilihnya buah ini untuk produk-produk tersebut ternyata tidak sembarang. Sebagai contoh, pada produk kesehatan, buah ini dipilih karena kandungan nutrisi penting di dalamnya cukup banyak. Misalnya, kalium, antioksidan, serat vitamin C, dan phytochemical.
Luar biasanya lagi, buah ini juga termasuk ke dalam salah satu sumber antioksidan tertinggi, di mana hal itu sangat penting untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan jantung.
Kandungan lainnya, anthocyanin, juga memiliki peran yang sama, yaitu mengatur glukosa dalam darah, sehingga risiko gangguan jantung bisa diminimalisir.
Ingin merasakan manfaat buah ceri untuk kesehatanmu? Kamu bisa membeli buah ceri di Sayurbox, lho. Yuk, cek produknya sekarang, ya!

5. Rendah kalori dan mampu melawan radikal bebas

Masih soal warnanya. Warna merah pada ceri membuat buah ini kaya akan kandungan anthocyanin. Kandungan lainnya seperti antioksidan juga memiliki peran yang sama yaitu melawan radikal bebas dan mengurangi efek risiko tersebut karena terjadinya stres oksidatif. Kalorinya yang rendah juga menjadikannya aman sebagai camilan diet sehat.

6. Mengurangi gangguan nyeri otot

Setelah melakukan olahraga atau kerja fisik yang berat, biasanya tubuh akan mengalami sakit dan nyeri di beberapa bagian otot. Untuk mengurangi potensi gangguan tersebut, mengonsumsi jus ceri setelahnya berolahraga bisa menjadi penawarnya. Jika perlu, lakukan secara teratur setiap harinya.
Kedua kandungan di dalamnya, yaitu antioksidan dan antiinflamasi dipercaya ampuh mengurangi rasa sakit dan nyeri otot. Tak heran, banyak atlet olahraga yang mengonsumsi jus ceri sebagai pelindung sekaligus membantu mereka mengurangi kerusakan otot dan rasa sakit selama waktu latihan dan saat pertandingan.

7. Menurunkan tekanan darah

Mengonsumsi buah ceri secara rutin ternyata juga ampuh sebagai penurun tekanan darah. Lagi-lagi, kandungan antioksidanlah yang berperan akan hal itu. Kandungan antioksidan yang tinggi membuat buah ini lebih ampuh mengatasi gangguan itu dibanding jenis buah dan sayuran sejenis lainnya.
Secara ilmiah, sebuah penelitian yang diterbitkan American Journal of Clinical Nutrition mengatakan jika kandungan polifenol yang tinggi pada buah ceri lebih ampuh menurunkan tingkat tekanan darah dalam tubuh seseorang.
Nah, itulah tujuh manfaat buah ceri yang wajib kamu ketahui. Meski banyak yang belum tahu akan manfaat buah ini, bukan berarti manfaat buah ini tidak spesial.
Kebanyakan, orang lebih mengenal buah ini hanya sebagai hiasan atau topping pada kue atau cake saja sehingga tidak banyak yang tahu akan manfaatnya.
Padahal, jika kamu mengonsumsinya secara rutin, buah ini bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dan jantung kamu. Kalau kamu tertarik ingin mencobanya, kamu bisa membeli buah ceri yang satu ini di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang, ya!
(Siti Kamilla)